junleonAvatar border
TS
junleon
Ternyata, Wi-Fi Punya Wujud Visualnya Loh! Penasaran?


Di dalam dunia yang modern ini, tentu kita tidak lepas dari yang namanya internet. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah dengan menggunakan bantuan sambungan nirkabel bernama WiFi atau wireless fidelity. Wifi itu apa sih? Ya ampun, hari gini belum tau wifi.

WiFi adalah sebuah teknologicanggih yang memanfaatkan peralatan elektronik yang fungsinya untuk bertukar data nirkabel seperti memakai gelombang radio serta wireless melalui jaringan computer, seperti koneksi internet dengan kecepatan tinggi. Udah paham kan?

Di tempat umum seperti contoh cafe, kantor, warkop, ataupun di rumah sendiri pun sekarang bisa Agan jumpai penggunaan WiFi yang sekarang ini semakin meluas. Ngomong-ngomong soal wifi, apakah Agan pernah membayangkan, seperti apa sih wujud dari sinyal WiFi yang ada di sekitar kita ini?

Wifi memang tidak bisa kita lihat secara kasat mata gan, namun dengan adanya sebuah teknologi yang sudah canggih, bukan hal yang tidak mungkin kita bisa melihat wujud sinyal dari wifi ini. Dan memang benar, ternyata sinyal wifi bisa dilihat dengan bantuan kamera canggih loh gan.

Sekelompok orang yang berasal dari Newcastle University dalam proyek Touch Research Project berhasil memotret wujud sinyal Wi-Fi yang dipancarkan oleh perangkat wifi dengan memakai teknik fotografi gan. Karya foto-foto mereka diberi nama "Light Painting Wi-Fi".

Dilansir dari laman Pocket-Lint, proyek pengambilan wujud WiFi ini memakai teknik fotografi yakni long exposure dengan bantuan sensor RSSI. Foto-foto itu disebut dengan digital ethereal, yang mana memperlihatkan sinyal WiFi yang dapat bergerak berdasarkan interaksi objek.

Warnanya pun berubah dari biru yang menunjukkan sinyal lemah, sampai ke warna merah yang menunjukan arti sinyal kuat. Ternyata, wujud WiFi ialah sebuah cahaya yang mempunyai pola seperti gaya fotografi dengan modus bulb ataupun seperti pelangi gan.

Uniknya lagi, sinyal-sinyal WiFi ini terlihat lingkar di seluruh area jangkauan serta seolah menembus badan manusia. Untuk Agan-agan yang penasaran, beberapa karya Touch Research Project yang berhasil menangkap wujud dari sinyal Wi-Fi di beberapa tempat gan.



Foto diatas menunjukkan penampakan sinyal wifi di dalam sebuah ruangan, terlihat sinyal-sinyal tersebut sedang kumpul dalam suatu lingkup dari perangkat wifi.



Foto diatas menunjukkan wujud sinyal wifi sedang mengelilingi tangga besi, yang mana dibawah tangga tersebut terdapat perangkat penghasil wifi yang aktif.



Foto diatas menunjukkan penampakan sinyal wifi yang seolah-olah sedang mengikuti orang yang membawa perangkat penghasil wifi di tangga.



Sama dengan sebelumnya, foto diatas menunjukkan wujud wifi pada sekitar tangga, yang mana terdapat seseorang yang berjalan membawa perangkat penghasil wifi, sehingga menciptakan visual sinyal wifi disekelilingnya.



Foto diatas dan terakhir, merupakan wujud sinyal wifi di luar ruangan yang mengarah keluar. Jangkauan pancar sinyal wifi yang kuat, membuat wujud sinyal wifi tersebut sangat cantik dan seperti membentuk sebuah pola indah.


Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:39
t1t1dpalsoe
t1t1dpalsoe memberi reputasi
20
12.1K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.