tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Dikit-dikit Lapor, Sebuah Fenomena Di Masa Kini
Zaman di masa kini memang informasi begitu cepatnya, kabar-kabar berita pun seringkali kita temukan karena dengan hadirnya internet penyebaran informasi menjadi mudah. Hanya dalam beberapa menit saja kini sudah dapat banyak informasi dan berbanding terbalik dengan masa-masa dulu dimana untuk mendapatkan informasi harus melalui surat kabar ataupun televisi. Tak dapat dipungkiri dengan mudahnya mendapat informasi tentu setiap orang menjadi tahu banyak hal dan tak jarang berkomentar tentang setiap peristiwa yang ada.

Credit : techinasia.com

Belum lagi dengan hadirnya media sosial tentunya penyebaran informasi menjadi lebih cepat meskipun tak jarang kabar palsu pun beredar dengan cepatnya. Hadirnya internet dan media sosial tentu menjadi kemudahan tersendiri bagi setiap orang namun tentu di sisi lain harus bersikap waspada karena banyak kabar palsu beredar di internet dan juga harus bijak ketika berselancar di internet terutama saat berkomentar di media sosial.

Setiap orang tentunya harus bisa bersikap bijak saat berselancar di internet, jangan sampai menyebarkan berita palsu ataupun hal-hal buruk lainnya seperti fitnah, mencaci, menyinggung hal berbau SARA dan sebagainya. Hal ini tentu saja bukan tanpa konsekuensi, mereka yang tak bijak saat menggunakan internet tentu bisa terjerat dengan UU ITE dan bisa berujung masuk penjara. Siapa saja tentu bisa terkena, asal ada yang lapor dan diproses laporannya  tentu bisa saja seseorang terkena hukum pidana.

Hadirnya internet dan media sosial tentu setiap orang bisa berkomentar apa saja, namun saat salah berkomentar tentu menjadi permasalahan tersendiri, salah sedikit saja bisa ada yang melaporkan. Adanya UU ITE memang satu sisi bagus karena bisa menimbulkan efek jera dan kehati-hatian setiap orang agar bijak dalam berselancar di dunia maya. Namun di satu sisi kita akan melihat bahwa akan banyak orang yang dikit-dikit lapor dengan segala komenan yang terjadi di internet yang dianggap kurang pantas oleh pihak-pihak tertentu.

Dikit-dikit lapor, itulah gambaran fenomena di masa kini. Memang tidak salah bila melaporkan sesuatu yang menghina karena itu bisa menjadi efek jera bagi pelakunya, namun alangkah baiknya tidak serta merta begitu saja lapor polisi. Cobalah dulu dengan penyelesaian dengan baik-baik seperti permohonan maaf dan tidak mengulangi lagi perbuatan tersebut. Memang kata yang diucapkan itu seringkali menyakiti hati, namun alangkah baiknya memberi  maaf itu lebih baik dilakukan ketimbang langsung dikit-dikit lapor. Jika sudah minta maaf mengulangi lagi kesalahan maka bagusnya baru lapor ke polisi untuk dihukum sesuai hukuman pidana yang berlaku.

Credit : ytimg.com

Selama masih banyak cara penyelesaian alangkah baiknya diselesaikan secara baik-baik kecuali memang bila kasus tersebut merupakan sesuatu yang serius dan membahayakan. Selama masih ada solusi lain alangkah baiknya hindari dikit-dikit lapor agar setiap kasus tak selalu harus diselesaikan di ranah hukum ataupun pidana. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini pribadi dan inspirasi kehidupan
sumber gambar via google images
davecchio
ranggaextreme88
Mr.1945
Mr.1945 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
9.7K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.