Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indrainiesta28Avatar border
TS
indrainiesta28
Ini Negara Pemberi Utang Terbesar ke Indonesia
Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) merilis posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir kuartal I 2019 terkendali dengan struktur yang sehat. ULN Indonesia tercatat USD 387,6 miliar pada akhir kuartal I 2019.

Utang ini terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 190,5 miliar dan utang swasta (termasuk BUMN) sebesar USD 197,1 miliar.

Dari data BI, ULN Indonesia tumbuh 7,9 persen secara year on year (YoY), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kuartal sebelumnya karena transaksi penarikan neto ULN dan pengaruh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sehingga utang dalam rupiah tercatat lebih tinggi dalam denominasi dolar AS.

Adapun utang pemerintah diprioritaskan untuk pembiayaan pembangunan. Porsi terbesar di sejumlah sektor antara lain sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial sebesar 18,8 persen dari total ULN pemerintah, sektor konstruksi 16,3 persen, sektor jasa pendidikan 15,7 persen, sektor administrasi pemerintah, pertanahan dan jaminan sosial wajib 15,1 persen, dan sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar 14,4 persen.

Sedangkan sektor swasta didominasi sektor jasa keuangan dan asuransi, industri pengolahan, pengadaan listrik, gas, uap atau air panas dan udara, serta sektor pertambangan dan penggalian.

Dari total utang luar negeri tersebut, negara mana sajakah yang memberikan pinjaman kepada Indonesia?

Mengutip data BI, Singapura menjadi negara pemberi pinjaman terbesar pada Maret 2019. Tercatat nilainya tembus USD 64 miliar.

Kemudian disusul Jepang dengan pemberi pinjaman USD 29,01 miliar, Amerika Serikat (AS) dengan pinjaman USD 21,35 miliar, lalu China dengan pinjaman USD 17,91 miliar.

Selanjutnya Hong Kong dengan pinjaman USD 15 miliar, dan Asia lainnya sebesar USD 10,46 miliar.

https://m.liputan6.com/bisnis/read/3...r-ke-indonesia

Terima kasih, Singapura, Jepang, Amerika dan China atas pinjaman uangnya untuk pembangunan indonesia tercinta emoticon-Pelukemoticon-I Love Indonesia
unicorn.destroy
ntapzzz
ntapzzz dan unicorn.destroy memberi reputasi
0
2K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.