Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wolfvenom88Avatar border
TS
wolfvenom88
Makassar dan Kota Lain Bergolak, Demo protes atas KPU, Bawaslu
MAKASSAR - Demo KPU Bawaslu di Makassar, Bandung, Surabaya, Riau Jumat ini . Demo Makassar hari ini, Jumat (17/5) setelah shalat jumat dr Mesjid Al Markaz ke kantor Bawaslu Jln. Pettarani.Makassar. Demo di berbagai kota terus meledak sebagai protes atas pemilu yang tidak jurdil, pemilu terburuk era reformasi.

''Jangan kau rampas suara rakyat! Rakyat tidak akan tinggal diam, jangan anggap rakyat bodoh,'' kata demonstran. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan menggelar sidang dugaan penghilangan suara caleg Partai Hanura di Kota Palopo dan Caleg Golkar di Kota Makassar.

an Cegah Konflik Sosial Usai Pemilu

Komisioner Bawaslu Sulsel divisi hubungan antar lembaga, Saiful Jihad menjelaskan, malam ini ada dua sidang akan dilakukan di dua tempat berbeda yakni di Hotel Harper dan di kantor Bawaslu Sulsel. Sidangnya disebut sidang cepat, memungkinkan bagi Bawaslu sepanjang data-datanya sudah lengkap.



"Malam ini ada dua sidang berupa sidang pelaporan dugaan pelanggaran administrasi dari salah satu caleg di Kota Palopo atas nama Pratiwi dari Partai Hanura. Dia melaporkan ketua Bawaslu Palopo dan PPK dari Kecamatan Bara' di Palopo. Lalu laporan dari Partai Golkar atas nama Rahmat Anzari melaporkan KPU Makassar berkaiyan adanya indikasi pergeseran suara di internal Partai Golkar sendiri antara caleg Rahman Pina dan caleg Imran Tenri Tatta," ungkap Saiful Jihad yang ditemui di sela-sela rapat pleno terbuka KPU Sulsel di Hotel Harper Makassar, Kamis (16/5).

Secara detil Saiful Jihad menjelaskan, laporan caleg Pratiwi dari Partai Hanura di Kota Palopo dilatarbelakangi kasus di salah satu TPS di Kecamatan Bara'. Di lembar C1, Pratiwi peroleh 20 suara tapi di rekap tingkat kota, perolehan suaranya turun jadi 18 sehingga dia minta untuk dilakukan hitung ulang. Lalu lembar C plano dibuka, ternyata dia dapat 19 suara.

Karena merasa data perolehan suara tidak konsisten membuat caleg Hanura ini minta kotak suara sibuka dan hitung ulang lagi. Ternyata suaranya tambah turun jadi 15 suara saja. Lalu dihitung-hitung lagi, kembali menjadi 19 suara.

Sebelumnya, Ratusan pengunjuk rasa yang menamakan diri Forum Rakyat Menggugat (Forgat) mendatangi kantor Bawaslu Sulsel di Jalan A P Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (13/5/2019). Dalam aksi yang berlangsung sejak Senin siang hingga sore mereka untuk meminta Bawaslu Sulsel mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2019 di Sulawesi Selatan. Forgat sendiri diisi oleh beberapa LSM yang ada Makassar.

Dari Kompas.com, beberapa purnawirawan TNI hingga warga dari Kabupaten Bone juga hadir di aksi ini. Pemandangan menarik terlihat pada puluhan ibu-ibu yang memakai kaca mata hitam serta membawa peralatan dapur seperti panci dan belanga. Baca juga: Pria yang Ancam Penggal Jokowi Bolos Kerja demi Ikut Demo di Bawaslu Mereka tak henti-hentinya meneriakkan untuk mendiskualifikasi capres-cawapres nomor urut 01 karena menurut mereka banyak melakukan kesalahan. Salah satu Komisioner Bawaslu Sulsel Asradi mengatakan, ada empat tuntutan para aksi ini. "Usut kecurangan Pemilu, investigasi perhitungan situng KPU, kemudian diskualifikasi calon 01 dan investigas kematian KPPS," kata Asradi, usai mengadakan pertemuan dengan para pengunjuk rasa yang di antaranya diwakili oleh pengacara kondang di Makassar, Faisal Silenang.

Saat diminta untuk menjawab tuntutan para pendemo, Asradi diminta bersumpah di bawah kitab suci Al Quran untuk tetap mengusut empat tuntutan mereka. Di bawah sumpah itu, Asradi berjani Bawaslu tetap akan bekerja berdasarkan undang-undang yang berlaku. "Kami akan menindaklanjuti sesuai dengan regulasi yang ada. Dan kami berharap pihak mereka itu melaporkan secara resmi setiap pelanggaran Pemilu. Ini (mereka) belum ada data. Hanya tuntutan yang diberikan dan itu memang tugas kami sebagai Bawaslu," imbuh dia. Sementara itu, Faisal Silenang saat diminta untuk hasil pertemuannya dengan Bawaslu enggan berkomentar.

Ia bersama perwakilan langsung memilih keluar dan melanjutkan aksi untuk menyuarakan tuntutannya. Usai aksi, para pengunjuk rasa berjanji bakal memdatangi kantor Bawaslu pada Kamis (16/5/2019) mendatang.

http://konfrontasi.com/content/nasio...as-kpu-bawaslu


Ulama dan Rakyat Bergerak di Bandung, Tuntut Pemilu Jurdil, Dukung Prabowo-Sandi

Submitted by redaksi on Jumat, 17 May 2019 - 23:14

BANDUNG- Aksi tolak kecurangan Pemilu di Istiqomah dan DPRD Bandung Jabar diikuti 2000 lebih Ulama, Massa bergolak sampai sore hari, tuntut pemilu jurdil dan dukung Prabowo-Sandi. Mereka desak paslon 01 diskualifikasi akibat pemilu curang.

Tokoh masyarakat, Para cendekiawan , emak emah dan kaum mellinial bergerak ke kota Bandung mendesak KPU bersikap amanah, menolak pemilu curang dan menuntut pemilu jurdil dan transparan, akuntabel.Ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Peduli Pemilu Tanpa Kecurangan (GPP-Tanpa Kecurangan) berunjuk rasa di depan Gedung Sate dan Kantor DPRD Jabar, Kota Bandung, Jumat (17/5/2019). Mereka mengkritik Pemilu 2019 yang begitu banyak kekurangannya.

Para pengunjuk rasa ini adalah kaum ibu atau emak-emak dan para pemuka agama. Mereka berjalan kaki dari Masjid Istiqamah di Jalan Taman Citarum, menuju depan Gedung Sate, dan akhirnya di Kantor DPRD Jabar untuk beraudiensi dengan anggota dewan.


Sambil membawa spanduk dan poster berisi tuntutan dan kritik terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019, mereka membawa dan mengacungkan kartu merah, sebagai tanda protes dan simbol bahwa telah terjadi pelanggaran dalam Pemilu 2019.





Di Gedung DPRD Jabar, sejumlah perwakilan massa masuk kemudian beraudiensi, sedangkan massa lainnya berorasi di depan gedung. Mereka menyatakan praktik penyelenggaraan Pemilu 2019 dirasakan tidak menunjukkan konsistensi

Mantan Komisioner KPK Bambang Widjayanto, sempat angkat Bicara Kasus Kecurangan Pemilu yang sangat Brutal, dan di Bandung, massa bergerak deras.

Massa Gerakan Peduli Pemilu Tanpa Kecurangan melakukan kegiatan unjuk rasa dan Long March dari Masjid Istiqomah Jl. Taman Citarum ke Gedung Sate Jl. Diponegoro Kota Bandung dari pukul 12.30 hingga pukul 15.00 WIB.

http://konfrontasi.com/content/nasio...-prabowo-sandi

Cucu Pendiri NU Sebut 10 Ribu Warga Jatim Disebut Siap Berangkat ke Jakarta Hadiri 22 Mei
17 May 2019 | 23:39 WIB

RIAU24.COM - Sebanyak 10 ribu orang warga Jawa Timur, dikabarkan siap berangkat ke Jakarta. Mereka akan menghadiri dan meramaikan gerakan kedaulatan rakyat di Jakarta, 22 Mei mendatang. Mereka berasal dari Forum Umat Islam (FUI) se-Jatim.

Hal itu dilontarkan KH Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam, yang merupakan cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah.


BACA JUGA : Meski Sudah Divonis Bawaslu, Masih Ada Lembaga Hitung Cepat Belum Sampaikan Laporan ke KPU

"Sekitar 10 ribu (massa) yang masuk ke saya. Tapi bukan saya saja. Kan banyak. Dari kiai mungkin ada, yang lain-lain ada," ujarnya, sela-sela aksi Bela Kedaulatan Rakyat di depan Kantor Bawaslu Jatim di Jalan Tanggulangin Surabaya, Jumat 17 Mei 2019.

Menurutnya, jumlah itu bisa saja bertambah. Sedangkan proses keberangkata dilakukan secara bertahap. Rencananya, pemberangkatan sudah dimulai sejak Sabtu besok.

Terkait keberangkatan itu, Gus Aam mengaku tak memberi instruksi apapun kepada masyarakat. Ia hanya mengajak warga untuk sama-sama mengawal Suara Capres Prabowo Subianto.


BACA JUGA : Ditanya Soal Sengketa Pilpres, Ketua MK Hanya Respon Begini

"Sebenarnya kita tidak instruksikan tapi memang hampir semua relawan terpanggil ada yang jalan, ada bis, ada yang pakai kereta api, ada yang pakai pesawat. Kita hanya imbau saja bersama berjuang mengawal suara Pak Prabowo," ujarnya, dilansir detik.

Gus Aam menampik keberangkatan ribuan masyarakat Jatim ke Jakarta dikaitkan dengan gerakan people power. Pihaknya menegaskan keberangkatan ini merupakan aksi damai menuntut kedaulatan rakyat. ***



Penulis: R24/wan

http://m.riau24.com/berita/baca/1558...-Hadiri-22-Mei
telopohung
54m5u4d183
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
-2
3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.