• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pentingkah Memanaskan Mesin Mobil Diesel Setiap Pagi, Ini Penjelasannya

budibenedektusAvatar border
TS
budibenedektus
Pentingkah Memanaskan Mesin Mobil Diesel Setiap Pagi, Ini Penjelasannya
Quote:
Mitos mengenai memanaskan mesin mobil diesel harus dilakukan sebelum dipakai, mungkin sudah sangat sering kita dengar. Akan tetapi masih banyak pula orang yang mempertanyakan penjelasan tentang mitos tersebut.

Banyak yang berpendapat bahwa ketika kunci kontak diputar ke posisi start maka mesin akan langsung menyala dan pada saat itu pula ruang pacu mesin bersamaan dengan semua komponen mesin serta sistem pelumas akan langsung bekerja. Jadi mengapa kita harus menunggu waktu 5 bahkan sampai 10 menit untuk memanaskan mesin?

Itulah sedikit penggalan kalimat yang sering terucap ketika mendengar mitos tersebut, memang ungkapan itu ada benarnya juga, namun untuk mobil dengan mesin diesel yang belum mengadopsi sistem penyuplai bahan bakar common rail harus memanaskan mobil terlebih dahulu, Karena pada dasarnya proses pembakaran pada mobil diesel yang sempurna didalam ruang mesin dapat terjadi oleh adanya suhu panas udara yang telah terkompres.

Dengan kata lain suhu panas yang dihasilkan ketika proses pembakaran pertama terjadi di dalam mesin akan disimpan secara penuh, dan akan dimanfaatkan untuk proses pembakaran berikut sehingga efiseinsi energi lebih besar.

Jadi jika kita tidak memanaskan mesin mobil diesel terlebih dahulu setiap harinya maka akan membuat proses pembakaran BBM jadi tidak sempurna akibatnya mesin yang tadinya dalam kondisi dingin ketika di jalankan akan terasa brebet seolah-olah sedang kehabisan bahan bakar. Kejadian inilah yang sangat sering menimpa mobil yang langsung dijalankan tanpa memanaskan nya terlebih dahulu.

Lalu berapa lama kah waktu ideal nya untuk memanaskan mesin diesel?
Karena di negara kita memiliki suhu iklim yang tropis (jadi kagak dingin dan kagak terlalu panas) maka untuk mobil lawas terutama yang menggunakan mesin diesel di wajibkan memanaskan kendaraan selama 5 menit dengan posisi gas berada di stationer (langsam) dan bagi mesin mobil yang sudah canggih baik itu mesin diesel ataupun bensin cukup 1-2 menit saja.

Karena mesin zaman sekarang telah modern dan sudah mengadopsi teknologi sistem Bahan bakar yang sangat canggih, sehingga ketika mesin dihidupkan semua suplai bahan bakar dan prose pengapian langsung stabil sesuai dengan kebutuhan mesin.

Tambahan: ketika memanaskan kendaraan kita tidak bisa hanya berpatokan kepada lamanya waktu pemanasan, kita juga harus paham bagaimana ciri-ciri mobil sudah benar-benar panas dan siap dipakai. Adapun ciri-ciri nya sebagai berikut:
1. Ketika mesin di gas beberapa kali, kemudian pedal gas lalu dilepas (¾) tinggi pedal, mesin tidak mati maka bisa dikatakan mesin sudah mulai panas.
2. Warna asap sisa pembakaran yang keluar dari knalpot tidak terlalu pekat.
3. Saat dijalankan, mobil tidak tersendat-sendat.

Jika ketiga ciri-ciri diatas telah terpenuhi maka mobil sudah siap dibawa berpergian.
Itulah sedikit pelajaran mengenai perawatan mesin mobil, semoga dengan membaca artikel bisa memberikan manfaat untuk kita semua.
Sekian dan terimakasih

Link sumber artikel
danQe
Spawn19
indriketaren
indriketaren dan 14 lainnya memberi reputasi
15
11.1K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.