• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mau Mudik Naik Motor, Sibuk Belum Sempat Servis Coba Deh Tips Ringan Ini

budibenedektusAvatar border
TS
budibenedektus
Mau Mudik Naik Motor, Sibuk Belum Sempat Servis Coba Deh Tips Ringan Ini
Quote:

Hai semua penghuni setiap Forum Kaskus! emoticon-HaiApa kabarnya untuk hari ini? Ya, saya berharap sih kita semua punya kabar yang baik untuk hari ini dan untuk seterusnya juga, karena sebentar lagi waktunya kita untuk pergi mudik. Yap, tidak lama lagi kita akan merayakan hari raya Idhul Fitri 1440H. emoticon-Bedug Dan tentunya pada hari itu kita bisa mendapatkan cuti bersama, ya meskipun hanya beberapa hari aja, lumayan kan untuk pulang kampung ketemu dan ngumpul bareng keluarga.

Eh, ngomongin masalah mudik pulang kampung, btw ente-ente pada naik apa ya buat pulang' kampung? emoticon-Ngacir2 Naik angkot kah? Naik motor kah atau mobil? Kalau ane sih mending naik motor, soalnya angkot ataupun mobil, bikin capek dan mudah bosen karena kelamaan duduk, apalagi ditambah padatnya kendaraan di jalan raya, huff pasti suntuk banget ya!!! emoticon-Cool

Kalau motor mah kan leluasa bisa selap-selip sana sini, dan juga bebas buat singgah sana singgah sini. emoticon-Ngacir Tapi kampung ane lumayan jauh, mesti servis motor dulu donk biar ntar dijalan kagak ada kendala. Kalau bagian servis mah, ane jagonya, ya memang ini sudah menjadi profesi ane sebagai mekanik, kagak butuh waktu lama kelar deh servis motornya dan gak ribet. Oh, iya ane jadi lupa, bagi ente-ente yang ingin mudik khusus motor, ada baiknya servis dulu tu motor, ya supaya perjalanan ente berjalan dengan lancar sampai pada tempat yang akan di tuju.

"Aduh gan, gimana mau servis motor kerjaan aja masih numpuk, trus hari cuti nya juga mepet amet, mana sempat buat antar motor kebengkel". Oooohhh, ente tenang, jangan khawatir dan jangan risau soalnya disini ane akan membantu ente-ente yang butuh solusi di bidang otomotif emoticon-cystg Ya, solusi ini bisa ane kategori kan dalam servis mudah serta ringan dan tentunya dijamin bisa dilakukan sendirian di rumah.

Oke langsung aja kita meluncur ke tkp
1. Ganti oli mesin
Quote:

Ya kalau ganti oli kan gak perlu keahlian khusus, kunci yang dibutuhkan juga kagak banyak cukup dengan kunci Inggris aja udah kelar. Oh, iya agar oli keluar semua lebih baik dibuka pas malam hari dan diemin semalam dan esoknya tinggal isi deh.

2. Cek volume minyak rem dan setel rem
Quote:

Nah, ini neh bagian yang paling penting yaitu rem, untuk motor yang menggunakan double cakram tidak perlu menyetel rem cukup periksa volume minyak rem, tapi untuk yang masih memakai tromol bisa wajib deh untuk menyetel rem, ya kunci juga bisa memakai kunci Inggris.

3. Cek dan periksalah busi serta bagian kabel-kabelnya
Quote:

Siapa sih yang ingin motor mogok saat mudik, Apalagi pas malam hari. Iiih pasti serem ya gan. Untuk itu periksalah busi dan disarankan bersihkan ujung busi dari kerak sisa pembakaran. Eits jangan lupa periksa bagian kabel-kabelnya ya kalau ada yang terkelupas mending langsung di tambal. Dan kalau boleh ne sediain juga busi cadangan.

4. Menyetel rantai dan memberikan pelumas
Quote:

Biar tarik motor jadi enak dan gak nyendat-nyendat ada baiknya setel lah rantai motor, untuk ukuran setelan ente sesuai kan dengan kebutuhan masing-masing. Intinya rantai tidak terlalu kendor dan juga tidak terlalu ketat, setelah itu berikan pelumas kerantai, bisa kok menggunakan oli bekas dari mesin. Nah, untuk motor matic kagak usah setel rantai ya, soalnya matik kagak punya rantai cukup cek oli gardan aja.

5. Membersihkan karburator dengan cairan khusus
Quote:

Membersihkan karburator menjadi hal yang wajib untuk dilakukan ketika ingin mudik, apalagi bagi motor yang udah lama kagak di servis. Caranya pun cukup mudah hanya bermodalkan cairan khusus pembersih karburator lalu semprotkan cairan tersebut kedalam karbu, dan diamkan sebentar agar cairannya dapat membersihkan kotoran yang menempel didalam karburator. Cara ini juga berlaku untuk motor injeksi. Eits jangan lupa juga untuk membuang kandungan air didalam karburator lewat baut pembuangan yang ada.

6. Memeriksa tekanan angin ban
Quote:

Memeriksa kondisi tekanan angin ban juga penting dilakukan saat gan/sist hendak pergi mudik. Tekanan angin ban bisa disesuaikan dengan kebutuhan pakai. Ya, pada umumnya tekanan ban untuk ban belakang berkisar 35-40psi sedang untuk ban depan berkisar 30-35 psi. Dan jangan lupa untuk memeriksa kebocoran angin pada ban, pemeriksaan pun cukup sederhana hanya dengan cara menyiramkan air kebagian pentil ban dan perhatikan dengan seksama apakah ada hembusan angin yang keluar dari pentil ban.

7. Memeriksa bagian lampu-lampu
Quote:

Bagi ente yang akan berangkat mudik pada malam hari, wajib banget ne untuk memeriksa kondisi lampu-lampu, selain sebagai alat penerangan, lampu juga menjadi kebutuhan utama, apalagi sekarang ini udah ada Undang-undang yang mewajibkan para pengendara selalu menghidupkan lampu utama saat berada dijalan raya.

8. Mengisi bahan bakar
Quote:

Setelah semua hal diatas telah terpenuhi dan sudah lengkap hal yang terakhir ialah mengisi full tangki BBM. Ya ini paling wajib lho, emangnya motor bisa jalan tanpa adanya BBM didalam tangki, tentu tidak bukan? Pengisian BBM pun diwajibkan full tangki soalnya ketika musim mudik kebanyakan SPBU kehabisan stok bahan bakar. Ya kalau udah gini ceritanya perjalanan pun jadi terhambat dan ujung-ujungnya harus ngisi bahan bakar diwarung yang berada dipinggir jalan.

Eits, tapi apakah gan/sist tau jika mengisi sembarang jenis bahan bakar kedalam tangki motor dapat membuat sistem penyuplai bahan bakar menjadi mudah tersumbat oleh kotoran yang ada pada bahan bakar tersebut. Akibatnya motor akan terasa tersendat-sendat ketika di gas, seolah-olah seperti kehabisan BBM, dan yang paling parah lagi ialah motor menjadi susah dinyalakan. Nah kalau kejadian ini sampai menimpa gan/sist saat sedang diperjalanan menuju kampung halaman, bisa-bisa perjalanan mudik naik motornya jadi gagal deh.

Maka dari itu sebelum mudik segeralah isi tangki sampai full Dan jangan lupa gunakan juga bahan bakar yang dapat menjaga efisiensi dan peforma pada mesin. Oleh karena itu, ane saranin gan/sist coba deh pakai bahan bakar Shell V-Poweryang sering ane sering gunain ke motor matik ane.
Quote:


Secara pribadi menurut ane selama memakai bahan bakar Shell tarikan Motor ane jadi lebih enteng dan tenaganya makin joss emoticon-Ngacir2ya ini berkat teknologi DYNAFLEK dengan 3x molekul pembersih yang bisa ngebersihin endapan sampe 80%. Artinya bahan bakar ini dapat memaksimalkan kinerja mesin serta menjaga kebersihan mesin, dan tentunya tidak membuat mesin jadi rewel. Jadi gan/sist kagak perlu khawatir masalah kerusakan akibat pemakaian bahan bakar ini, soalnya kan pembakaran bahan bakar jadi lebih optimal.

Dan satu lagi yang membuat ane jadi betah pakai bahan bakar Shell yaitu mesin serta bagian penyuplai bahan bakar jadi terawat dan awet ya hitung-hitung jadi irit biaya untuk servis motor.

Nah itulah sedikit tips dari ane, ya semoga Thread ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua yang akan hendak mudik pulang ke kampung halaman. Eits dan jangan lupa juga jaga kondisi kesehatan agar mudik tahun ini bisa berjalan sesuai keinginan serta patuhilah segala jenis rambu-rambu dan peraturan lalu lintas yang ada. Jadilah Pelopor berkendara yang baik. Ingat "Ada keluarga yang sedang menunggu kedatangan anda di rumah"
Sekian dan terimakasih

Jika berkenan silahkan beri emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh budibenedektus 02-06-2019 15:41
indriketaren
indriketaren memberi reputasi
1
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.