Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kangmontir78Avatar border
TS
kangmontir78
Mobil Susah Distarter? Belum Tentu Akinya Soak Gan
Jadi, Jangan Langsung Beli Aki Kalo Tiba-tiba Mobil Susah Hidup



Emang paling gak enak kalo pagi-pagi pas mau berangkat ngantor atau beraktivitas, eh mobil susah distarter. Lebih gak enak lagi, kondisi itu terjadi saat di parkiran dan tidak ada orang yang bisa membantu. Apalagi kalo mobil Agan transmisinya matik, amsyong dah. Kalo manual masih mending bisa didorong,

Untungnya sekarang apa-apa dah lebih mudah, pas mobil Ane gak bisa distarter, langsung aje telpon outlet aki yang punya layanan antar.



Penyuplai Listrik Modar


Setelah dicek sama mekanik ternyata bukan akinya yang soak. Eka, begitulah dia disapa, mengatakan bahwa penyebab mobil tidak bisa dinyalakan bukan berasal dari lemahnya aki melainkan Alternator. Nah alternator itu merupakan komponen yang punya tugas menyuplai listrik ke aki.

Om Eka bilang, kalo altenator rusak, maka mobil tetap tidak bisa dihidupkan walaupun aki sudah diganti. Apesnya, outlet penjual aki itu gak punya stok alternator. Mau gak mau kudu dibawa ke bengkel terdekat deh.



Dinamo


Selain altenator, Om Eka juga menyebutkan masalah lain yang pernah ditemuinya adalah rusaknya dinamo starter. Untuk kondisi ini, Eka menyebut pihaknya masih bisa melayani perbaikan. Sepanjang gear dinamo tidak mengalami kerusakan. Atau kalau kerusakannya cuma sekedar macet masih bisa diulik.



Nah, sejauh yang ane tau dari bacaan bacaan teknik nih, altenator maupun dinamo adalah dua komponen yang sebenarnya jarang rusak. Biasanya altenator rusak karena usia pemakaian.

Kerusakan pada altenator biasanya ditemui pada mobil yang sudah dipakai 8-10 tahun. Walapun tidak menutup kemungkinan ada yang sudah rusak sebelum lima tahun.



Sedangkan dinamo starter kerusakan biasanya disebabkan pengendara yang sering memaksakan mobilnya dihidupkan saat kondisi aki soak.

Untuk mencegah bermasalahnya altenator dan dinamo starter secara tiba-tiba, biasanya mekanik menyarankan pengguna mobil untuk rutin mengecek kondisi mobil dengan cara servis berkala ke bengkel.

Khusus aki, biasanya bisa bertahan 2 tahun. Nah biar gak lupa Agan bisa coret0coret di bagian atas aki tanggal pembelian. Jadi bisa diantisipasi kapan akan mulai soak.
papakamu
papakamu memberi reputasi
1
1.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.