Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pakulidiAvatar border
TS
pakulidi
Honda Tolak Turunkan Harga Motor Matik
Kasus Kartel: Honda Tolak Turunkan Harga Motor Matik



PT Astra Honda Motor (AHM) bersikukuh kalau mereka tak pernah melakukan pengaturan harga motor matik 110-125 cc dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti vonis putusan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) pada 2017 lalu.


KPPU dalam putusannya menjatuhkan denda Rp 25 miliar kepada Yamaha dan Honda hanya  Rp 22,5 miliar.


Honda dan Yamaha pun mengajukan banding ke PN Jakarta Utara pada 2017. Gagal, mereka pun melanjutkan dengan mengajukan kasasi terhadap perkara No. 217/Pdt.Sus-KPPU/2019 ke Mahkamah Agung (MA). Hasilnya tetap sama. Ditolak. 

Honda Tolak Turunkan Harga Motor Matik


Sementara itu, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menilai bahwa denda yang dijatuhkan ke Yamaha dan Honda tak setimpal.



“Kalau dengan sekian miliar itu tak ada artinya buat produsen sekelas Yamaha-Honda. Buat mereka itu ibarat upil. Itu yang saya kira secara substansi undang-undang anti monopoli harus direvisi. Sehingga bisa berimplikasi langsung kepada masyarakat sebagai korban persaingan tidak sehat,” ujar Tulus kepada kumparan, Sabtu (4/ 5)


Tulus merekomendasikan, setidaknya hukuman yang diberikan bisa berefek ke konsumen, sebagai pihak yang merasakan langsung kerugian dari pengaturan harga ini. Salah satu contohnya dengan penurunan harga atau pengembalian uang.




“Misalnya diperintahkan menurunkan harga, nah ini memang YLKI meminta agar Yamaha-Honda menurunkan harga jualnya. Namun ini sebagai niat baik saja tak ada perintah dalam undang-undang,” ucapnya.


“Meski tak ada di undang-undang, mestinya Honda dan Yamaha itu punya iktikad baik terhadap putusan itu, kemudian merevisi harganya,” ucap Tulus.


Dijumpai pada di booth AHM IIMS 2019 Kemayoran Jakarta Pusat, Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, secara tegas mengatakan tak akan menurunkan harga motornya, khususnya untuk produk di kelas skutik 110-125 cc.




“Kami tidak akan pernah menurunkan harga, kenapa? Karena harga yang sudah kami berikan itu, sudah kami sesuaikan dengan kemampuan masing-masing konsumen,” kata Thomas.


Selain itu, tutur Thomas, harga tersebut juga sudah memperhitungkan dari sisi produk, fitur, dan teknologinya. Lalu juga dari sisi biaya material, ongkos produksi dan tenaga kerja, sampai berbagai perpajakan sudah diperhitungkan Honda Indonesia.


“Jadi kami melihat ini tidak mungkin, mustahil kalau kami menurunkan harga, seperti yang disampaikan di beberapa media atau informasi di luar,” ucap Thomas.

sumber kumparan


katanyaberita dimana mana orang indonesia miskin miskin ini kok malah ga mau nurunin harga



Diubah oleh pakulidi 11-05-2019 02:26
0
2.9K
59
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.