Kaskus

Hobby

fajaryspAvatar border
TS
fajarysp
Simulasi Digital Kelas X ( Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software)
Fungsi, Instalasi, dan Fitur Software.



1. Pengenalan Blender & instalasi.

Blender adalah suatu grafis yang ditulis sebagai perangkat lunak bebas ( open source ) dibawah GNU ( General Public License ). Blender dapat digunakan untuk modeling, UU, unwraping, texturing.

Blender tersedia untuk sejumlah OS antara lain linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

• GNU adalah GNU'S Not Unix ( Linux ).

• Modeling adalah perataan texture.

• Texturing adalah proses pemberian tulang pada objek.

• Urater Simulation adalah animasi dengan objek air ( fluid ).

• Skinning adalah proses pengulitan objek.

• Animating adalah proses menganimasikan.

• Rendering adalah proses pengubahan objek geometri menjadi mage.

• Partice merupakan animasi objek untuk zat cair, gas, api.

• Simulation adalah animasi berbasis simulasi.

• Rigid Body adalah perulangan objek manusia.

• Fluid adalah animasi efek zat cair.

• Cloth merupakan animasi lipatan kain.

• Compositing adalah fitur komposisi video.

• Modifter Based Modeling Tools adalah fitur untuk memodifikasi modeling menjadi lebih nyata.

• Phyton adalah bahasa pemograman blender.

• Powerfull Character Animasi Tools adalah fitur pelengkapan pemodelan berbasis karakter animasi.

• Scripting adalah proses pemberian coding bahasa pemograman.



2. Pengertian Fitur Blender.

× Head : Menu utama blender yang terdiri atas file, add, reader, dan help.

× Viewport : Tampilan yang terdiri atas objek lainnya.

× Tollbar : Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamic menurut objeknya.

× Outline : Struktur data dari objek pada blender.

× Propertis : Panel yang membuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif.

× Timeline : Instruktur yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

• Blender adalah aplikasi grafis 3D yang ditulis sebagai perangkat lunak berbasis ( Open Source ) dibawah GNU.

• Blender merupakan software yang free ( Open Source ) dan berbasis dikembangkan.

• Untuk menggunakan windows, anda dimintan untuk melihat tipe OS 32 bit atau 64 bit sebelum melakukan instalasi .

• Aplikasi untuk instalasi blender tersedia dalam OS Windows, Mac OS dan Linux.

• Untuk mendapatkan software blender bisa diunduh melalui software resmi blender www.Blender.org .

• Dalam menggunakan software terdapat shortcut yang berfungsi untuk memudahkan pemanggilan fitur.



3. Navigasi, Basic, Manipulatio, Mave, and Selection.

• Sumbu X adalah sumbu posisi horizontal atau sumbu yang berfungsi untuk menggeser objek ke arah kanan dan kiri.

• Jendela Kerja " View " berfungsi untuk memanggil perintah jendela yang diinginkan, antara lain camera view.

• Menegakka objek atau memposisikan objek dapat dilakukan dengan memasukan angka derajat seperti yang dikehendaki.

• Sumbu y sumbu horizontal yang berfungsi untuk menggeser objek ke atas dan kebawah.



4. Modeling, Enviroment, and Render Still.

• Fitur utama yang dikenalkan dalam latihan modeling adalah editing, model, vertex, edo, face, dan extrude.

• Tampilan Blender secara default adalah cube, camera, lamp, dan cursor.

• Fungsi shortcut face untuk mengatur permukaan objek Edge untuk mengatur garis objek. Vertex mengatur titik sudut objek.

• Render Still merupakan transportasi gambar dari objek hasio modeling menjadi gambar jadi.

• Extrude adalah proses penarikan pada objek terseleksi.

5. Subdivision surface, Bevel, dan Solidfy Text 3D.

• Fitur untuk membuat model menjadi lebih halus yaitu dengan fitur Subdivision Surface.

• Teknik Bevel dipakai untuk menghaluskan sudut objek yang sebelumnya kasar menjadi halus.

• Efek Solidify merupakan fitur untuk menambahkan tegasan text agar mempunyai volume.

• Texturing adalah proses menentukan karakteristik materi disebuah objek yang akan tampak pada permukaan objek tersebut.

• Riging adalah proses pengulangan yang tersusun dari beberapa kerangka yang saling berhubungan.

• Posemode berguna untuk menganimasikan kerangka.

• Camera Angel adalah sudut pengambilan gambar suatu objek.

Camera Angel menentukan wilayah dan titik pandang yang direkam oleh kamera.



6. Menganimasikan Objek.

• Animasi pada simulasi visual adalah animasi yang meliputi pemindahan operasi objek dan menganimasikan kamera animation.

• Menganimasikan adalah proses menggerakkan objek yang telah dibuat sesui dengan storyboard.



7. Camera Animation.

• Camera Animation atau animasi kamera adalah sebuat teknik animasi yang menggerakkan kamera, teknik ini juga sering digunakan dalam membuat animasi agar terlihat lebih dinamis.

• Terdapat beberapa jenis animasi kamera yaitu mode panning camera, coming camera dan gerakan kamera lainnya.



8. Rendering Sequence.

• Rendering Sequence merupakan suatu proses pengikatan gerakan objek dalam gambar berurutan.

• Rendering Sequence umumnya disimpan dalam format extensi png yang artinya latar belakangnya gambar akan transparan.

• Anda dapat menggunakan format extensi targa namun file setiap gambar atau frame akan lebih besar.



9. Editing, Mixing, dan Rendering Akhir.

• Editing adalah menggabungakan dan mengordinasikan shot demi shot menjadi keseluruhan sinematik yang utuh.

• Dalam editing anda dapat menggabungkan seluruh cut atau adegan menjadi satu kesatuan video.

• Fitur editing dalam blender dapat menggabungkan video, transisi, dan suara.



maaf jika ada kesalahan maupun kekurangan kata.🙏

sealgeekAvatar border
sealgeek memberi reputasi
1
2.7K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About Design
KASKUS Official
13.9KThread3.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.