ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
HBO Perusahaan Yang Mengubah Dunia Pertelevisian

Pada tahun 1965, Charles Dolan yang merintis pekerjaan dalam hal penggunaan saluran kabel secara komersial telah mengembangkan Teleguide. Sebuah sistem tertutup yang menyediakan informasi melalui televisi yang ditujukan untuk wisatawan ke hotel - hotel di wilayah kota New York. Dolan memenangkan sebuah tender untuk menjadikan sistem miliknya menjadi sebuah waralaba untuk membangun saluran televisi kabel di bagian Lower Manhattan.
Sistem baru itu dinamai dengan Sterling Information Service. Sistem itu kini dikenal sebagai Sterling Manhattan Cable, yang akhirnya menjadi Time Warner Cable dan bergabung dengan Charter Communications pada tahun 2016. Hal itu menjadikan sistem televisi kabel bawah tanah perkotaan pertama di Amerika Serikat.


Pada musim panas tahun 1971, saat berlibur bersama keluarganya ke Perancis, Charles Dolan mulai memikirkan ide untuk membuat Sterling Manhattan menghasilkan uang. Dia mengkonsep ulang sistem itu agar menjadi sebuah layanan murni untuk industri televisi, yang disebut "The Green Channel". Dolan kemudian mempresentasikan idenya kepada manajemen Time Life.
Meskipun distribusi dengan satelit sepertinya hal yang memungkingkan untuk dilirik pada saat itu. Dia membujuk agar Time Life untuk mendukungnya dalam proyek tersebut. Dalam sebuah pertemuan Dolan dan beberapa eksekutif Time Life yang sedang mengerjakan proyek tersebut, memikirkan berbagai nama untuk layanan baru itu. Mereka akhirnya memutuskan untuk memakai nama "Home Box Office". Meskipun nama itu awalnya dimaksudkan sebagai judul kerja untuk memenuhi tenggat waktu menerbitkan brosur penelitian layanan itu. Dengan harapan bahwa manajemen akan mengganti nama tersebut nantinya.


Home Box Office mengudara pada tanggal 8 November 1972. Namun, peluncuran HBO datang tanpa gembar-gembor di media, karena tidak diliput baik media lokal maupun media nasional.  Home Box Office atau yang disingkat menjadi HBO adalah sebuah perusahaan televisi kabel Amerika yang bisa dibilang menjadi stasiun TV kabel premium terkemuka untuk film dan Serial program televisi yang inovatif. Kantor pusat perusahaannya berdinas di kota New York.
HBO seperti nama lengkapnya, Home Box Office, awalnya bermaksud menekankan film yang tidak dipotong dan bebas komersial, dengan sejak awal pelanggan TV kabel membayar ekstra untuk saluran tersebut.


Pada tahun 1975 HBO menjadi jaringan TV Amerika pertama yang mengirimkan programnya dengan satelit dengan demikian HBO menjadi saluran kabel nasional pertama. Saluran kabel sainganpun bermunculan, salah satunya adalah saluran Showtime, yang dimiliki oleh perusahaan media Viacom. Pada tahun 1980 HBO memperkenalkan saluran kedua miliknya yang bernama, Cinemax, untuk bersaing dengan Showtime dengan harga yang lebih terjangkau.
Setelah meraih dominasi atas Showtime, HBO mampu membayar harga tinggi pada studio untuk hak siar beberapa film. HBO juga sering membiayai film dengan imbalan hak siar. Pada tahun 1982 HBO, CBS Inc., dan Columbia Pictures bersama-sama meluncurkan studio film Tri-Star Pictures, yang nantinya akan berada di bawah kendali Columbia sepenuhnya. HBO dan Cinemax masing-masing membentuk saluran kedua pada tahun 1991, masing-masing disebut HBO2 dan Cinemax 2. Jumlah saluran akhirnya bertambah, dan setiap layanan menawarkan beberapa saluran tambahan, seperti HBO Family, HBO Latino dan HBO Go.


HBO juga secara signifikan mempengaruhi acara komedi di televisi. Sejak tahun 1975 banyak komedian dengan gaya stand-up komedi muncul di acara spesial HBO. Pada tahun 1980an HBO mulai bereksperimen dengan format serial televisi miliknya sendiri. Mulai tahun 1990an, HBO menjadi lebih terlibat dalam memproduksi program-programnya sendiri. Pada tahun 2001, HBO menayangkan serial Six Feet Under dan pada tahun 2002 The Wire. Meskipun hasil penayangan itu tidak melampaui The Sopranos dalam hal kesuksesan penonton, dengan mendapat banyak pelanggan, hal itu menjadi semakin memperkuat reputasi HBO sebagai jaringan yang menghasilkan program yang berkualitas. 


HBO mengalami kesuksesan lain, memikat para penonton di tahun 2008 dengan menayangkan serial True Blood, drama vampir berdasarkan novel ciptaan Charlaine Harris. HBO menayangkan tiga serial sekaligus di tahun 2010 dengan Game of Thrones, Girls dan True Detective. Program serial televisi produksi HBO banyak yang meraih kesuksesan dan mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Game of Thrones yang mendapatkan banyak penghargaan bergengsi dan menjadi serial televisi yang paling banyak ditonton di seluruh dunia. HBO kini menjelma menjadi saluran besar televisi yang mendunia dan menghasilkan program serialnya sendiri dengan banyak pelanggan dan mendapat predikat sebagai saluran televisi dengan program terbaik.

Sumber 1
Sumber 2
KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 08-05-2019 07:46
sixfloor
ulfsaarr
aripmaulana
aripmaulana dan 13 lainnya memberi reputasi
14
12.4K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.