Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

munarmanshAvatar border
TS
munarmansh
Demokrat Sebut Ada Penggulingan Kekuasaan di Orasi Eggi
Demokrat Sebut Ada Penggulingan Kekuasaan di Orasi Eggi

JAKARTA - Partai Demokrat sepakat dengan pihak kepolisian yang mengkategorikan pidato Eggi Sudjana pada 17 April sebagai makar.

Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyatakan hal itu ketika dihubungi, Kamis (9/5/2019).

Sebab, kata dia, orasi Eggi di halaman rumah capres Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, memiliki indikasi penggulingan kekuasaan yang sah tanpa melalui tahapan demokrasi yang sudah ditentukan.

"Kalau mendengar orasinya Bung Eggi yang menyatakan 'people power akan mempercepat Prabowo dilantik bahkan sebelum Oktober' artinya bisa diartikan memang bahwa ada penggulingan kekuasaan yang sah," kata Ferdinand.

Dia melihat norma hukum yang ada jika ada upaya penggulingan kekuasaan di luar proses demokrasi memang ada indikasi pelanggaran hukum atau bisa dikatakan makar.

"Wewenang kepolisian tentu kepolisian berwenang sebagaimana Undang-undang yang diamanatkan bahwa mereka menjaga dan sebagai penegak hukum berhak tindak siapapun yang langgar hukum," dia menyatakan seperti dikutip cnnindonesia.com.

Namun, dia mengimbau agar aparat kepolisian tidak terburu-buru menindak Eggi Sudjana. Dia mengusulkan akan lebih bijak jika Eggi diberi peringatan atau ditegur terlebih dahulu bahwa apa yang dia ucapkan tidak benar atau salah.

Sebelumnya, anggota Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Eggi Sudjana mengaku telah ditetapkan sebagai tersangka kasus kejahatan terhadap keamanan negara atau makar. Dia mengaku telah mendapatkan surat dari polisi untuk diperiksa sebagai tersangka pada Senin, 13 Mei 2019.


Komen TS
emoticon-Wakaka
re.cozy
wirasadza
ikiriki11
ikiriki11 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
8.2K
54
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.