ngeeekAvatar border
TS
ngeeek
Backpackeran Keliling 3 Negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand) 8 hari
Lautan motor di Ho Chi Minh City

Day 1

Pesawat AirAsia yang bakal membawa saya menuju ke Ho Chi Minh City (HCMC) akan berangkat jam setengah 5 pagi Waktu Indonesia Barat. Saya udah standby di Bandara Internasional Almarhum Soekarno-Hatta dari tengah malem. Maklum, kalo mau flight pagi biasanya gabisa tidur karena excited, jadi tengah malem saya cus aja langsung ke bandara. Enaknya flight pagi adalah: bebas delay. Jadi pesawat berangkat sangat on time, malah kayaknya lebih cepet sekitar 10-15 menit karena penumpangnya ga ada yang ngaret. Sarapan pagi ini adalah roti Holland bekal dari kosan. Oiya, trip kali ini saya ditemani lagi ama Sien (yang kemarin trekking bareng ke Annapurna Base Camp), tapi karena kami berangkat dari kota yang berbeda, jadi kami janjian langsung ketemuan di HCMC.




Setelah sekitar 2 jam, pesawat mendarat di Kuala Lumpur International Airport buat transit. Maklum, dari Jakarta ke Vietnam kalo mau murah musti ambil penerbangan transit. Saya bakal transit di KLIA2 ini sekitar 3 jam, jadi saya nunggu di food court lantai 2 bandara buat beli makan dulu. Makan roti buat sarapan? mana cukuupp. Di food court ini makanannya gak terlalu mahal kok. Saya beli paket hainam chicken rice (termasuk sup, minum, dan kue kecil buat makanan penutup) cuman 18,9 ringgit. Sekitar 60-70ribu. Masih masuk akal buat makan di bandara.

Kelar makan, bebersih dulu di toilet bandara. Cuci muka, sikat gigi, setor tunai.

Pesawat berikutnya menuju ke Ho Chi Minh City juga on time. Kebetulan 2 flight saya hari ini dapet tempat duduk di pinggir jendela semua, jadi sepanjang jalan bisa buat bobo syantik. O iya, di penerbangan ke HCMC ini saya juga pesen makanan online, yaitu nasi biryani ayam. Meskipun baru aja makan, tapi karena porsi makanan di pesawat ini dikit banget, jadi lumayan buat cemilan biar gak bosen. Dapet free kopi juga loh. Pesen makan online ini kalo di AirAsia jadi lebih murah dibanding beli langsung pas di pesawat. Saya dapet harga 38ribu rupiah pas pesen online. Kalo beli di pesawat bisa 60 ribu lebih, belum dapet minum. Jadi kalo berencana makan di pesawat AirAsia, mending sekalian beli online sebelum berangkat.

Saya nyampe di HCMC sekitar jam setengah 2 siang. Waktu di HCMC sama kayak di Jakarta, jadi gak perlu ribet setting jam tangan. Kelar imigrasi, langsung keluar dari bandara, jalan dikit ke arah kanan, kita bakal bisa liat ada beberapa bus kota yang lagi ngetem. FYI, daerah turistik dengan banyak hotel/hostel di HCMC ada di District 1 (salah satu destinasi yang terkenal di distrik ini adalah Ben Thanh Market). Hostel saya juga ada di District 1. Dan untuk menuju kesana, paling murah adalah naik bus.



Salah satu bus yang recommended adalah bus nomor 109. Beli tiketnya sebelum naik bus, ada loket kecil persis di depan bus yang dijaga si mbak cantik ala Vietnam dengan caping pak tani. Biaya tiketnya VND 20.000 (mata uang disini namanya Vietnam Dong. Kurs saat itu adalah 1 VND=0,7 IDR). Busnya berangkat kira-kira 30 menit sekali. Bus disini hanya berhenti di halte-halte yang sudah ditentukan, jadi gabisa ketok-ketok jendela sambil teriak "Kiri pak!". Sopirnya ga bakal peduli. Masalahnya, halte tempat bus berhenti banyak yang gak ada petunjuk bahasa Inggrisnya. Jadi saran saya, sebelum berangkat lebih baik download offline map HCMC dulu di Google Maps. Nah, pas naik bus, nyalakan Google Maps dan perhatikan lokasi bus kita berada. Begitu sudah deket hotel, turun aja di halte yang terdekat. Waktu itu saya turun 1 halte setelah halte Ben Thanh Market. Nama haltenya saya gak tau.


Naik bus 109 disambut oleh embak cantik yang jual tiket di loket

20ribu dong

Nyasar ke Bandung emoticon-Frown

Dari halte saya liat Google Maps lagi dan ternyata butuh waktu 7 menit untuk jalan kaki menuju hostel yang udah saya booking. Oke sip. Trotoarnya mirip kayak di Jakarta. Motor-motor pada nyelonong naik trotoar. Di Vietnam motornya banyak. Banyak banget. Motor di Jakarta gak ada apa-apanya dibanding motor di Vietnam. Jadi kalo nyebrang lebih susah. Motor disini jarang yang mau ngalah pas kita nyeberang (kecuali pas lampu merah). Jadi kalo nyebrang ya pede aja jalan terus, nanti mereka (motor-motor itu) ternyata secara alami bakal menghindari kita. Skill dan insting mereka ternyata sudah cukup expert buat menghindari penyeberang jalan. Kalo kita takut-takut pas nyeberang itu malah bikin mereka bingung dan lebih berpotensi ketabrak.

Hostel yang saya booking ini namanya 9 Hostel & Bar. Tarif nginep di Dormitory Room VND 141.000/orang/malam. Di hostel ini barulah saya ketemu ama Sien. Kami nginep 2 malam disini. Jadi total per orang bayar VND 282.000. Hostelnya cukup bersih, kamar mandinya banyak dan air panasnya lancar. Sayangnya kami dapet bed di atas, dan posisi bednya itu tinggi banget. Jadi repot banget musti manjat-manjat tiap kali mau ke kasur. Yang dapet bed di bawah malah bule-bule. Ini resepsionisnya bisa liat gak sih kalo tinggi badan kami minimalis begini, malah dikasi bed di atas. ACnya juga gak terlalu berasa dingin, kecuali kalo udah subuh-pagi baru berasa dinginnya. Dan ada nyamuk juga. Jujur agak kurang nyaman buat tidur. Tapi enaknya hostel ini adalah lokasinya yang lumayan strategis. Jalan kaki ke Ben Thanh Market cuma sekitar 10-15 menit. Pas di depan hostel juga ada Circle K yang jual makanan murah meriah.






Kami bebersih dan mandi-mandi dulu di hostel, terus sorenya jalan kaki ke Ben Thanh Market. Rencananya, malem ini kami mau meetup ama temen kami, Thanh dan Thao, orang lokal yang tinggal di HCMC. Tapi harus nunggu mereka kelar ngantor dulu, jadi sekitar jam 7 baru bisa ketemu. Jadi sambil nunggu jam 7, kami keliling dulu di sekitar Ben Thanh Market. Ternyata, Ben Thanh Market ini mirip kayak pasar tradisional di Indonesia. Malah kalo dibandingin sama pasar modern BSD masih kalah. Intinya Ben Thanh Market ini gede, luas, panas, rame, lumayan berantakan. Dan menurut Thanh, harga disini gak terlalu murah karena salah satu target marketnya adalah turis. Tapi emang disini lumayan lengkap sih kalo mau nyari oleh-oleh. Dan kalo malem, jalan raya di depannya disulap jadi night market. Makin banyak yang jual oleh-oleh dan street food.


Ben Thanh Market

Capek muterin Ben Thanh, kami random mampir ke salah satu cafe buat nyicip kopi vietnam. Harganya lumayan terjangkau, VND 45.000. Cafenya juga nyaman buat nongkrong sambil nunggu jam 7. Pas jam 7 Thanh ngabarin tempat meetupnya, kami berdua lalu pesen Grabcar buat nyamperin mereka.


Cafe deket Ben Thanh Market (lupa namanya ingat rasanya)

Rasa kopinya ini maksutnya (enak btw)

Cara pesan Grab disini sama persis kayak di Indonesia. Dan sopir Grab disini jarang yang nanya-nanya hal yang udah jelas (misal "tujuannya sesuai aplikasi ya pak?" "ya iyalah"), jadi ga masalah kalaupun sopirnya gabisa bahasa inggris. FYI, layout aplikasi Grab bakal berubah mengikuti negara mana kita berada saat itu. Saat di Kamboja, aplikasi Grab di hp saya berubah menampilkan opsi 'Grab Tuktuk'. Jadi fleksibel.

Kami meetup sama Thanh dan Thao di salah satu rumah makan Pho yang katanya cukup terkenal di HCMC. Lumayan, ditraktir. Harga per mangkok Pho dengan daging sapi (adanya cuman sapi sih) adalah VND 50.000. Murah banget dibanding makan pho di Jakarta yang bisa sampe 60-70 ribuan per mangkok. Rasa pho disini mirip sih kayak pho di Jakarta. Bedanya ada bumbu saos spesial yang bisa buat cocol daging sapinya. Jadi sebelum dimakan, potongan daging sapinya dicocol dulu di saos tersebut, baru deh kita lanjut sruput mienya. Makan cuy!


Pho..Lala..

Beramah tamah dengan warga lokal demi makan gratis

Kelar makan, kami diajak nongkrong ke kafe (lagi) di samping rumah makan pho. Sambil ngobrol-ngobrol kami juga nanya-nanya cara menuju ke Cu Chi Tunnels, karena rencananya besok kami mau kesana. Eh ternyata sebagai warga lokal mereka malah sama sekali belom pernah kesana. Gak minat katanya. Ya kalo dipikir, sama aja sih kayak saya yang sama sekali belom pernah masuk ke monas atau ke museum lubang buaya.

Kami nongkrong di kafe sampe tutup, lalu order Grab lagi buat balik ke hostel.

Pengeluaran hari pertama:
- makan siang di KLIA2 : MYR 18,9 / IDR 45.000
- makan siang di AirAsia : IDR 38.000
- Bus dari bandara ke hostel : VND 20.000 / IDR 14.000
- Hostel 2 malam : VND 282.000 / IDR 197.000
- Vietnam Ice Coffee : VND 45.000 / IDR 31.500
- Makan malam pho : Gratis (ditaktir cuy!)
Total : IDR 325.500

Tu bi kontinyu...



O iya ini ada vlognya. Ditonton yaa....
Spoiler for Indochina Travlog Part 1:


Spoiler for Indochina Travlog Part 2:
Diubah oleh ngeeek 27-04-2019 11:12
tien212700
aerospeed
joe_han
joe_han dan 8 lainnya memberi reputasi
9
22.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan Mancanegara
icon
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.