News
Batal
KATEGORI
link has been copied
18
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cd2ad579775130ed04393ee/tulis-ujaran-kebencian-di-medsos-mama-muda-jadi-pesakitan-di-persidangan
Medan, hetanews.com - Seorang ibu 30 tahun Jocelyn Isabella Tobing harus duduk di kursi pesakitan akibat kasus ujaran kebencian yang dilakukannya di Medsos, Jumat (3/5/2019) di PN Medan. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kharya Saputra menjelaskan bahwa terdakwa menuliskan status di Facebook (Fb) yang melanggar pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) dari UU RI No.19 tahun 2016 tentang peruba
Lapor Hansip
08-05-2019 17:20

Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan



Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan

Medan, hetanews.com - Seorang ibu 30 tahun Jocelyn Isabella Tobing harus duduk di kursi pesakitan akibat kasus ujaran kebencian yang dilakukannya di Medsos, Jumat (3/5/2019) di PN Medan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kharya Saputra menjelaskan bahwa terdakwa menuliskan status di Facebook (Fb) yang melanggar pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) dari UU RI No.19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI tahun 2008 tentang ITE.

"Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan , untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan Individu dan atau Kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama dan golongan (SARA)," tutur Kharya di hadapan ketua Majelis Hakim Gosen Butar-Butar.

Terdakwa terbukti menuliskan status di FB-nya bernama Jocelyn Isabella Tobing dengan postingan

"Anj*ng anj*ng sial x w pny tetangga i***m di kampung multatuli sini masa kt modi tukang air isi ulang ktY 2 galon kami udah dianter pas mlm itu jg tp buktiY engga ada pst ada yg iri siring samaku pa kt ustand ma di ........di ajarkn mencuri barang org di dpn rmh org klo itu bnr di agama islam di ajarkn ky gt q sumpahin demi nm tuhanku yg ambl 2 galonku di dpn rmhku hdpY seumr hdp jd miskin ga bkl dpt rejeki seumr hdp klrgY bkl sengsara seumur hdp.

Islam ky t*i b*bi sm klian pantesan rata2 org islam di kampung multatuli ini kebanyakan tukang p*ncuri hdpY slalu miskin slalu brkekurangan mkY mencuri 2 galon pnyku di dpn rmhku klo mnx udah miskin hdpY y miskin j ga ush pk ngmbl barang org yg bkn milikY mnx org islam di sini tanganY tangan panjang pencuri barang org ga malu y jd org islam maling ngmbl barang org pa lg ngakuY org islam taat sholat mdgn j ga ush ngaku2 org islam sebut j islam ktp ko maling ngmbl 2 galon pnyku di dpn rmhku," tulisnya.

Seorang ibu 30 tahun Jocelyn Isabella Tobing harus duduk di kursi pesakitan akibat kasus ujaran kebencian yang dilakukannya di Medsos, Jumat (3/5/2019) di PN Medan.

JPU Kharya menyebutkan bahwa status tersebut dituliskan terdakwa karena kesal galon air yang ada di depan rumahnya hilang.

"Pada 30 Juli 2018 sekira pukul 00.00 WIB terdakwa merasa jengkel dan marah terhadap ditujukan kepada seorang tetangga terdakwa yaitu saksi Waty.

Di mana pada saat itu terdakwa telah kehilangan 2 buah galon air minum isi ulang dari teras depan rumah terdakwa dan terdakwa menduga Waty yang telah mengambilnya," jelasnya.

Lalu atas dugaan tersebut, terjadi pertengkaran antara terdakwa dengan suaminya yang membuat Jocelyn kesal dan meluapkannya di media sosial.

"Kemudian terdakwa ribut dan bertengkar dengan suami terdakwa perihal tersebut yang mengakibatkan terdakwa menjadi emosi dan marah, lalu terdakwa membuka akun Facebook.

Kemudian membuat postingan di akun facebook milik terdakwa tersebut dengan menggunakan android Samsung," tambahnya.

Akibat dari postingan terdakwa yang menyebarkan informasi yang ditunjukkan untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan Individu atau Kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama dan golongan (SARA) atau penistaan terhadap agama Islam.

"Atas laporan dari Front Pembela Islam (FPI) selaku Umat Islam merasa keberatan atas perbuatan terdakwa dan melaporkan terdakwa ke Polrestabes Medan," jelas Jaksa.

Lebih lanjut, JPU Kharya menuturkan terdakwa akan dijerat dengan pidana penjara paling lama 6 tahun.

"Dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar," pungkasnya.

Saat ditanyai, Hakim Gosen, terdakwa menyebutkan dirinya kesal akibat dan status tersebut hanya sebagai bentuk kekesalan bukan berniat untuk menjelekkan agama tertentu. "Saya terbawa emosi Pak Hakim, kejadiannya tanpa kusadari.

Dan saya menyesal sedalam-dalamnya, dan saya juga sudah minta maaf kepada Ibu Waty.

Enggak bakal saya mau ulangi lagi," tuturnya sambil meneteskan air mata. Bahkan, karena kejadian tersebut, terdakwa diceraikan oleh suaminya yang saat ini memiliki 2 orang anak.

"Saya diceraikan sama suami saya dia enggak mau tanggung-jawab atas kejadian yang menimpa saya ini.

Anak saya ada dua orang kecil-kecil masih di rumah," tuturnya dengan tersedu-sedu.

Usai mendengarkan kesaksian terdakwa, Hakim Gosen akhirnya menunda persidangan untuk agenda tuntutan pada 10 Mei mendatang.

Sumber
https://www.hetanews.com/article/154...di-persidangan

Terlalu terburu2 kalau menilai tetangga yang mencuri, kawasan dari jalan teratai hingga jalan multatuli itu arena main nya bocah2 hingga dewasa kampung bantaran kali deli, seperti kampung badur, aur, dll di medan maimun

1.Tempat bocah2 hasil fefek makpetak kali deli, seperti kampung badur, "patroli" 24 jam di pemukiman warga baik2, ngecek rumah mana yang kosong, buat mencuri, kalau rumah tidak kosong, maka dilempari batu/mercon halal, kalau kebetulan rumah cinak, dilempar batu diteriakin anj1ng kaw cinak

2.Tempat remaja2 hasil fefek makpetak kali deli, matahin spion mobil warga buat dicuri

3.Tempat dewasa hasil fefek makpetak kali deli, malak parkir rumah sendiri, ramai preman parkir dari sepanjang jalan multatuli hingga rumah sakit martha friska, bahkan katanya preman parkir yang tikam warga di jalan pemuda, kemudian ditangkap karena tikam warga di multatuli, tidak pernah dipidana, tapi dilepas dan malak lagi di tempat sama

4.Semua barang di halaman warga pemukiman dari teratai hingga multatuli, mulai dari tangga, jemuran sempak, tanaman, semuanya hilang seiring waktu digondol bocah laskar fefek kali deli

5.Rumah yang taruh tumpukan batu bata/pasir di halaman nya, akan digedor dengan tendangan putera puteri fefek kampung badur, sambil maki2 keluarga pemilik rumah, anj1ng kau, babik kau, mana duit spsi ? aku pemuda sini!

6.Kalau ada rumah warga yang piara anj1ng, maka anj1ng nya tiap hari dilempari batu dan dicolok2 dengan bambu oleh bocah2 hasil beraknak mamak kampung badur lewat pagar, kalau anjing nya lompat pagar dan kejar anak2 kampung badur, maka nanti datang bapaknya maki2 mintak duit ganti rugi dan salahkan sang anj1ng

7.Tiap hari, selain anak2 nya yang masih bocah patroli curi dan lemparin rumah warga, bapak nya patroli pakai becak barang buat "shopping" ke rumah warga, AC, pompa air, besi apapun di halaman, diangkut sambil siul2, termasuk pot tanaman warga di luar pagar (apalagi ini)

Kata warga, kondisi ini berlangsung kondusif sejak zaman alm kakek buyut ane masih hidup, alias sudah puluhan tahun, dibekingin polisi medan, urut dada dan jantung hidup di bawah kekuasaan fefek thogut kali deli emoticon-Ngakak (S)

Tercermin dari kondisi tombak pagar semua rumah warga dari jln teratai hingga jln multatuli , tdk ada satupun yg utuh,minimal hilang satu karena patah dijadikan pegangan putera P3P3K makpetak kampung badur/aur wkt manjat ke halaman rumah warga emoticon-Ngakak (S)

Bahkan tambah sengsara dengan partisipasi polisi nya dalam mencari target tilang dan beking penjambret bau aer taik deli di dunia nyata

Polisi medan yang berada di dunia maya, juga sama kelakuan nya, yang tulis status fb karena kesal dipidana, sementara grup2 facebook mukapetak medan yang jual beli hape jambretan, ramai bertebaran bebas sebebasnya

Beberapa tahun lalu, waktu ane baru datang ke medan, ada banyak petisi yang dibuat warga medan, meminta pembubaran polda sumut, waktu itu ane terkejut karena belum pernah ane temui petisi serupa untuk polda-polda lain, sebenci benci nya masyarakat sebuah daerah, tidak ada yang petisi pembubaran polda daerah mereka, kecuali sumut

Sekarang sesudah ane tinggal beberapa tahun di medan, ane mulai faham emoticon-Ngakak

Semua kebrengsekan dibeking polisi medan dengan terang2 an, tidak pakai sembunyi2 an, dan percaya diri, tidak seperti polda2 lain emoticon-Ngakak (S)

Mari kita petisi pembubaran Polda dan pengangkatan laskar babik kali Deli sebagai penegak hukum resmi, soalnya sdh pengalaman menjabat posisi sebagai "pelanggar hukum resmi bebas pidana" dari tahoen empat poeloeh lima emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luko.belita dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:22
Ada apa lagi nih emoticon-Bingung
Diubah oleh prokitiwe
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:23
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:26
kota gotham toh emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:31
Haduh rasis amat, berat ini hukumanya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan pdt.henderson memberi reputasi
2 0
2
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:32
orang medan ya.
jd ingat anak medan si Florence sihombing yg ngata ngatain jogja
Diubah oleh ontapesek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:32
Puji Tuhan Memberkati emoticon-Christmas


heli heli heli lol yeah emoticon-Christmas
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 17:46
orang gila nih
profile-picture
profile-picture
pdt.henderson dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 18:00
statusmu harimaumu... makanya hati hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
christomathew dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 18:09
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan


Bangkeee......
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
1 0
1
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 18:15
udah dari sana nya kalo manusia itu adlh makhluk yg membuat kerusakan ..

d negara yg mayoritas muslim , pelaku kejahatan byk dilakukan oleh muslim itu sendiri. d indonesia contoh nya

d negara mayoritas hindu , pelaku kejahatan kebanyakan dilakukan oleh umat hindu .. di india contoh nya

di negara mayoritas kristen , pelaku kejahatan kebanyakan dilakukan oleh umat kristen . d amrik contoh nya

bgtu jg d negara2 yg berpenduduk mayoritas2 agama lainnya
0 0
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 18:48
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan


Kesian si Emak..
masa peliharaannya kampret...emoticon-Wkwkwk
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
1 0
1
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 18:50
Quote:Original Posted By ian.benjamin
udah dari sana nya kalo manusia itu adlh makhluk yg membuat kerusakan ..

d negara yg mayoritas muslim , pelaku kejahatan byk dilakukan oleh muslim itu sendiri. d indonesia contoh nya

d negara mayoritas hindu , pelaku kejahatan kebanyakan dilakukan oleh umat hindu .. di india contoh nya

di negara mayoritas kristen , pelaku kejahatan kebanyakan dilakukan oleh umat kristen . d amrik contoh nya

bgtu jg d negara2 yg berpenduduk mayoritas2 agama lainnya




sok tahu ach emoticon-Najis

di prancis penghuni penjara di isi 70% muslim, apa islam mayoritas di prancis ?

Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan


dan ironinya lagi di seluruh eropa, mayoritas pemerkosa di penjara adalah muslim juga emoticon-Wakaka



masih mau klaim islam agama damai ? emoticon-Takut
Diubah oleh agama.murahan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 20:23
Buset

Gara2 galon 2 biji


emoticon-Cape d...
0 0
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 20:28
Cuma masalah 2 galon emoticon-Cape d...
0 0
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 20:31
gile bener
0 0
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
08-05-2019 20:36
Dasar sumbu pendek.. Cuman ngomong begituan aja tersingung... Biasa aja itu mah..emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Tulis Ujaran Kebencian di Medsos, Mama Muda Jadi Pesakitan di Persidangan
09-05-2019 13:11
Quote:Original Posted By begu.ganjang.13


Terlalu terburu2 kalau menilai tetangga yang mencuri, kawasan dari jalan teratai hingga jalan multatuli itu arena main nya bocah2 hingga dewasa kampung bantaran kali deli, seperti kampung badur, aur, dll di medan maimun

1.Tempat bocah2 hasil fefek makpetak kali deli, seperti kampung badur, "patroli" 24 jam di pemukiman warga baik2, ngecek rumah mana yang kosong, buat mencuri, kalau rumah tidak kosong, maka dilempari batu/mercon halal, kalau kebetulan rumah cinak, dilempar batu diteriakin anj1ng kaw cinak

2.Tempat remaja2 hasil fefek makpetak kali deli, matahin spion mobil warga buat dicuri

3.Tempat dewasa hasil fefek makpetak kali deli, malak parkir rumah sendiri, ramai preman parkir dari sepanjang jalan multatuli hingga rumah sakit martha friska, bahkan katanya preman parkir yang tikam warga di jalan pemuda, kemudian ditangkap karena tikam warga di multatuli, tidak pernah dipidana, tapi dilepas dan malak lagi di tempat sama

4.Semua barang di halaman warga pemukiman dari teratai hingga multatuli, mulai dari tangga, jemuran sempak, tanaman, semuanya hilang seiring waktu digondol bocah laskar fefek kali deli

5.Rumah yang taruh tumpukan batu bata/pasir di halaman nya, akan digedor dengan tendangan putera puteri fefek kampung badur, sambil maki2 keluarga pemilik rumah, anj1ng kau, babik kau, mana duit spsi ? aku pemuda sini!

6.Kalau ada rumah warga yang piara anj1ng, maka anj1ng nya tiap hari dilempari batu dan dicolok2 dengan bambu oleh bocah2 hasil beraknak mamak kampung badur lewat pagar, kalau anjing nya lompat pagar dan kejar anak2 kampung badur, maka nanti datang bapaknya maki2 mintak duit ganti rugi dan salahkan sang anj1ng

7.Tiap hari, selain anak2 nya yang masih bocah patroli curi dan lemparin rumah warga, bapak nya patroli pakai becak barang buat "shopping" ke rumah warga, AC, pompa air, besi apapun di halaman, diangkut sambil siul2, termasuk pot tanaman warga di luar pagar (apalagi ini)

Kata warga, kondisi ini berlangsung kondusif sejak zaman alm kakek buyut ane masih hidup, alias sudah puluhan tahun, dibekingin polisi medan, urut dada dan jantung hidup di bawah kekuasaan fefek thogut kali deli emoticon-Ngakak (S)

Tercermin dari kondisi tombak pagar semua rumah warga dari jln teratai hingga jln multatuli , tdk ada satupun yg utuh,minimal hilang satu karena patah dijadikan pegangan putera P3P3K makpetak kampung badur/aur wkt manjat ke halaman rumah warga emoticon-Ngakak (S)

Bahkan tambah sengsara dengan partisipasi polisi nya dalam mencari target tilang dan beking penjambret bau aer taik deli di dunia nyata

Polisi medan yang berada di dunia maya, juga sama kelakuan nya, yang tulis status fb karena kesal dipidana, sementara grup2 facebook mukapetak medan yang jual beli hape jambretan, ramai bertebaran bebas sebebasnya

Beberapa tahun lalu, waktu ane baru datang ke medan, ada banyak petisi yang dibuat warga medan, meminta pembubaran polda sumut, waktu itu ane terkejut karena belum pernah ane temui petisi serupa untuk polda-polda lain, sebenci benci nya masyarakat sebuah daerah, tidak ada yang petisi pembubaran polda daerah mereka, kecuali sumut

Sekarang sesudah ane tinggal beberapa tahun di medan, ane mulai faham emoticon-Ngakak

Semua kebrengsekan dibeking polisi medan dengan terang2 an, tidak pakai sembunyi2 an, dan percaya diri, tidak seperti polda2 lain emoticon-Ngakak (S)

Mari kita petisi pembubaran Polda dan pengangkatan laskar babik kali Deli sebagai penegak hukum resmi, soalnya sdh pengalaman menjabat posisi sebagai "pelanggar hukum resmi bebas pidana" dari tahoen empat poeloeh lima emoticon-Ngakak (S)


Izin quote gan gyahahahhahahahahh

0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia