rossdeleonAvatar border
TS
rossdeleon
[Diskusi} Sejarah Dinasti Han Akhir 184 - 280 AD
Lanjutan atau pecahan dari thread https://www.kaskus.co.id/thread/50ac...e-3-kingdom/58 yang sudah reborn tapi masih lebih berat pada novel daripada sejarah.

Akhir Kekaisaran Han menjadi salah satu sumber karya sastra karena baiknya dokumentasi pencatatan sejarah di era tersebut. Dokumen Sanguozhi buatan Chen Shou, seorang penulis di era tersebut yang dinilai sebagai sumber yang sangat berharga dalam menggambarkan situasi yang terjadi, baik keruntuhan, kekacauan hingga berakhirnya dinasti Han. era yang lebih kita kenal sebagai Kisah Tiga Negara atau Kisah Tiga Kerajaan.


Chen Shou, hidup di era 3 Kerajaan dan menuliskan Dokumen Sejarah di eranya


Walau menginspirasi banyak karya seperti Film dan Komik tetapi nyatanya hampir semua bersumber dari Novel Tiga Negara atau Sanguoyanyi yang baru dikompilasi 10 abad berikutnya. alias novelnya baru ada 1000 tahun setelah kejadian. yang menulis atau mengkompilasi novel tersebut adalah Luo Guanzhong, seorang penulis di era peralihan Yuan dan Ming.  jadi harus dipahami bahwa antara Chen Shou dan Luo Guanzhong terdapat jarak kurang lebih 1000 tahun.

Luo Guanzhong dan beberapa generasi sebelumnya dalam menulis novel tetap berpatokan pada Sanguozhi terutama bagian garis-garis besarnya. namun selebihnya ia rubah sesuai dengan narasi yang dibutuhkan, karna pada era dimana novel tersebut hendak diterbitkan china sedang dikuasai oleh dinasti Yuan yang merupakan orang mongol/ asing sehingga dibutuhkan semacam karya sastra nasionalis untuk menggugah semangat generasi muda mereka.


Luo Guanzhong, tokoh yang disebutkan sebagai "pengarang" Novel Tiga Negara


Karena itulah Novel tiga kerajaan dibuat, penuh dengan tokoh yang menekankan kesetiaan kepada kekaisaran. namun sejarahnya sendiri mencatat hal yang sangat berbeda, karena itu Novelnya walaupun begitu mudah dinikmati nyatanya memiliki beberapa kontradiksi yang tidak bisa memuaskan pembacanya karena memang sebetulnya penuh dengan fiksi dan sentimen yang keliru.

Berikut Link wiki untuk kedua penulis tersebut :

https://en.wikipedia.org/wiki/Chen_Shou


Chen Shou, betulan hidup di era 3 Kerajaan, berasal dari wilayah selatan (nantinya Wu) lalu ikut ayahnya yang mengabdi pada Liu Bei dan mendapatkan posisi di Shu sebagai pejabat kekaisaran. kemudian ia bekerja sebagai official di bawah dinasti Jin setelah keruntuhan dinasti Shu. mengetahui bakatnya, kekaisaran Wei-Jin kemudian menugaskan pencatatan era tersebut kepada dirinya karena dianggap sebagai pihak netral, bukan penduduk asli Wei-Jin yang menjadi penguasa.


https://en.wikipedia.org/wiki/Luo_Guanzhong


Merupakan penulis di era Yuan dan Ming, karena kekacauan di seantero china di masa akhir dinasti Yuan maka kisah hidup sang penulis tidak tercatat dengan baik. kemungkinan ia adalah seorang editor produktif bertangan dingin yang mana di bawah asuhannya berbagai karya sastra yang sudah menumpuk beberapa generasi akhirnya bisa diterbitkan, antara lain Kisah 3 Negara dan juga Tepian Air atau 108 pendekar.

Walau kemudian ada sejumlah besar yang di edit ulang oleh para ahli karena keliru atau merupakan extra yang tidak diperlukan, tetapi setidaknya di tangan Luo Guanzhong lah naskah tersebut bisa diterbitkan secara utuh dan lengkap, tidak kurang bagian per bagian.

Patut diperhatikan bahwa kedua karya tersebut bukan tulisan Luo Guanzhong seorang. kemungkinan karya tersebut sudah ada tetapi belum terkenal, masih lisan dan sekedar dikumpulkan lalu dibubukan menjadi 1. bukan hal yang mudah karena mungkin terdapat banyak versi dan banyak bagian yang hilang, belum utuh satu kesatuan hingga dari awal hingga tamat.



Dari segi Sumber untuk memudahkan pembahasan :

1. Film, Komik, Drama semua bersumber dari Sanguoyanyi (Novel) buatan Luo Guanzhong.

2. Sanguoyanyi (Novel) buatan Luo Guanzhong sendiri tetap bersumber dari Sanguozhi buatan Chen Shou.


Jadi untuk pembahasan sejarah kita tidak akan melihat versi Novel melainkan langsung ke Sanguozhi atau Records of the Three Kingdoms karangan Chen Shou.

https://en.wikipedia.org/wiki/Record...Three_Kingdoms

Catatan ini sendiri berbentuk biografi tokoh per tokoh sehingga dewasa ini dengan kemajuan teknologi untuk membaca Sanguozhi anda cukup menggunakan google. ketik nama tokoh lalu taruh SGZ lalu search. misal : "Liu Bei SGZ" maka akan ada beberapa artikel yang muncul yang mana merupakan beberapa terjemahan dari biografi tokoh tersebut dalam catatan resmi kekaisaran Han/ Wei-Jin.

semisal : http://kongming.net/novel/sgz/liubei.php




Untuk mengawali diskusi mari kita bahas 1 topik yang sedari dahulu mengganjal. Bagaimana dinasti Shu sebenarnya runtuh? apa penyababnya, apa latar belakangnya, bagaimana kekaisaran yang memiliki pertahanan yang begitu kuat, terletak jauh dan mudah dipertahankan di atas pegunungan dan hujan, serta militer yang berjumlah besar (tercatat memiliki 100ribu prajurit di waktu kapitulasi penyerahan) bisa kalah dengan mudah.

Lanjut di post 13emoticon-Shakehand2

Pertanyaan dipersilahkan.
Diubah oleh rossdeleon 28-05-2018 03:53
0
65.1K
640
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.