Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l13skaAvatar border
TS
l13ska
Ramadhan, Apa Sih Yang Paling Berkesan Dari Bulan Ini?
GIF

Sumber Gambar: ecerpen.web.id

Umat Islam di seluruh dunia akan menyongsong bulan nan penuh rahmat dan berkah yakni bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Al-Quran diturunkan sehingga menjadi bulan yang penuh karomah.

Berbicara tentang bulan Ramadhan pasti ada banyak keistimewaan dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Keistimewaan inilah yang membuat bulan Ramadhn berbeda dengan Sebelas bulan yang lain.

Kedatangan bulan Ramadhan 2019 tentu saja sangat dinantikan oleh hamba yang beriman dan beruntung bisa bertemu lagi dengan Ramadhan. Seperti kita tahu banyak saudara-saudara kita yang tidak punya kesempatan bertemu Ramadhan karena lebih dulu berlulang ke hadirat Tuhan YME. Jadi, kita yang masih berkesempatan bertemu Ramadhsn harus memanfaatkan sebulan penuh ini dengan sebaik-baiknya. Gimana GanSis, setuju tidak?

Nah, Gan Sis saya tidak ingin membahas yang sedih-sedih seperti tulisan saya terdahulu https://www.kaskus.co.id/show_post/5...cc95128a5bb5de

Tulisan kali ini lebih happy karena berisi deretan daftar hal-hal yang hanya ada di bulan Ramadhan dan tentunya sangat berkesan dihati orang mukmin.

Apa saja sih hal yang kita rindukan saat bulan Ramadhan. Cek it ya Gan Sis:

1. Sholat taraweh dan tadarus di masjid


Hal inilah menurut saya yang paling membuat bulan Ramadhan beda dengan bulan lainnya. Seperti kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan dimana Al-Quran sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW diturunkan.

Pada bulan Ramadhan surau-surau, mushola maupun masjid ramai memperdengarkan tadarus pada jam-jam tertentu. Biasanya tadarus dilakukan setelah sholat subuh dan seuasai asar sambil menunggu waktu buka.

Nah, Adakah dari GanSis yang rajin sholat tarawih dan tadarus? Pasti banyak ya...

2. Banyaknya Acara Buber


Seperti yang kita tahu buber merupakan akronim dari buka bersama. Buber adalah salah satu agenda rutin kebanyakan orang muslim selama bulan Ramadhan. Buber tak hanya melibatkan umat muslim saja lho.

Indonesia memang terkenal kemajemukannya. Meski berbeda suku, agama, ras tapi tetap satu jua. Bhineka Tunggal Ika. Selain itu pula puasa juga salah satu ajaran beberapa agama.

Hingga wajar jika masyarakat non muslim pun juga turut andil meramaikan acara buber lho. Bahkan ada juga beberapa kawan yang menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk penghormatan kepada umat muslim. Seperti kawan saya Anna yang tak pernah ketinggalan berpuasa di bulan Ramadhan.

Buber sendiri merupakan ajang silaturahmi dengan kawan-kawan. Buber ada macam-macam lho GanSis. Mulai buber kantor, buber teman-teman sekolah, hingga buber keluarga besar.

Kira-kira kalender GanSis sudah penuh dengan jadwal acara buber belum?

2. Suasana Sahur


Di beberapa daerah di Indonesia suasana sahur identik dengan patroli keliling sambil membawa bedug dengan diiringi sorakan membangunkan orang muslim yang hendak berpuasa.

Biasanya patroli ini dimulai pukul satu dini hari hingga sejam sebelum imam. Tukang patroli juga butuh makan minum Gan Sis. Kalau mukulin beduk terus kapan sahurnya?! emoticon-I Love Indonesia

Acara televisi pun tak mau ketinggalan memeriahkan suasana sahur. Beragam acara diputar pada jam-jam sahur, mulai dari drama Islami, kajian Islami hingga variety show.

Kalau di daerah GanSis gimana sih keseruan patroli sahur? Cerita dong 🤷🏼

3. Nikmatnya Berbuka


Berbuka puasa adalah hal yng paling dinantikan selama menjalankn puasa seharian penuh. Nikmatnya berbuka puasa memang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setuju tidak GanAis?

Setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga serta nafsu duniawi lainnya. Buka puasa adalah momen yang sangat indah. Uniknya, berbagai makanan dan minuman yang diidamkan selama seharian puasa rupanya hanya beberapa yang bisa masuk ke perut. Jika dipaksakan, dijamin perut akan kaget dan sakit.

Sudah pernah ngerasain sakit perut karena banyak makan pas buka GanSis?
Kalau saya, pernah emoticon-Cendol Gan

Oleh karena itu kita dianjurkan minum dan makam makanan yang manis-manis sebelum memakan yang berat-berat. Seperti kurma. Dan ingat, hak boleh serakah 😂


4. Sensasi Menahan Lapar dan Haus

Sumber Gambar: www wartamadarasahku.com

Sensasi ini hanya terjadi selama berpuasa. Serunya jika banyak orang disekitar kita yang berpuasa sehingga menahan lapar dan haus seolah jadi sebuah ajang perlombaan.

Parahnya, iklan di televisi yang menyuguhkan aneka makanan dan minuman sempat membuat kita menelan ludah. Seperti iklan beberapa merk sirup dan minuman kalengan atau botol. Melihat iklan semacam itu dijamin GanSis pasti membayangkan nikmatnya berbuka puasa.

Tak jarang jika iklan semacam itu muncul, saya suka mengutuk dalam hati; iklan kug kebangetan. Benar-benar menggoda iman 😅


5. Menahan Godaan Bergosip


Esensi berpuasa sebenarnya tak hanya menahan lapar dan haus tapi menahan diri dari hal-hal yang membawa kemudharatn seperti ghibah atau gosip, amarah dan penyakit hati lainnya.

Oleh karena itu stasiun tv yang biasanya menggumbar acara gosip seolah ikut menyensor diri mereka. Sehingga pada bulan ini jauh sekali dari gosip . Meskipun pada kenyataannya beberapa orang khususnya kaum ibu-ibu masih sulit meninggalkan kebiasaan satu ini.

Hmmm... Sebaiknya kebiasaan bergosip distop ya GanSis, gak hanya pas bulan Ramadhan saja.

6. Mokel Alias Berbuka Sebelum Waktunya (Berjamaah)



Saya msih ingat betul ketika masih menempuh pendidikan di SMP dan SMA, setiap bulan Ramadhan pasti ada satu dua kawan yang mengajak mokel berjamaah. Biasanya saya suka terhindar dari kebiasaan ini karena tempat tujuan teman-teman untuk membatalkan puasa biasanya adalah resto atau warung yang mentereng.

Aksi mokel berjamaah ini memang sering dilakukan oleh remaja putri dengan alasan tanggal merah atau lagi haid. Namun tak jarang juga remaja putra yang mokel berjamaah. Pelajar putra yang kangen akan pahit getirnya cerutu alias rokok, dijam-jam pelajaran beberapa mereka suka ngisep rokok di tempat-tempat sepi. Biasanya dibelakang kelas atau dibawah pohon rindang. Kalau pohon cabe. Kasihan pohonnya. 🤣

Gan Sis pernah mokel berjamaah? Hayooo ngaku nggak usah malu 😁

7. Ngabuburit


Quote:


Biasanya kaum muda menghabiskan waktu ngbuburit dengan mengunjungi tempat-tempat yang ramai seperti alun-alun atau taman kota. Dan ketika menjelang Idul Fitri acara ngabubirit berubah jadi acara shoping baju dan aneka kue lebaran. Hmmmm, benar nggak sih? 🤔


Nah, ada gak sih dari list diats yang belum saya sebutin. Coba deh Gan Sis sebutin lagi apa yang paling berkesan dari bulan Ramadhan..

Sekian dulu tulisa saya yang sekedarnya ini.

Terima Kasih Buat GanSis yang sudi mampir dan Happy Ramadhan 🎉

Diubah oleh l13ska 05-05-2019 00:57
lqmnnhkm
danQe
Cahayahalimah
Cahayahalimah dan 5 lainnya memberi reputasi
6
6K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.