bata.aku.yes
TS
bata.aku.yes
Anies Tanggapi Ahok: Banjir Kemarin Bukan Apa-apa Dibanding yang Dialami Basuki


Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memberikan saran untuk mengatasi banjir di Jakarta, salah satunya dengan tidak membiarkan sampah menutupi pompa air. Apa kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan?

"Saya terima kasih semua orang yang pernah bertugas di Jakarta, termasuk Pak Basuki, pasti berpengalaman terkait dengan banjir. Apalagi Pak Basuki, karena banjir yang kemarin itu bukan apa-apanya dibanding banjir yang pernah dialami Pak Basuki," ujar Anies di Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Menurut Anies, Ahok memberikan saran seperti itu karena sempat mengalami situasi sulit dalam menangani banjir. Dia pun membandingkan jumlah pengungsi banjir di era Ahok menjabat dan dia menjabat.

"Jadi beliau memang pernah mengalami situasi yang sangat sulit dibandingkan dengan apa yang saya alami kemarin. Hanya 1.600 orang yang mengungsi, pada waktu beliau yang bertugas sampai 200 ribu lebih orang yang harus mengungsi," katanya.

Menurutnya, banjir yang terjadi pada pekan lalu itu tidak masuk sampai ke wilayah saringan dan pompa. Dia menyebut banjir kemarin terjadi di daerah yang tidak masuk wilayah banyak pompa.

"Kalau yang pekan lalu itu terjadinya di wilayah-wilayah sebelum masuk ke pusat kota. Jadi memang banjirnya itu di bantaran sungai, karena ada air dari hulu, belum sampai masuk ke wilayah saringan, belum sampai wilayah pompa. Itu sekarang. Anda lihat. Jatinegara, sekitar Kampung Pulo, sekitar Klender, itu semua masih di wilayah selatan, timur dan selatan. Nah pompa-pompa kita itu banyaknya di pusat dan utara, itu wilayah kebanyakan pompa," katanya.

Namun Anies mengapresiasi saran yang diberikan Ahok. Dia mengaku akan selalu mengantisipasi hal-hal teknis terkait banjir.

"Jadi kalau hujan, nanti kita akan cek juga, tapi poin utamanya adalah kita apresiasi semua perhatian dan insyaallah semua yang disebut sebagai isu-isu teknis akan selalu diantisipasi dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Ahok sempat menyampaikan saran untuk Pemprov DKI dalam menangani banjir di Ibu Kota Jakarta. Bagi Ahok, salah satu kuncinya, jangan membiarkan sampah menutupi pompa air. 

Ahok juga menyarankan petugas kebersihan selalu memastikan saringan pompa tidak tertutup sampah. Jika perlu, ada alat berat yang disiagakan 24 jam.

"Nggak tahu ya. Kalau pengalaman saya pasti sebenarnya Jakarta itu pompanya sudah cukup oke, tanggul juga sudah oke, jadi perhatikan saja. Biasa kalau hujan sama kemarau, kalau langsung hujan biasanya memang kayu ranting menutupi saringan," ujar Ahok, Selasa (30/4). 
(zap/fdn)


Sumber

Ahok kena banjir dia belajar dan berusaha untuk memperbaiki dan semua itu membuahkan hasil.

Anis kena banjir malah nyinyir
zopeqesakeyknoopy
knoopy dan 24 lainnya memberi reputasi
23
9.2K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.