alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cca9017facb957870677add/cegah-banjir-anies-masih-bicara-naturalisasi-untuk-ekosistem
Lapor Hansip
02-05-2019 13:37
Cegah Banjir, Anies Masih Bicara Naturalisasi untuk Ekosistem


Cegah Banjir, Anies Masih Bicara Naturalisasi untuk Ekosistem

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih memaparkan kebijakan naturalisasi untuk mengatasi banjir Jakarta. Naturalisasi atau drainase vertikal disebut Anies bakal selesai tahun ini.

Anies menyatakan naturalisasi bakal menghidupkan kembali ekosistem di sekitaran sungai.

"Sungai-sungai yang sekarang ada itu kita akan bangun tempat-tempat di mana ekosistem sungainya dihidupkan kembali," kata Anies di Jakarta, Kamis (2/5).

Anies menyebut ekosistem ini sangat bermanfaat bagi lingkungan. Kata dia, polusi udara bisa berkurang jika ada ekosistem sungai.

"Menghidupkan ekosistem sungai itu supaya satu airnya jernih, mahkluk-mahkluk bisa hidup di sana. Dan kalau mahluk-mahluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah," jelas Anies.

Selain naturalisasi, Anies bilang solusi banjir bisa dengan pembuatan kolam retensi dan waduk. Terakhir dia menyatakan banjir bisa ditekan dengan pembangunan tanggul Jakarta.

Namun Anies masih belum menjelaskan detail tanggul Jakarta yang ia maksud.

"Wilayah-wilayah yang tanah-tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal untuk tanah yang bisa menyerap air dengan baik," tutup dia.

Ditegaskam Anies bahwa naturalisasi ini mampu menjernihkan air. Dia berharap tahun ini Jakarta sudah merasakan dampak naturalisasi pinggiran kali Ibu Kota.

"Naturalisasi kita jalankan. Bahkan 2019 nanti kita sudah liat jadi hasilnya akhir tahun ini insyallah udah selesai," tutup dia.

Diketahui Jakarta sempat terendam banjir beberapa waktu lalu. Sejumlah daerah yang terendam banjir antara lain Pejaten, Cawang hingga Jatinegara.

Anies menyebut penyebab banjir adalah luapan dari sungai di Jakarta. (ctr/wis)
Bahlul

===============

Paham semuanya?
Percuma lu semua ngritik Wan Abud. Dia lebih Gabener dari Gabener JP Coen. Gubernur rasa Presiden. Seharusnya gelarnya bukan Gubernur, tapi Gubernur Jenderal.

Catat ya, akhir tahun ini.
Setelah kemarin dia memutuskan Waduk di Bogor tuntas akhir 2019 ini (padahal gak 1 rupiahpun uang APBD terpakai. Gak 1 orang jajaran DKI Jakarta pun terlibat pembangunannya karena emang dikerjakan oleh Kementrian PUPR), kali ini dia kembali ngotot bicara naturalisasi.

Tahun ini, semua sungai di Jakarta akan penuh dengan ikan, biawak, ular sanca, bahkan buaya! Sisi kiri kanan sungai Jakarta akan penuh dengan kunyuk dan kampret yang berebut makan buah gratis.

Gak akan ada lagi beton dikiri kanan sungai. Semua diganti dengan bronjong. Tau bronjong? Batu kali yang disusun dengan bantuan kawat baja. Kalau nanti batu kalinya habis, tenang, jkt58 siap untuk dijadikan bronjong.

Nanti juga akan ada penambahan waduk. Waduk-waduk akan segera dibangun di kawasan Jakarta ini. Tanggul-tanggul sangat kuat seperti Tanggul Edan di Jati Padang akan segera dibangun dibanyak tempat. Semua juga akan dilukis agar terlihat indah.

Setelah itu, drainase vertikal akan segera dibuat. Pemda DKI Jakarta akan membuat lubang-lubang besar dan sangat dalam untuk membuang luapan air kedalam tanah, sesuai dengan sunatullah.

Dan ingat! Banjir di Jakarta itu adalah luapan air sungai, bukan karena curah hujan. Dan luapan air sungai itu adalah kiriman dari Bogor. Begitu pula dengan sampahnya, bukan sampah warga Jakarta.

Sampai sini jelas?

Ok, kita simpulkan sekarang.

Bahwa sungai di Jakarta tidak perlu dinormalisasi. Sungai di Jakarta hanya perlu di naturalisasi.
Dan naturalisasi akan mengembalikan semua hewan air beserta habitatnya, termasuk ikan, biawak, ular, dan buaya.

Bahwa air mengalir kedalam tanah adalah sunatullah. Air tidak mengalir kelaut. Jadi yang diperlukan hanyalah membuat drainase vertikal atau lubang-lubang besar tegak lurus jauh kedalam tanah untuk membuang air yang meluap diatas permukaan tanah.

Bahwa banjir disebabkan oleh sungai yang meluap. Dan banjir itu adalah kiriman dari wilayah lain, bukan milik Jakarta.

Bahwa sampah yang ada dan tersangkut di pintu air adalah sampah luar Jakarta yang terbawa banjir. Ini kita harus percaya sebab Gabener beserta timnya telah mengikuti arus banjir sejak dari pintu air Katulampa sampai pintu air Manggarai.

Bahwa perlu dibuat tanggul-tanggul kuat seperti di Jati Padang agar air sungai tidak meluap. Tak perlu melebarkan atau mengeruk sedimen sungai.

Udah ya.
Catat.

emoticon-Cape d... (S)

Dosa apa Jakarta bisa dapat Gabener macam gini. Untung gak terulang kemarin saat Pilpres.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
02-05-2019 14:01
Quote:Original Posted By n4z1.v8


Cegah Banjir, Anies Masih Bicara Naturalisasi untuk Ekosistem


...
emoticon-Cape d... (S)

Dosa apa Jakarta bisa dapat Gabener macam gini. Untung gak terulang kemarin saat Pilpres.

Karma karena suka ngeledekin jabar periode kemaren kayaknya...

emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan eyefirst2 memberi reputasi
2
02-05-2019 14:01
Udah nastak cebong ke meikarta ajah bebas banjir emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan gw.kenshin1601 memberi reputasi
0
02-05-2019 14:02
gabener kampret # 02 & 212
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zopeq dan 2 lainnya memberi reputasi
3
02-05-2019 14:02
goblok gubernurny
tolol rakyat jakartanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zopeq dan 4 lainnya memberi reputasi
5
02-05-2019 14:03
Maju Katanya
Bahagia Katanya

Ud putus asa gw sama kinerja anies basewdan...

TGUP banyak2 buat ngabisin anggaran saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
02-05-2019 14:03
Quote:Original Posted By drakonus60
Selamat JKT58 atas pilihannya emoticon-Ngakak


Kebanjiran Warganya , Bahagia Warganya emoticon-Ngakak


Sesuai janji kampanye

Cegah Banjir, Anies Masih Bicara Naturalisasi untuk Ekosistem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Lapor Hansip
02-05-2019 14:07
Balasan post tillian.pearson
Quote:Original Posted By tillian.pearson
oh jadi anies mau beningin sungai buat ngurangin polusi trs hubungan ama banjir?


Ga usah ditanyakan apa hubungannya, bray. Ntar wan abud kasih penjelasan bukannya tmbh ngerti, malah tmbh puyeng.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zopeq dan 5 lainnya memberi reputasi
6
02-05-2019 14:07
yg penting seiman sama mayat lu disholatin pas tenggelam ya ngga mpret?
profile-picture
profile-picture
itkgid dan eyefirst2 memberi reputasi
2
02-05-2019 14:07
Quote:Original Posted By sudarmadji-oye
gak bicara betonisasi tapi mau bangun waduk
bicara vertikal drainase tapi ngomong naturalisasi
arahan ke staf sosialisasi dan simulasi banjir emoticon-Hammer2

bener2 gak kompeten ni orang


dia temannya vickynisasi gan, jadi harap maklum emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ganha dan 3 lainnya memberi reputasi
4
02-05-2019 14:09
emang gebleg ini gabener....warga kota itu butuhnya BEBAS DARI BANJIR...bukannya melulu konsep naturalisasi, emang lo mao bikin AQUASCAPE ?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
3
02-05-2019 14:10
Wan Abud masih aja berhalusinasi dalam narasinya...

Kalo dia hidup di taun 1950-an, mungkin masih bisa melakukan program naturalisasi karena pada zaman itu, DKI Jakarta masih lowong dan sepi, banyak area kosong, penduduknya masih sedikit dan bisa diatur-atur.

Lha kalo sekarang? Mustahil bantaran sungai Ciliwung yg padat pemukiman kumuh mau disulap bak sungai2 di hutan Eropa atau pegunungan Swiss gitu, dimana satwa liarnya terlihat hidup bebas, ngayalnya gak kira2...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 6 lainnya memberi reputasi
7
02-05-2019 14:13
Quote:Original Posted By roberthw
Wan Abud masih aja berhalusinasi dalam narasinya...

Kalo dia hidup di taun 1950-an, mungkin masih bisa melakukan program naturalisasi karena pada zaman itu, DKI Jakarta masih lowong dan sepi, banyak area kosong, penduduknya masih sedikit dan bisa diatur-atur.

Lha kalo sekarang? Mustahil bantaran sungai Ciliwung yg padat pemukiman kumuh mau disulap bak sungai2 di hutan Eropa atau pegunungan Swiss gitu, dimana satwa liarnya terlihat hidup bebas, ngayalnya gak kira2...

Mungkin menurut wan abud yang sekarang ada di kiri kanan sungai itu isinya hewan semua. Dengan ga ngapa2in sudah tercapai tujuannya.

Mungkin kira2 begitu pola pikir beliau.

Cegah Banjir, Anies Masih Bicara Naturalisasi untuk Ekosistem
Diubah oleh ice.pack
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
02-05-2019 14:14
org2 pinggir kali bakal dimusnahin dong sama abud. mau buat hijau pinggir kali kalo gak gusur masa mau dikasi kamuflase pegunungan berkilo2 meter
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1
02-05-2019 14:15
harusnya anis merasa beruntung
dulu jkw ahok harus sengsara....

waduk pluit gak keliatan ketutupan rumah kumuh & gak pernah dikeruk, dan waduk2 lainnya.

kali pakin, kali gendong, kali besar, angke, seketaris, dll dulu gak ada jalan inspeksi.. sekarang udah siap buat lewat alat berat.

bantar gebang dulu cuma mau beberapa ribu ton sehari, padahal produksi sampah jakarta 7000an ton sehari, sisanya kemana ? ke sungai lagi.

dulu gada pasukan orange, pasukan biru, dll. sekarang got udah pada di gedein & dikeruk. tinggal maintenance aja.

waduk bogor udah disumbang 200 M sama ahok.

truk sampah udah banyak dibeliin.. termasuk sumbangan dari pengusaha puluhan unit truk baru.

dan lain sebagainya.

sekarang anis bikin lobang ke dalem tanah aja belom kelar kelar, padahal yang mikir ada 73 orang.

terus gimana mau lebarin sungai 30 meter... gusur ga mau, duit apbd abis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Lihat 1 balasan
02-05-2019 14:16
Ane bingung sama wan abud kampret satu ini,ngeyelnya setengah mati...jadi menteri gagal,sekarang jadi gabener tambah gabener...mau nya apa nech makhluk gagal satu ini...malah minta tambahan APBD ke Pusat untuk pembangunan infrastruktur?...kalo tolol dan dungu jangan kelewatan,wan...iya ngga,Bre...emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
knoopy dan seindryu memberi reputasi
2
02-05-2019 14:17
tenang! wan abud sudah persiapkan diri utk maju lagi sebagai gaberner jkt periode berikut.. para pendukung sudah siap menjadikan wan abud 2 periode menggunakan people power.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
zopeq dan Werewolfvez memberi reputasi
2
02-05-2019 14:21
Ekosistem apa yg bakal dbangun ya ? Apa iya nantinya hewan biawak hidup berdampingan dengan warga di bantaran sungai emoticon-Bingung (S)
0
02-05-2019 14:23
wacana .. gak dikerjain ..

ngakak aja deh .. emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
02-05-2019 14:26
Balasan post mendadakranger
Quote:Original Posted By mendadakranger
Naturalisasi itu ikan, biawak, ular, dan buaya dair Amazon di bawa ke Jakarta lalu diubah kewarganegaraannya emoticon-Malu


Suka-Suka Gw Bank Cath ckckkc
0
02-05-2019 14:27
Wan Anus akan melegenda melebihi Mr.Kumis.
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.