omatsuri.hanaAvatar border
TS
omatsuri.hana
Kupas Tuntas Penyebab Kematian Akibat Bekerja nonstop
Melihat masalah dampak dari pemilu 2019, Tercatat hingga hari ini, jumlah petugas KPPS yang meninggal mencapai 225 orang. Dan 1,470 orang sakit karena kelelahan. Keluarga para petugas tentu mengalami kesedihan mendalam karena harus di tinggalkan kepala keluarga. Lalu apakah pemerintah bertanggung jawab akan hal ini? Apakah petugas yang gugur mendapatkan uang pensiun atau setidaknya santunan?!. Di lansir dari kompas.com bahwa petugas KPPS yang gugur maupun yang sakit akan mendapat santunan, dan sudah di setujui oleh mentri keuangan yang menjabat. (Alhamdulillah).

Tapi thread kali ini, aku mau kupas tuntas tentang penyebab gugurnya banyak petugas KPPS. Supaya hal ini tidak terjadi pada orang terdekat kita, tentu sebaiknya kita pelajari dan melakukan pencegahan.

Sebelumnya saya turut berduka cita atas meninggalnya para petugas KPPS, semoga keluarga yang di tinggalkan di beri kelapangan.

Fatigue kill atau bahasa lain nya kelelahan yang luar biasa, sebenarnya bukanlah faktor utama penyebab kematian. Melainkan pencetus faktor-faktor penyebab kematian. Meskipun kematian adalah rahasia Illahi. Tapi secara ilmiah ada beberapa hal dampak dari kelelahan yang disebabkan karena bekerja nonstop melewati batas kewajaran ini berbahaya untuk tubuh, sehingga meningkatkan resiko pada kematian.

1. Karena kamu bekerja nonstop otomatis kamu tidak memberikan kesempatan pada tubuhmu untuk tidur bahkan beristirahat, hal ini sering terjadi pada maniak kerja. Maka yang terjadi adalah tubuh secara biologis tidak mempunyai waktu untuk meregenarasi sel-sel yang tua. Ibarat kendaraan di paksa pacu terus dengan sparepart yang sudah aus.


sumber gambar : instagram



2. Pada saat tubuh di paksa untuk tidak beristirahat karena berkejaran dengan deadline pekerjaan, maka tubuh akan stress dan mengeluarkan hormon adrenalin. Hormon ini akan menawarkan energi ekstra supaya Anda tetap berstamina untuk menyelesaikannya cepat-cepat. Namun dampaknya jantung akan di pacu lebih keras, sedangkan itu tadi sel-sel jantung yang harus teregenerasi dengan istrihatat, belum terbarukan.. sudah gitu harus bekerja lebih keras pula.

sumber gambar : instagram



3. Bila hormon adrenalin adalah hormon yang otomatis keluar bila seseorang menghadapi situasi yang membuatnya stress, maka hormon kortisol adalah hormon yang muncul setelahnya, sebenarnya hormon ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan kinerja tubuh. Namun bila terjadi berkepanjangan, maka akan mengganggu kinerja organ tubuh secara keseluruhan.

sumber gambar : instagram

4. Sudah di jantung di paksa bekerja lebih lama dan lebih keras karena tidak tidur dan stress, di tambah lagi di barengi dengan minum kopi yang tentu mengandung kafein, serta di temani rokok dengan zat bawaan nya nikotin. Kafein & nikotin ini pun berkerja untuk membuat jantung lebih terpacu lagi. Dampaknya bisa kalian simpulkan sendiri.

sumber gambar : instagram

Besar kecilnya dampak yang di timbulkan tergantung pada usia , riwayat penyakit dan pola hidup seseorang.

Bila di ibaratkan mesin, hal ini berati mesin yang aus terus di paksakan bekerja. Kematian seperti ini sering terjadi di negara jepang. Yang memang warganya terkenal sebagai workaholic.


-'
Oke demikian thread kali ini, kritik dan saran layangkan di kolom bawah..
Salam cendol gan... 😄


Referensi tulisan : hellosehat.com
buslighthere
programmerlabs
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
9.9K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread•82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.