Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Perjalanan Panjang Festival Musik Coachella

Coachella adalah sebuah nama kota kecil yang terletak di negara bagian California. Dikenal sebagai "Kota Sinar Matahari Abadi" dikarenakan wilayah tersebut terletak di sebuah lembah yang merupakan bagian dari gurun dengan sinar matahari yang cukup banyak dan suhu udaranya yang panas. Asal usul nama Coachella tidak jelas. Beberapa penduduk setempat percaya bahwa kata itu akibat salah eja dari Conchilla, sebuah kata Spanyol yang berarti cangkang siput putih kecil yang ditemukan di tanah berpasir di lembah, sisa-sisa danau yang mengering lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Coachella merupakan tempat dimana sebuah festival musik terkenal yang diadakan setiap tahunnya di daerah itu.


Diakui sebagai festival musik terbesar di dunia, Coachella adalah acara yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja. Setiap tahun, para penggemar musik, selebriti, dan band melakukan perjalanan dari seluruh dunia untuk ikut ambil bagian dalam festival yang terkenal di dunia ini. Coachella hari ini diakui sebagai festival musik yang sudah diadakan dari tahun 1993 sampai hari ini dan menjadi bagian dari pop culture dunia.
Sejarah Festival Musik dan Seni Coachella berasal dari tahun 1993 dan dapat dengan mudah diikuti jejaknya dari beberapa tahun kebelakang. Coachella pertama kali diadakan ketika vokalis Pearl Jam Eddie Vedder dikabarkan marah kepada promotor Ticketmaster karena biaya layanan yang berlebihan yang dipatok oleh promotor. Ticketmaster menjual tiket dengan harga lebih kepada para penonton yang akan melihat mereka tampil di konser itu. Jadi dalam upaya untuk memboikot tempat-tempat yang dikendalikan oleh Ticketmaster, band itu tampil di lapangan Empire Polo Club pada tahun 1993.


Promotor musik Paul Tollet dan Rick Van Santen melihat betapa suksesnya konser Pearl Jam pada malam itu, meskipun tempatnya dilapangan terbuka yang berada di lokasi terpencil di gurun California. Dan dengan demikian, Festival musik Coachella lahir dari para penggemar musik yang menghadiri konser musik band Pearl Jam di lembah Coachella, California.
Seiring berjalannya waktu, festival musik sederhana yang diikuti oleh para pengisi acara yang tidak dikenal tetapi berbakat berubah menjadi seperti sekarang ini. Sebuah fenomena budaya yang dihadiri oleh para selebriti dan trendsetter baik di dunia musik maupun mode. Sementara festival-festival musik lain mencoba meniru suasananya, Coachella adalah festival musik yang mempunyai keunikan dan mempunyai fondasi sejarah yang kuat.


Secara resmi festival Coachella pertama terjadi pada Oktober 1999. Tiketnya hanya $ 50 per hari, dan perusahaan promosi konser Los Angeles, Goldenvoice, dilaporkan merugi $ 850.000 karena mengadakan festival dengan memungut sedikit biaya. Saat ini, tiket masuk umum untuk festival tiga hari adalah $ 429. Festival pertama Coachella yang sangat terjangkau dengan tiket yang murah. Pada tahun 2001, festival itu dipindahkan ke April untuk menghindari panas yang menyengat pada bulan Oktober.
Bukan cuma Coachella yang diadakan di tempat tersebut tetapi Stagecoach juga sebuah konser musik yang diadakan di tempat itu. Stagecoach adalah festival musik country, dan selalu dijadwalkan untuk akhir pekan setelah pertunjukan terakhir Coachella. Festival ini dimulai oleh Goldenvoice pada tahun 2007, setelah pemilik Empire Polo Club mempertimbangkan untuk bekerja sama kecuali Goldenvoice dapat mengadakan acara lain yang menghasilkan pendapatan selain Coachella.


Meskipun sudah diadakan pertama kali pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1999 tetapi festival tersebut bukan tidak ada hambatan untuk terus diadakan. Festival Coachella telah diadakan setiap tahun sejak 1999, kecuali pada tahun 2000, panitia membatalkan festival tersebut, dengan alasan festival musik itu terlalu membosankan untuk dihadiri para penggemar di wilayah terpencil California Selatan.
EDM yang merupakan genre musik elektronik selalu mendominasi festival Coachella. Tetapi musik elektronik sekarang sudah tidak lagi mendominasi festival tersebut. Pada festival perdana tahun 1999, musik elektronik mencapai 41% dari pertunjukan live di Coachella. Namun, pada 2015, musik rock dan musik dance adalah genre yang mendominasi panggung Coachella.


Coachella sejak pertama kali diadakan, acara tersebut semakin berkembang sampai sekarang ini. Coachella sebenarnya tidak disiapkan untuk mengakomodasi permintaan penggemar yang selalu meningkat. Karena perkembangannya setiap tahun Coachella diperluas dari festival dua hari menjadi tiga hari untuk pertama kalinya pada tahun 2007. Hal itu merupakan festival akhir pekan yang panjang.
Festival itu telah menjadi klub laki-laki hingga saat ini dengan banyaknya band dan penyanyi laki - laki yang mendominasi acara tersebut. Sebelum penampilan Lady Gaga pada 2017, Coachella hanya memiliki satu penyanyi wanita yang sering tampil, yaitu Björk, menjadi penyanyi wanita di festival tahun 2002 dan 2007. Pada tahun 2018, Beyoncé mulai ikut bergabung dan menjadi penyanyi wanita eksklusif di Coachella.


Cara untuk mengikuti Coachella yang biasa dilakukan oleh para penonton adalah dengan berkemah di Polo Grounds. Ada area khusus berkemah di lokasi itu yang terletak di padang rumput indah bersebelahan dengan area pertunjukan festival. Berkemah diperbolehkan pada hari Kamis setiap akhir pekan dan ditutup pada hari Senin.
Festival Coachella adalah festival musik dan seni tahunan yang diadakan di Empire Polo Club, Indio, California, di Lembah Coachella Inland Empire di Gurun Colorado California. Acara itu diadakan pertama kali oleh Paul Tollett dan Rick Van Santen pada tahun 1999, dan dikelola oleh promotor musik Goldenvoice.


Acara itu menampilkan seniman musik dari banyak genre musik, termasuk rock, pop, indie, hip hop, dan musik dansa elektronik, serta instalasi seni dan patung dengan di seberang lapangan, beberapa panggung terus menyelenggarakan pertunjukkan musik secara langsung.



KOLEKSI THREAD MENARIK ANE

Quote:
Diubah oleh ashibnu 03-05-2019 06:54
bam09
jatimanggala
scorpiigirl
scorpiigirl dan 3 lainnya memberi reputasi
4
7.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread8.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.