nyairaraAvatar border
TS
nyairara
Kerap Banjir, Warga: Kali Jangan Cuma Ditahan Pakai Batu dan Kawat


JAKARTA, KOMPAS.com - Warga KelurahanCipinang Melayu berharap, Pemprov DKI Jakarta segera melakukan normalisasi Kali Sunter yang kerap membawa banjir kiriman dari Depok, Jawa Barat ke permukiman warga.

Jon, warga RT 004 RW 004 berharap agar Kali Sunter yang melewati bagian belakang permukiman warga dibenahi serius.

Sebab, menurut dia, setiap kali datang air kiriman dari Depok, warga tak bisa mengelak dari banjir meskipun tak turun hujan.

"Harapannya sih itu kali jangan cuma pakai batu sama kawat saja, air dari kali kalau masuk kan tetap masuk," kata Jon saat ditemui Kompas.com, Selasa (30/4/2019) ketika banjir di Cipinang Melayu berangsur surut.

Saat ini, aliran Kali Sunter yang dimaksud telah diblokade dengan beronjong.

Namun, tak sedikit pula titik di sekitar kali tersebut yang luput dari pemasangan beronjong. Akibatnya, air meluap melalui di titik-titik tersebut.

"Dibilang ngaruh sih ngaruh, tetapi ngaruhbanget ya enggak. Air kan tetap saja masuk, cuma kotorannya rada tersaring karena enggak bisa lewat batu," ujar Samin, warga RT 002 RW 004.

"Kalau hanya begini doang mendingan sekalian ditembok, dicor yang tinggi. Jadinya air sama sekali enggak masuk. Soalnya kalau sekarang, air naik 50 sentimeter dari kali saja pasti nembus tanggul," kata pria paruh baya tersebut.

Sementara itu, Ela yang tinggal di rumah yang dibangun di tengah aliran kali, menilai, pembangunan tanggul malah menambah deras banjir yang masuk ke rumahnya.

"Sudah begitu bersihinnya makin susah lagi. Kalau dulu waktu belum ada tanggul kan bisa tinggal nyerodok lumpur ke kali. Kalau sekaramg lumpurnya mau lewat mana?" kata dia.

Namun, Muchtar yang duduk di seberangnya justru menyentil ibu satu anak tersebut. Ia mengingatkan Ela yang membangun rumah di tengah aliran kali.

Muchtar juga berpendapat, tanggul tak efektif mencegah banjir. Menurut dia, tanggul hanya membantu agar warga tak terseret arus ke kali saat banjir.

"Kalau pemerintah serius, mestinya ditembok tinggi saja kayak Kalimalang. Lihat tuh Kalimalang sudah enggak banjir, kecuali pas bangun Tol Becakayu karena mampet," kata dia.

emoticon-Bingung


"Salah satunya ada soal naturalisasi sungai. Bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan juga tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan," ujar Anies, Rabu (7/2).

"Di kiri kanannya banyak tanah kosong itu untuk kantung-kantung air. Tapi juga sebagai ekosistemnya bermain di situ. Ada penghijauan. kiri kanannya ada sekolah sungai. Pokoknya lebih kepada go-green," lanjut dia.


Diubah oleh nyairara 30-04-2019 16:46
apollion
aria404
jims.bon007
jims.bon007 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.