Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

boregasmAvatar border
TS
boregasm
[BERBAGI] 'Susu' Kodok Ternyata Bisa Bantu Atasi Depresi

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkKodok sungai Colorado atawa Bufo alvarius. Foto: Quartl/Wikimedia Commons 


Cairan mirip susu hasil sekresi seekor kodok dari Amerika Utara ternyata punya manfaat luar biasa. Menurut hasil riset terbaru, cairan dari kodok sungai Colorado atau Bufo alvarius itu bisa menjadi obat untuk membantu mengatasi depresi. 

Riset yang hasilnya telah di dipublikasikan di jurnal Psychopharmacology ini menemukan bahwa kodok bernama latin B. alvarius itu punya kemampuan untuk mengeluarkan cairan psikoaktif, obat yang memiliki efek signifikan pada suasana hati atau perilaku. Cairan itu mengandung senyawa 5-MeO-DMT, yang merupakan psikoaktif alami.

Ketika cairan dikeringkan dan dibakar, asapnya bisa memberikan rasa seperti menggunakan psikedelik, obat dengan halusinogen yang dapat menajamkan persepsi dan meluaskan kesadaran.

Menurut laporan IFLScience, cairan "susu" kodok ini telah banyak digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah emosi dan kelainan psikologi.

Riset ini dilakukan untuk menguji kemanjuran cairan tersebut. Para peneliti melakukan uji psikiatris pada 42 responden riset. Mereka diminta untuk menghirup asap cairan susu itu.



Dari sana, para peneliti menemukan bahwa sehari setelah peserta menghirup asap cairan susu itu, rata-rata tingkat depresi mereka menurun hingga 18 persen. Sementara tingkat kecemasan menurun hingga 39 persen dan tingkat stres menurun hingga 27 persen.

Selanjutnya tim periset melakukan analisis lanjutan empat pekan setelahnya. Di sini mereka menemukan bahwa tingkat depresi menurun lebih tinggi hingga 68 persen, sementara kecemasan dan stres masing-masing menurun 56 persen serta 48 persen.

Sayangnya, para peneliti belum mengetahui alasan kenapa ada efek anti depresan ini. Mereka menduga ini disebabkan oleh stimulasi dari 5-MeO-DMT yang menyebabkan peningkatan neurogenesis atau perkembangan cepat neuron baru pada sel otak.

Selain itu, ada juga pendapat bahwa senyawa 5-MeO-DMT bisa membantu meringankan penyakit neuropsikiatri. Ini karena senyawa tersebut mengikat reseptor sigma-1 di otak, dan mengatur efek peradangannya.

Meski temuan ini memberi harapan atas pengobatan depresi, para peneliti mengaku agak ragu untuk mempublikasikannya. Mereka khawatir riset ini malah menyebabkan eksploitasi berlebih pada kodok B. alvarius.

Para peneliti menjelaskan bahwa senyawa 5-MeO-DMT di susu kodok ini juga bisa dibuat dengan mudah di laboratorium. Senyawa sintetis ini sama efektifnya dengan 5-MeO-DMT alami di susu si kodok.







https://kumparan.com/@kumparansains/...si-1qylIvIEB7X
kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
2.4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.