Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Menegangkan, Kapal Vietnam Sengaja Tabrak Kapal Perang Indonesia


Baru-baru ini, viral sebuah video yang memperlihatkan detik-detik sebuah kapal berbendera Vietnam menabrak kapal Perang Indonesia KRI Tjiptadi 381 yang terjadi di Laut Lepas.

Meski belum jelas bagaimana kronologi kejadiannya, serta waktu dan lokasi persisnya, namun dalam video berdurasi 1 menit 24 detik ini memperlihatkan detik-detik kapal Vietnam menabrak dengan menyerempet, dan kemudian mundur setelah awak kapal KRI Tjiptadi 381 bersiaga dengan senjata laras panjang.

Update: Peristiwa itu terjadi pada hari Sabtu, 27 April 2019, pukul 14.45 WIB, di Natuna.

Tonton Video

Kalau dilihat dari video itu, tampaknya kapal yang pada lambungnya bertuliskan ‘Vietnam Fisheries Resource Surveillance’ KN 213 itu sengaja menabrak KRI 381.

Akibat tabrakan itu, para ABK KRI 381 terlihat marah dengan aksi itu, sehingga berbagai caci maki dan sumpah serapah dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah terdengar dari mereka.

Para ABK langsung berlarian turun ke geladak, lalu mengambil posisi siaga dengan membawa senjata laras panjang, untuk berjaga-jaga dan siaga kalau-kalau mendapat serangan mendapat dari kapal Vietnam tersebut.

Di samping itu, terlihat pula seorang ABK yang marah, yang membawa batang besi, lalu memukulkannya berkali-kali ke badan kapal KN 213. Akhirnya kapal Vietnam itu mundur.
***
‘Vietnam Fisheries Resource Surveillance’ merupakan kapal yang berada di bawah Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam. Kapal ini bertugas secara khusus untuk melakukan pemeriksaan, pengendalian, penyelidikan masalah perikanan, dan menangani pelanggaran regulasi perikanan di laut Vietnam.

Dengan demikian, tugas kapal Vietnam tersebut tidak jauh berbeda dengan Kapal Pengawas (KP) Perikanan milik Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang menjaga lautan RI dari aksi pencurian ikan dan habitat laut lainnya.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi, klarifikasi atau verifikasi atas kejadian tersebut, baik dari pihak Vietnam maupun pemerintah RI.
***
Sekadar informasi, KRI Tjiptadi 382 merupakan kapal yang bertugas menjaga perairan Indonesia yang berada di bawah Satuan Kapal Korvet Komando Armada RI Kawasan Barat.

Kapal 381 ini dibuat atau diproduksi oleh VEB Peenewrft, Wolgast, Jerman Timur pada tahun 1985, yang beratti sekarang sudah berusia sekitar 34 tahun.

Kapal ini termasuk kategori kelas Parchim dengan kode Pakta Warsawa Type 133.1 yang biasa dipergunakan oleh Angkatan Laut Jerman Barat. Kapal tersebut dibeli oleh pemerintah RI tahun 1985, dan digunakan oleh TNI Angkatan Laut untuk patroli laut.

Kelebihan kapal ini adalah dapat difungsikan sebagai kapal perang anti kapal selam di perairan dangkal atau pantai.

Tidak ada penjelasan detil tentang kelengkapan persenjatan pada kapal ini, serta spesifikasi mesin dan kecepatannya. Ref
***
Kita berharap, semoga insiden seperti ini tidak terulang lagi, dan kejadian ini tidak berbuntut panjang antara RI dan Vietnam. Sebab, jika sampai Ibu Susi marah, Ane yakin akan segera keluar perintah: "Tenggelamkan!!!" emoticon-Big Grin(*)
Diubah oleh Aboeyy 28-04-2019 15:34
muhamad.hanif.2
davecchio
mordaanwail
mordaanwail dan 28 lainnya memberi reputasi
29
17.7K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.