albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Kata Anies Usai Jajal Bus Listrik China Calon Transjakarta
Jakarta - Transjakarta telah menandatangani nota kerjasama dengan merek bus listrik asal China BYD dan bus listrik lokal yang nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu armadanya. Beberapa unit pun sudah sempat diuji coba di Bali dan tak mengalami masalah apapun. 

Pagi ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mulai menjajal bus listrik Transkjakarta dengan rute Balai Kota ke Bundaran HI. Anies didampingi oleh Dirut Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda Pemprov DKI Saefullah dan Plt Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko.

Baca juga: Bus Listrik Asal China Ternyata Sudah Ada Part Lokalnya


Anies pun cukup antusias saat menjajal Transjakarta listrik untuk pertama kalinya di Jakarta ini. 

"Uji coba pertama yang unik kalau jalan nggak ada suaranya," ungkap Anies dikutip dari detiknews, Senin (29/4/2019). 

Transjakarta yang dijajal Anies merupakan bus asal China BYD dengan tipe C6. detikcom sendiri pernah menjajal bus BYD C6 ini pada pameran Busworld South East Asia 2019 Maret lalu. 

Layaknya kendaraan listrik pada umumnya, bus BYD C6 ini pun sangat-sangat senyap. Bahkan, detikcom sempat kaget ketika bus ini tiba-tiba berjalan tanpa bising dan suara khas mesin kala di-starter. Untuk informasi, BYD C6 dibekali baterai Iron-phospate kapasitas 135 kWh.

Bicara kenyamanan, calon bus listrik Transjakarta ini rasanya masih cukup nyaman ditumpangi untuk jarak pendek. Sementara untuk jarak yang cukup panjang, sepertinya penumpang harus bisa menahan pegal, karena jujur dimensi kursi cukup terbatas dan legroom kurang memadai.

Memang konsep BYD C6 ditujukan untuk bus angkut jarak pendek. "Bus ini memang cocok untuk feeder (pembantu). Nah kalau yang di dalam (BYD K9) baru untuk bus intracity," ujar Presiden Direktur PT Bakrie Autoparts, Dino A. Ryandi.

Baca juga: Bus Listrik China Ini Sudah Pernah Diuji di Bali


Untuk pengisian dayanya sendiri, diklaim bisa rampung dalam waktu 4 jam, dengan output daya sekitar 40 kW. Bicara power, BYD C6 diklaim bisa mengkail tenaga sebesar 241 dk dan torsi 1.500 Nm.

"Bus BYD sudah kami coba di Bali, hampir 1 bulan nggak ada masalah sama sekali," pungkas Dino.

Rencananya bus ini bakal melakoni uji coba hingga enam bulan ke depan. Namun jika kurang memuaskan masa uji coba diperpanjang hingga 12 bulan. 

https://m.detik.com/oto/berita/d-452...rom=wpm_nhl_13

Wah wan abud doyan ploduk2 china juga

Nasbung anti china mana suaranyaemoticon-Wkwkwk


simsol...
imba.ruiner
tengkorakmonyet
tengkorakmonyet dan 11 lainnya memberi reputasi
10
5.8K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.