Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports
Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports

Tujuan dari tiap entitas perkumpulan/perhimpunan, seperti asosiasi atau federasi, baik di ranah esports maupun bukan, tidak lain adalah sebagai representasi. Organisasi-organisasi ini biasanya akan beroperasi di tingkat lokal, nasional, atau internasional untuk meregulasi hal-hal yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan beserta dengan badan pengatur lainnya.

Ketika olahraga tradisional muncul, badan pemerintahan menjadi badan yang sangat penting untuk dapat memberikan sanksi bagi para pelanggar, atau untuk melakukan perubahan peraturan terhadap cabang olahraga masing-masing.

Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports

Wasit utama dari suatu permainan esports adalah para penyelenggara kompetisi atau para penerbit game. Penerbit game juga memiliki banyak fungsi yang sama dengan badan pengelola olahraga.
Misalnya, menetapkan aturan cara bermain (mulai dari mekanisme game hingga struktur turnamen/liga), serta membuat keputusan akhir tentang pelanggaran peraturan atau perselisihan antar tim / pemain.
Saat ini, ada semakin banyak jumlah federasi dan asosiasi esports yang dapat menyampaikan kebutuhan dan keprihatinan yang dimiliki anggotanya kepada badan pengelola olahraga internasional, atau pemerintah daerah setempat.
Juga ada banyak federasi yang menjalankan acara mereka sendiri, dan membuat keputusan yang menegakkan keadilan.


Organisasi-organisasi ini dapat dibagi menjadi:

Federasi dan asosiasi esports nasional

Organisasi ini merepresentasikan kompetisi esports yang terorganisir, beserta atletnya, di tingkat nasional. Peran mereka termasuk (tetapi tidak terbatas pada) perekrutan, pelatihan, dan pengiriman tim nasional untuk bersaing dalam acara internasional.
Tidak ada satu pun standar yang ditetapkan untuk diikuti oleh semua federasi dan asosiasi nasional yang ada. Beberapa federasi merupakan cabang dari pemerintah masing-masing, beberapa lainnya merupakan organisasi nirlaba (NGO), dan yang lainnya adalah entitas yang mencari keuntungan.


Beberapa federasi bekerja dengan pemerintah lokal mereka untuk mengeluarkan lisensi bagi para atlet profesional dan wasit; sementara yang lain bekerja dengan para atlet amatir ataupun inisiatif-inisiatif akar rumput.

Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports

Organisasi-organisasi ini biasanya mencari, menerima, dan mendapat pengakuan dari komite Olimpiade nasional masing-masing.
Contohnya adalah Asosiasi eSports Korea (KeSPA), eSport-Bund Deutschland (ESBD), Japan Esports Union (JESU), dan Asosiasi e-Sports Indonesia (IeSPA).

Federasi dan asosiasi esports internasional/regional

Organisasi-organisasi ini mencantumkan tujuan mereka sebagai penyelenggara esports di benua masing-masing, atau secara internasional. Federasi dan asosiasi nasional biasanya harus mendaftar terlebih dahulu dan diterima untuk menjadi anggota sebelum mereka mewakili kepentingan mereka masing-masing dalam organisasi yang lebih besar.
Meskipun jumlah dan wewenang badan-badan pemerintahan ini terbatas, beberapa federasi menyelenggarakan kompetisi internasional dengan peraturan dan ketentuan mereka sendiri.
Organisasi-organisasi ini biasanya mencari pengakuan dari pihak berotoritas yang mengatur olahraga di wilayah benua masing-masing, atau asosiasi tingkat benua dari komite Olimpiade nasional. Semua federasi tersebut mencari pengakuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports


Contohnya adalah International eSports Federation (IeSF), dan Asian Electronic Sports Federation (AESF).

Asosiasi liga/tim
Organisasi-organisasi ini dirancang untuk membina hubungan kerja antara organisasi tim esports profesional dan penyelenggara liga pihak ketiga. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk menegosiasikan tata cara berlangsungnya permainan, membuat standar peraturan di berbagai kompetisi, dan memperkenalkan bentuk-bentuk pembagian pendapatan.
Beberapa asosiasi ini menjalankan liganya sendiri, sementara anggota organisasi lainnya menjadi operator.
Jenis federasi/asosiasi ini tidak eksis di alam olahraga tradisional. Hal yang membedakan tersebut terletak pada salah satu karakteristik tim esports dimana sebuah tim bisa memiliki beberapa roster pemain dari tiap cabang game berbeda, yang bisa diturunkan di beberapa pertandingan sekaligus.

Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports


Contohnya adalah World Esports Association (WESA), dan Professional Esports Association (PEA).

Dan masih ada lagi seperti asosiasi pemain serta asosiasi industri game yang dapat dibaca selengkapnya disini Mengamati Jenis-jenis Asosiasi Esports
tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.1K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
39KThread16.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.