Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Jadilah Pendukung yang Sewajarnya Saja
Hidup di dunia ini tentunya seringkali melihat banyak perbedaan mulai dari perbedaan asal diri kita, perbedaan pendapat, perbedaan pilihan dan juga perbedaan-perbedaan lainnya yang senantiasa menghiasi kehidupan ini. Adanya perbedaan ini tentu sesuatu yang wajar karena memang perbedaan pasti akan selalu dalam kehidupan kita dan tak selalu sama adanya. Perbedaan itu indah dan membuat hidup penuh dengan warna, semua itu lebih baik bila di bandingkan dengan semua ini sama sehingga membuat hidup yang dijalani tidak terlalu menarik.

Credit : i.ytimg.com

Begitu juga dalam hal dukungan pasti setiap orang punya dukungan tersendiri yang tak selalu sama. Dalam hal politik tentu dukungan setiap orang tidaklah sama dan berbeda. Seperti dalam pemilu kemarin kita melihat bahwa setiap orangnya punya jagoannya tersendiri dan tak jarang ada gesekan dan perselisihan antar pendukung dengan berbagai perdebatan serta konflik yang semestinya tak harus terjadi.

Bukan sesuatu yang asing lagi bahwa sebuah dukungan sangat diperlukan, mereka yang menjadi sosok terkenal entah itu artis, tokoh politik dan lain sebagainya butuh dukungan sehingga mereka memiliki pendukungnya tersendiri. Setiap diri kita tentu seringkali menyalurkan dukungan kepada seseorang yang layak untuk di dukung dengan pertimbangan yang di lakukan sebelumnya.

Sebagai seorang pendukung tentu kita harus bisa menghindarkan diri dari sesuatu yang semestinya tak di lakukan mulai dari berdebat dengan pendukung lain, mencaci pendukung lain dan lebih bahaya lagi jika terjadi pertumpahan darah dengan pendukung lain. Jadilah pendukung yang sewajarnya, jangan mau jadi pendukung yang mati-matian mendukung mereka yang ingin di dukung. Akal sehat kita semestinya harus di kedepankan agar kita tidak terlalu berlebihan dalam mendukung sesuatu hingga lupa keadaan diri kita yang sudah semestinya lebih dipentingkan dibandingkan mereka yang di dukung.

Berpikirlah secara jernih, sesuatu yang benar harus di katakan benar dan begitu juga dengan sesuatu yang salah harus dikatakan salah. Jangan hanya karena terlalu mendukung sesuatu malah membuat diri kita tak peduli mana yang benar dan salah karena kebenaran bukan milik satu golongan saja. Bukalah mata hati dan juga pikiran kita jangan sampai di kuasai keadaan terlebih lagi jika dimanfaatkan oleh orang lain. Jadilah diri kita dan jadilah seorang pendukung yang bersikap wajar, ingatlah mereka yang di dukung pun bukanlah sosok yang sempurna dan memiliki kesalahan dalam hidupnya sehingga tak semestinya di dukung mati-matian tanpa menyadari realita yang ada.

Credit : beritasatu.com

Jadilah pendukung yang biasa saja agar saat kita bertemu dengan pendukung lain bisa memahami satu sama lain. Jadilah pendukung yang bersikap baik dan juga bisa menggunakan akal sehat dalam menyikapi kenyataan yang ada. Mau menang atau kalah apa yang di dukungnya ya bersikap wajar saja, jangan bersikap tidak menerima keadaan dengan alasan kalah karena curang. Jangan berlebihan mendukung sesuatu dan jadilah pendukung yang sewajarnya saja dalam mendukung sesuatu. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
prasetia13
saiful203
boby008
boby008 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.8K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.