tafakoer
TS
tafakoer
Membiasakan Anak Baca Buku Sejak Kecil, Mungkinkah?
Bicara tentang membaca buku setiap orangnya pasti selalu beraneka ragam, mulai dari yang suka dengan membaca buku setiap harinya hingga ada juga mereka yang ogah atau malas untuk membaca buku dan lebih menyukai hal lain. Membaca buku tentu banyak sekali manfaatnya dan juga banyak pengetahuan yang di dapat, hanya saja tak semua orang suka dan senang dan membaca buku. Tak jarang bagi sebagian orang baru membaca buku setelah ada sesuatu yang mendesak seperti ulangan dan lain sebagainya.

Credit : s.republika.co.id

Membaca buku memang seringkali dipandang sesuatu yang menjenuhkan terlebih hanya tulisan semata tiada gambarnya. Bagi ane pribadi sebagai seseorang yang gemar membaca tentu membaca buku bisa menjadi aktivitas menarik di waktu senggang. Senang atau tidaknya membaca buku bagi setiap orang dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan dalam hidupnya. Jika sudah terbiasa membaca tentu hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan.

Lantas bisakah dipaksakan untuk suka dengan membaca? Jawabannya bisa iya dan juga tidak karena itu bergantung kepada tekad setiap orang. Lalu bagaimana dengan membiasakan anak suka membaca sejak kecil oleh orang tuanya? Tentunya hal ini merupakan sesuatu pendidikan anak yang menarik. Lalu mungkinkan mengajarkan anak untuk terbiasa membaca sejak kecil? Jawabannya tentu hal itu sangatlah mungkin untuk bisa diwujudkan, hal ini berdasarkan pengalaman ane pribadi saat kecil.

Salah satu cara agar anak terbiasa membaca buku adalah mendekatkan anak dengan buku bacaan, sikap anak yang ingin tahu banyak hal tentunya harus diiringi dengan bimbingan orang tuanya dan bisa mengarahkannya pada sesuatu yang baik termasuk membaca buku. Memang sikap anak seringkali bikin jengkel terutama saat ada buku tak jarang di sobek-sobek, namun setelahnya anak menjadi dekat dengan buku dan tak jarang saat buku baru langsung dibaca sampai habis dari awal sampai akhir. Tentunya orang tua memberi buku untuk dibaca anak harus sesuai dengan usianya, misalnya bagi anak yang beranjak dewasa tentunya diberi buku tentang pengetahuan seputar pelajaran sekolah.

Bagi orang tua yang ingin memberi hadiah tentu bagusnya beri hadiah buku kepada anak agar mereka terbiasa untuk membaca buku dan dekat dekat buku dalam hidupnya. Tak harus buku yang baru, buku yang bekas pun tak apa-apa selama itu masih layak untuk dibaca. Karena saat anak sudah suka membaca buku pun tak pernah komplain buku itu baru ataupun bekas karena bagi anak yang suka baca tentunya buku apapun bagus untuk dibaca.

Credit : statik.tempo.co

Menumbuhkan sesuatu yang baik memang seharusnya ditumbuhkan semenjak anak-anak. Membiasakan anak untuk membaca buku memang gampang-gampang susah namun mungkin dilakukan, saat anak sudah biasa didekatkan dengan buku mereka biasanya akan terbiasa suka membaca buku dan sebagai orang tua baiknya memfasilitasi minat baca anak dengan memberikan buku-buku bacaan yang baik sesuai usianya. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
Gimi96makolaswiitdebby
swiitdebby dan 28 lainnya memberi reputasi
29
8.8K
128
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Kids & Parenting
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.7KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.