RacerScramblerAvatar border
TS
RacerScrambler
Mau Cari Helm ... Waspada Kecele Helm Daur Ulang Gan !

Zaman sekarang ternyata ngga cuma onderdil suku cadang aja gan yang didaur ulang, tapi helm juga ada lho yang sampe direcycle gan ...emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Dengernya rada unik dan kaget juga gan, pasalnya helm kan perangkat keselamatan utama saat berkendara, kalau di daur ulang itu lalu kaya apa yah masalah kualitasnya, apakah sesuai standar SNI juga atau bagaimana ...

Usut punya usut, ternyata yang didaur ulang itu material plastik ABS-nya gan. Daur ulangnya dari helm-helm bekas yang udah ngga di pakai lagi atau cacat produksi, dilebur dan di jadiin helm lagi ..

Ada yang bilang secara kualitas memang sangat diragukan, pasalnya ABS yang dilebur lagi tadi itu sering ditambah dengan material plastik lainnya, contoh seperti ember atua lainnya ... gokil dah ... ember jadi helm.
 


Parahnya lagi nih helm recycle sudah banyak beredar di pasaran, dan akan sulit buat bedainnya apalagi kalau sudah di cat warna-warni ...


Tapi dari reverensi yang ane baca gan tetap ada beberapa cirinya buat dikenalin, berikut beberapa cirinya gan ;

1. Pertama dari kelenturan, katanya helm daur ulang tingkat kelenturanya sangat keterlaluan. Terlalu elastis banget gan ... memang sejatinya helm harus elastis, tapi kalau keterlaluan sampai bisa ditekuk, ngga juga kan yah gan...bisa pecah pala kalau mendarat di aspal.

2. Harga, kabarnya soal banderol juga emang dijual dengan harga yang mengiurkan kan kisarnya antara Rp 200 ke bawah. Nah, buat ada yang mau beli helm hati-hati dah tuh. Diingetin juga soal merek gan, kalau sekiranya mereknya mencurigakan, wajib waspada.

3. Untuk nguji kualitas memang ngga bisa secara teknis gan, apalagi ngandelin mata doang, jadi harus dirasakan sendiri. Caranya coba agan sedikit pres helm yang agan mau beli, kalau terlalu elastis banget, wajib hati-hati. Sementara kalau bobotnya ringan belum tentu itu helm abal-abal 

4. Jangan terkecoh dengan SNI ... Nah yang satu ini juga wajib diperhatiin gan, kebanyakan SNI helm juga ikut dibikin abal-abalnya. Memang ngga ada cara kenalin dari pandangan mata, harus di tes langsung di laboraturium, tapi buat yang sering main helm pasti peka dengan helm abal-abal seperti apa, yang pasti gan helm bersertifikasi SNI mempunyai standar ketebalan tertentu di bagian shell-nya. Misalnya untuk helm Cargloss, punya spek ketebalan batok helm antara 2,9 mm sampai 3,05 mm.

5. Warna dasarnya, katanya gan helm dengan material ABS alsi punya warna dasar puti kekuningan alias putih gading. Kalau yang daur ulang itu warnanya abu-abu atau hitam. Lalu gimana liatnya, caranya cukup ribet nih gan , karena harus bongkar busanya dalamnya, bisa-bisa di omelin pedagang kalau sampe kaga beli ... wkwkwk..
 


Sebenarnya sedikit miris yah gan, kalau dilihat daur ulang helm juga bisa jadi binis tersendiri plus mengurangi limbah plastik, tapi tanpa jaminan kualitas tentu bahaya juga karena terkait dengan masalah keselamatan gan ....emoticon-Angkat Beer
vly69
hhendryz
SuperABLU
SuperABLU dan 14 lainnya memberi reputasi
15
12.8K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.