Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
KPU: Sudah Terjadi 105 Kali Kesalahan Entry Data
Dari 105 kesalahan itu, sebanyak 64 kejadian kesalahan entry sudah diperbaiki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan, mengungkapkan ada 105 kali kesalahan entry data scan C1 yang terjadi hingga Rabu (24/4) malam. Kesalahan itu terpantau dari laporan masyarakat dan monitoring internal.

"Hingga malam ini, kami sampaikan kekeliruan entry baik untuk paslon 01 dan 02 terjadi sebanyak 105 yang sudah ditemukan. Terdiri dari laporan masyarakat 26 kejadian, kemudian hasil monitoring internal 79 kejadian. Maknanya adalah KPU bersungguh-sungguh menjaga proses situng yang sedang berjalan," yang ujar Viryan kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Berita Terkait
KPU: Jumlah KPPS Meninggal Dunia Bertambah Jadi 144 Orang
Mahfud: Tak Ada Kecurangan Sistematis dalam Entry Data KPU
No more simultaneous elections: KPU

Kemudian, lanjut Viryan, dari 105 kesalahan itu, sebanyak 64 kejadian kesalahan entry sudah diperbaiki. Sebanyak 41 peristiwa lain sedang dalam proses perbaikan.

"Perlu kami sampaikan sekali lagi situng KPU ini bukan hasil yang ditetapkan KPU. Namun demikian situng merupakan bentuk transparansi dan keterbukaan kami. Kemudian, ada situng entry dan situng scan. Publik yang memberi masukan pada kami, kami ucapkan terimakasih, karena keterbukaan KPU itu maka kekeliruan itu diketahui. Kekeliruan itu bisa terjadi akibat human error, kelelahan petugas karena beban berat pemilu serentak, mungkin juga karena angka yang tertulis di scan C1 kurang begitu jelas. Sehingga dengan demikian, ini bagian dari keterbukaan dan transparansi kami sebagai penyelenggara pemilu," jelasnya.

Penting dicatat, Situng yang menampilkan C1 di website tidak akan jadi rujukan final KPU untuk menentukan hasil Pemilu 2019. KPU akan menetapkan hasil Pemilu dari rekapitulasi manual berjenjang yang saat ini masih berada di tingkat kecamatan. KPU akan menetapkan hasil Pemilu pada 22 Mei.


Sumur

https://m.republika.co.id/berita/nas...ementry-emdata
Diubah oleh joko.win 24-04-2019 14:57
0
1.8K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.