Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junleonAvatar border
TS
junleon
Lagi Enak-enak Tidur, Kenapa Sih Kita Bisa Ngiler?


Yang namanya udah malem terus udah ngantuk, pastinya tidak lain dan tidak bukan ya tidur. Tapi nggak cuma pas malem doang, siang hari atau pagi pun banyak orang yang tidur entah faktor apa. Banyak sebagian orang yang gampang ngilerwaktu tidur dimanapun berada, entah di kasur rumah atau bahkan di bangku kelas.

Pokoknya kalo udah molor, kita tiba-tiba ngiler aja tanpa sepengetahuan kita. Bangun-bangun kita ngusap mulut eh kok ada iler, hiii. Di dalam bahasa kedokteran, ngiler itu disebut sialorrhea gan. Ngiler adalah aktifitas mengeluarkan air liur dari mulut tanpa sengaja. Air liur sendiri dibuat di dalam mulut.

Ketika Agan nggak tidur, air liur dalam mulut pun akan tertelan. Jadi, tak ada air liur yang keluar dari mulut saat Agan melek. Tapi yang jadi pertanyaan, kok bisa sih kita ngiler gitu? Padahal nggak lagi mimpi liat cewek cantik tapi kok ngiler ya? Apa aja sih penyebabnya? Jawabannya tentu ada banyak hal gan, untuk itu mari kita bahas bersama. Cekidot!



Otot Tubuh Rileks

Ketika Agan tidur, otot tubuh pun menjadi terasa rileks. Dalam kondisi seperti ini, mulut pun dapat terbuka tanpa Agan sadari. Ketika mulut terbuka, air liur dapat keluar dari mulut Agan. Hal ini adalah salah satu penyebab kenapa bisa ngiler waktu tidur.

Posisi Tidur Miring

Kebanyakan, ngiler ini terjadi karena Agan tidur dalam posisi badan miring. Kalau Agan tidur dalam posisi terlentang, kemungkinan besar Agan tidak akan ngiler. Tidur dengan posisi terlentang pun akan membuat air liur Agan terkumpul di sekitar tenggorokan dan akhirnya akan tertelan.

Sedang Lelah

Kelelahan bisa menandakan bahwa Agan sedang stres, depresi, atau bahkan karena kekurangan tidur. Faktanya, berbagai kondisi tersebutlah yang memicu Agan ngiler waktu tidur. Beberapa ahli pun mengatakan kalau kelelahan dapat disebabkan oleh keadaan yang disebut dengan teror tidur. Nah, salah satu dari gejala teror tidur yakni ngiler ketika tidur.

Kondisi Tubuh

Faktanya, ngiler ketika tidur juga berhubungan dengan beberapa kondisi tubuh Agan loh. Contoh saja karena infeksi saluran pernapasan seperti sinus, alergi, radang amandel, serta yang lainnya.



Bagaimana cara mencegah agar kita nggak ngiler waktu tidur?

Untuk Agan yang masih sering ngiler saat tidur, coba untuk membatasi makanan manis serta bergula gan. Dilansir dalam situs Verywell, banyak makan makanan manis ternyata dapat meningkatkan produksi air liur. Maka dari itu, bisa jadi lebih banyak air liur yang terkumpul memungkinkan Agan jadi ngiler waktu tidur.

Tak hanya itu, coba ubah posisi tidur Agan. Buat posisi kepala lebih tinggi serta tidak tidur dalam posisi miring, apalagi dengan mulut terbuka. Kalau ngilernya diakibatkan suatu kondisi penyakit, maka penanganannya akan berbeda juga, tergantung dengan apa penyebabnya.

Contoh saja kalau dikarenakan oleh radang tenggorokan, maka untuk obat tepatnya adalah antibiotik. Kalau Agan ngiler diakibatkan oleh reaksi alergi ataupun anafilaktik, obatnya yakni suntikan epinefrin serta obat antihistamin.

Dan kalau ngiler Agan disebabkan oleh amandel yang cukup parah, kemungkinan tonsil tersebut perlu diangkat. Produksi air liur berlebihan pun juga dapat diatasi dengan suntik botox ataupun pemakaian koyo yang mengandung scopolamine. Beda penyebab, beda obatnya gan. Semoga threadnya bermanfaat ya, keep healty!

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:41
danQe
Belangsuck
2V7
2V7 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
11.6K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.