• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Agan Tau Gak Fungsi dan Aturan soal Bahu Jalan? Baca Ini, Semoga Berfaedah

jinkurakura18Avatar border
TS
jinkurakura18
Agan Tau Gak Fungsi dan Aturan soal Bahu Jalan? Baca Ini, Semoga Berfaedah
Agan Tau Gak Fungsi dan Aturan soal Bahu Jalan? Baca Ini, Semoga Berfaedah

Halooooooooo pren semua. Balik lagi nih sama ane si Jin Kura-Kura, yang gak jauh bahasannya soal otomotif roda empat, roda dua, motogp atau yang rodanya banyak juga ane sikhaaaaat gan. Hehe


Sekarang ane lagi tertarik ngehabas soal aturan dan fungsi dari bahu jalan. Soalnya pas banget sama yang lagi viral di media sosial yang seorang bapak2 ngamuk gara2 gak dikasih jalan pas mau lewat bahu jalan. Sakit jiwa nih bapak2nya.

Nih gan mukenye, enaknya diapain ya?



Udah salah marah2 lagi, otaknya dimana ni orang yee..

Balik lagi ke pembahasan ane ya gan, nah jadi gak semua mobil boleh lewat bahu jalan, ada aturannya lho gan yang udah diatur sama undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Mau tau gak? Nih gan penjelasannya berdasarkan UU yang berlaku:

Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol, tertulis jelas apa yang boleh dan tidak dilakukan pada jalur tersebut. Tertera jelas pada pasal 41 ayat 2.

Penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut:

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan

d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.

e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Namun, perlu diketahui, pada lembar Penjelasan atas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol halaman 16, maksud keadaan darurat (pada pasal 41 ayat 2 huruf a) di mana sebagian atau seluruh jalur lalu lintas tidak dapat berfungsi, karena kejadian kecelakaan lalu lintas, pekerjaan pemeliharaan.



Terpenting lagi, keterangan untuk pasal 41 ayat 2 huruf b, pada dasarnya kendaraan tidak diperkenankan berhenti di sepanjang jalur bahu jalan.

Jadi yang dimaksud dengan kendaraan berhenti darurat adalah, mereka yang berhenti sebentar karena keadaan darurat yang disebabkan antara lain mogok, menertibkan muatan, gangguan lalu lintas, gangguan fisik pengemudi.

Kesimpulannya, jika kondisi lelah dan butuh istirahat, baiknya pengemudi mengarahkan kendaraan ke rest area terdekat. Selain aman, beragam fasilitas yang terdapat di dalamnya bisa dimanfaatkan lebih maksimal.

Jadi kurang lebih kaya gitu lho gan. Semoga postingan ane bermanfaat ya gan, bisa nambah ilmu pengetahuan. Pesen ane abis baca thread ane jangan lagi-lagi pake jalan yang bukan hak kita yak.

Jangan lupa kasih ane cendol sama diskusi di kolom komentar yuk gan. Hatur nuhun emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
18
7K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.