valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Kondisi Terkini Waduk Pluit, Banyak Ditumbuhi Eceng Gondok


TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Waduk Pluit yang berada di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, ditumbuhi eceng gondok. Berdasarkan pantauan TribunJakarta.com, Kamis (21/2/2019), eceng gondok tumbuh secara terpencar di sisi selatan waduk.

Tanaman itu mengapung bersama dengan hamparan sampah plastik yang juga tampak ada di permukaan air Waduk Pluit, meski jumlahnya terbilang sedikit. Nicolas, petugas Pemantau UPK Badan Air Penjaringan mengatakan, kemunculan eceng gondok sudah terjadi sejak bulan Desember 2018 lalu.

Menurut dia, eceng gondok sebenarnya sudah tumbuh secara liar dari dahulu di waduk itu. Ada pula yang terbawa arus dari kali-kali lain hingga bermuara di Waduk Pluit, terutama saat musim hujan terjadi.
"Sudah semenjak musim hujan ya, awal Desember itu. Kalo eceng gondok itu dia tumbuh kalo ada satu atau dua, dia tumbuh terus. Bisa aja dia itu musim banjir terbawa aliran air. Atau karena di sini dari dulu memang eceng gondok sudah tumbuh," kata Nicolas, saat ditemui di Pos UPK Badan Air Waduk Pluit.

Nicolas mengatakan, eceng gondok yang memenuhi permukaan Waduk Pluit setiap harinya selalu diangkut.
Menurutnya, setelah diangkut dapat kelihatan bahwa eceng gondok yang tumbuh di waduk itu terbilang masih muda. "Ukuran sekitar 20 sentimeter soalnya kan masih muda ya," kata Nicolas.

PJLP Sudin Kehutanan Jakarta Utara yang biasa bertugas di Waduk Pluit, Taryana juga mengatakan hal yang sama. Menurut dia, eceng gondok bisa muncul karena awalnya memang tanaman itu tumbuh liar di waduk tersebut. "Ini tumbuh liar. Tumbuh menjalar udah ada di Waduk Pluit ini. Mungkin udah dibersihin tapi masih ada sisanya," kata Taryana.

Terkait sampah yang juga ada di permukaan, menurut Taryana asalnya adalah dari warga yang melintas maupun yang nongkrong di pinggiran Waduk Pluit. "Sampah ini kan terus terang aja sampah dari masyarakat yang lalu lalang. Sampah-sampah warga aja, kalo udah sore kan ini pedagang rame juga banyak yang nongkrong," katanya.

http://jakarta.tribunnews.com/2019/02/21/kondisi-terkini-waduk-pluit-banyak-ditumbuhi-eceng-gondok?page=all.

Suka suka gw bangsyaaat.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 23-04-2019 08:58
1
2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.