Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

portaljabarAvatar border
TS
portaljabar
Bijak Dalam Menanggapi Berita Hoax



PNEWS.ID – Di zaman era digital ini banyak sekali berita atau artikel yang tidak berdasar dan tidak terbukti faktanya, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menulis berita atau artikel agar pembacanya banyak dan berita tersebut banyak tersebar kepada publik walaupun penulis tersebut tidak tahu kebenaran yang terbukti atas apa yang sudah ditulis dan dipublikasikan.
Hal ini meresahkan masyarakat karena konsumen berita membaca suatu informasi tetapi tidak terbukti kebenarannya, ini sangat disayangkan karena ketika masyarakat membaca berita tersebut sebagian dari mereka akan percaya dengan apa yang mereka baca.
Semua orang bisa saja memproduksi berita, menjadi konsumen berita, serta bisa saja menjadi penyebar berita hoax. Orang yang memproduksi berita adalah orang yang memberikan opininya terhadap suatu masalah atau peristiwa yang dilihatnya, kemudian disebarkan kepada konsumen berita.
Sekarang ini berita hoax yang mudah sekali tersebar di media sosial, sehingga konsumen berita cepat sekali menerima berita hoax yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Berbagai macam reaksi yang menerima berita hoax, ada yang langsung percaya dengan berita hoax tersebut, ada juga yang tidak tertarik dengan berita tersebut, dan ada juga yang tidak percaya dengan berita tersebut.

Sebagai konsumen berita harus bisa cermat dan bisa memfilter berita hoax yang dibaca untuk tidak mudah percaya dengan berita yang disebarkan, tetapi harus dicermati dahulu dan difilterasisasi terlebih dahulu agar berita yang dibaca tidak menimbulkan persepsi yang negatif, karena dari persepsi negatif ini dapat menjadi ancaman perpecahan karena adanya perbedaan pendapat.
Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Banyak berita atau artikel yang dibuat seolah-olah memang benar, tetapi sebenarnya tidak benar dan tidak bisa diungkapkan dengan bukti yang nyata.
Salah satu kasus berkaitan dengan keberadaan berita Hoax terjadi di Kota Cilegon. Seorang pria yang berpakaian compang-camping dan tengah berjalan di Kracak, Ciwandan, tiba-tiba dihakimi massa setelah maraknya berita Hoax tentang penculikan anak. Pria nahas itu dihajar hingga meninggal dunia.
Meski kabar Hoax tentang penculikan anak kecil ini sudah dibantah langsung oleh para pihak kepolisian daerah masing-masing, masyarakat tetap saja masih sangat resah dan gelisah dengan kabar yang sudah terlanjur beredar di sosial media dan juga selebaran-selebaran dijalan. Berita hoax ini merupakan hal yang tidak berkualitas dan merugikan orang lain, karena dengan adanya berita hoax ini ada satu orang yang tewas dan tidak bersalah atas berita hoax yang dibuat.
Seharusnya masyarakat yang menerima berita ini tidak langsung menghakimi dengan apa yang dilihat, tetapi ditelusuri terlebih dahulu faktanya agar tidak merugikan orang lain.
Peristiwa hoax ini terjadi bila ada suatu isu yang sedang ramai diperbincangkan dimasyarakat, dalam konteks negatifnya untuk menjatuhkan seseorang. Contohnya ada peristiwa yang menyangkut seseorang, peristiwa itu dijadikan bahan untuk berita hoax yang akan disebar dengan tujuan untuk menjatuhkan seseorang. Tujuan berita seperti ini tidaklah baik untuk disebarkan dan diketahui oleh publik karna akan membuat perpecahan yang sangat besar.
Berita hoax ini mengapa bisa terjadi karena alasan untuk menjatuhkan seseorang dan untuk mencari sensasi konsumen berita. Seperti kasusnya Audrey yang mencari perhatian publik dengan membuat berita hoax bahwa ia telah dianiaya oleh teman-teman sepupunya hanya karna seorang laki-laki, masyarakat di Indonesia telah banyak membaca berita hoax tersebut sehingga banyak yang berempati dengan kasus tersebut sampai ada yang membuat petisi untuk keadilan yang dialami Audrey.
Dari berita hoax yang marak terjadi kita sebagai masyarakat harus cermat dan memfilter berita yang kita terima untuk mencegah adanya perpecahan yang akan terjadi.

Sumber : Portal Jabar
1
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.