Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sutanoloanAvatar border
TS
sutanoloan
Bupati Mandailing Natal, Kekalahan Jokowi Akibat Operasi Senyap
REPORTER: IIL ASKAR MONZA (KONTRIBUTOR) 
EDITOR: TULUS WIJANARKO


Spoiler for SENIN, 22 APRIL 2019 15:58 WIB:

TEMPO.CO, Medan - Pengunduran diri Bupati Mandaling Natal, Dahlan Hasan Nasution, yang dikabarkan karena kekalahan pasangan calon presiden-wakil presiden Joko Widodo alias Jokowi - Ma’ruf Amin di kawasan itu, masih menjadi perbincangan masyarakat. Disinyalir, kekalahan Jokowi akibat adanya gerakan pihak lawan dalam 10 hari menjelang pemungutan suara.
Hal itu disampaikan Juru Bicara Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan, kepada Tempo melalui sambungan telepon, Senin, 22 April 2019. Dia menyebutkan gerakan itu berupa penyebaran isu sistematis oleh tokoh-tokoh nasional dari kubu lawan dan adanya operasi senyap.

Akibat gerakan itu, “Apa yang sudah dibangun berbulan-bulan melalui program, kegiatan dan pendekatan (oleh bupati), ternyata masih rapuh (dalam menahan isu) sehingga (perolehan suara) tidak bisa tercapai target awal,” ungkap Sutrisno.

Bupati Mandailing Natal, Dahlan Hasan Nasution diketahui menulis surat pengunduran diri dari jabatannya, yang disebabkan kekalahan Jokowi-Ma’ruf didaerahnya. Salinan surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo itu beredar di grup-grup percakapan sejak Ahad, 21/04.

Dari pantauan Tempo melalui laman resmi KPU hingga Senin, 22 April 2019 pukul 12.00, hasil hitung cepat KPU menunjukkan perolehan suara Jokowi-Ma'ruf di Mandailing Natal hanya 19,78 persen. Ini berbanding 80,22 persen dengan yang diarup Prabowo-Sandiaga Uno. Data yang telah masuk sebesar 12,74 persen atau 169 dari 1.326 TPS.

Menurut Sutrisno, Bupati Dahlan menyebutkan isu yang menyerang Jokowi, antara lain, bahwa calon petahana itu tidak peduli pada turunnya harga komoditi karet. Untuk menepis itu, sebenarnya dia rtelah gencar menjelaskan berbagai program yang sudah dan akan dilaksanakan Jokowi jika terpilih kembali menjadi Presiden.

Salah satu program itu adalah bahwa pemerintah akan membangun pabrik aspal karet di Mandaling Natal. Diharapkan pembangunan pabrik itu dapat mendekatkan industri kepada petani karet sehingga harga karet terkontrol.

Isu lain adalah bahwa Jokowi didukung oleh partai-partai yang menyokong penista agama. Menurut Sutrisno, tokoh-tokoh politik pendukung Prabowo-Sandiaga yang berdomisili di Jakarta juga aktif mewacanakan kabar tersebut. “Itu efektif (menggerus suara)."

Sutrisno juga menyebut ada operasi senyap dalam masa 10 hari terakhir menjelang pemungutan suara. Dia mengakui TKD gagal mengantisipasinya. TKD tidak menyangka wacana yang dihembuskan semakin kencang menjalang pemilihan. “Sehingga tidak ada langkah antisipastif yang dilakukan.”

Atas kegagalan mendongkrak suara Jokowi-Ma’ruf itu, Sutrisno menganggap yang paling bertanggungjawab adalah TKD Provinsi dan Kabupeten. “Jadi kami menyampaikan kepada Pak Bupati, harusnya bukan beliau yang menanggung beban ini, tapi kami.”

Kekalahan Jokowi dalam Pilpres 2019 di Mandailing Natal ini mengulang kekalahan pada Pilpres 2014 saat dia berpasangan dengan Jusuf Kalla. Saat itu dia kalah telak dan hanya meraup 23,87 persen suara. Sedangkan Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa mencaplok 76,13 persen suara.
sumber

Angkat topi gw dengan bapak bupati ini.
Bak samurai kalah berperang dia bertanggung jawab atas kekalahan diwilayahnya.
Gak kayak junjungan kampret,uda kalah ngotot utk menang sampai deklarasi 3x sujud syukur 2xemoticon-Leh Uga

Btw,wilayah mandailing itu juga basisnya kampret,beberapa waktu lalu gw kesana dan jelas-jelas waktu gw masuk ibu kotanya ada gw lihat spanduk yang bertuliskan
SELAMAT DATANG DIDAERAH PENDUKUNG MILITAN PRABOWO-SANDI
Diubah oleh sutanoloan 22-04-2019 14:42
3
2.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.