Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Tiap Berapa Kilometer sih Bagusnya Servis Mobil?

    Ada berbagai macam persepsi orang – orang dalam melakukan servis mobil. Ada yang berpatokan pada durasi waktu pemakaian ada juga yang berpatokan pada kilometer mobil. Untuk kilometer biasanya juga ada perbedaan satu sama lain. Ada yang bilang tiap 5.000 kilometer dan ada juga yang bilang tiap 10.000 kilometer.


Perbedaan ini biasanya sering bikin orang yang baru beli mobil bingung untuk ngikutin arahan yang mana. Maklum namanya juga baru beli mobil pasti pengen yang terbaik buat tunggangan barunya, termasuk untuk urusan servis berkala.

Sebenarnya perbedaan ini gak ada yang salah Gan, Agan dan Sista mau ngikutin yang berdasarkan durasi pemakaian atau kilometer (5.000 km atau 10.000 km) semuanya benar jika diterapin pada kondisi yang tepat.

Kalau Agan pengguna mobil Toyota, biasanya pabrikan menyarankan untuk melakukan servis berkala tiap 10.000 km atau 6 bulan pemakaian. Nah untuk kondisi ini, umumnya diperuntukkan bagi pengendara yang berkendara dengan kuantitas yang normal dalam artian mobilitasnya pake mobil gak terlalu sering. Kalau intensitas berkendara kalian normal, lebih baik kalian gunakan standar ini. O iyah untuk standar ini kalian gunakan mana yang dulu ya. Misalnya kilometer udah 10.000 tapi durasinya masih kurang dari 6 bulan, maka kalian harus tetap melakukan servis, pun begitu sebaliknya.

Sementara untuk “tiap 5.000 kilometer”, biasanya untuk pengendara yang intensitas berkendaranya cukup tinggi. Misalnya pengendara taksi online. Jika intensitasnya tinggi, maka dianjurkan untuk melakukan servis berkala tiap 5.000 kilometer. Walaupun terkesan agak cepat, tapi sebenarnya servis tiap 5.000 km gak harus melulu ganti oli Gan, karena bisa jadi mobil hanya butuh perawatan ringan yang bisa dilakukan di rumah (dengan catatan kondisi olinya masih oke).

Intinya kalian harus pahami dulu seperti apa intensitas kalian berkendara dan cara kalian berkendara. Soalnya hal ini sedikit banyaknya mempengaruhi kondisi mesin mobil kalian.


 

0
2.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.