fajraadhaAvatar border
TS
fajraadha
Phajaan Tradisi Kejam Penyiksaan Gajah


Gajah memang terkenal dengan hewan yang sangat manusiawi, buktinya saja terlihat ketika masa orde baru dimana ketika itu terdapat operasi pemindahan gajah dari tempat transmigran. Ketika gajah - gajah ini dipindahkan gajah membentuk barisan, saling melindungi satu sama lain hingga membuat barisan gajah besar seolah - olah menjadi jembatan di sungai agar anak - anak gajah dapat menyeberang dengan selamat.



Namun, di thailand yang memiliki julukan gajah putih yang terkenal dengan atraksi gajahnya, terkenal dengan gajah yang penurut terdapat tradisi yang amat menyedihkan. Tradisi menyedihkan ini dinamakan sebagai phajaan. Sebuah tradisi yang digunakan untuk membuat gajah liar nan agresif berubah menjadi penurut dan patuh.



Phajaan menurut bahasa thailand artinya adalah menghancurkan. Kalau ditafsirkan arti phajaan adalah menghancurkan jiwa seekor gajah. Bagaimana tidak menghancurkan coba agan dan sistah bayangkan, untuk memulai phajaan, para pemburu gajah akan menculik seekor anak gajah dan berusaha dipisahkan dari induknya.



Ketika anak dan induk gajah dipisahkan, induk gajah dibiarkan bebas dihutan, sedangkan anaknya disiksa dan dipaksa untuk mematuhi segala perintah dari pawang gajah. Penyiksaan dilakukan dengan berbagai jenis alat penyiksaan, ketika proses penyiksaan berlangsung lama - kelamaan pasti akan menghancurkan jiwa dari seekor gajah. Hingga mau tidak mau gajah tersebut menurut karena tidak mau disiksa.



Gajah terkenal dengan kecerdasan dan memori yang sangat kuat, penyiksaan yang pernah dilakukan pun pasti akan diingat dengan amat jelas oleh seekor gajah, karena itu ketika melihat pawang dan orang yang menyiksanya gajah akan trauma dan pasti akan mematuhi perintah pawang tersebut.



Derita gajah pun tidak cukup sampai disini, ketika kecil disiksa, ketika besar gajah dipaksa untuk menjadi sumber uang karena digunakan untuk wisata, atraksi, sirkus dan bahkan punggung gajah juga diduduki oleh manusia.



Melihat penderitaan gajah yang begitu menyedihkan, sudah banyak negara - negara yang melarang kegiatan penyiksaan gajah. Bahkan di negara india juga sengaja diciptakan sebuah rumah sakit yang khusus untuk gajah.

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

Tulisan : pemikiran TS
Gambar : google
Referensi : ini
13
14.6K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.