carrpiratesAvatar border
TS
carrpirates
Bingung Situs Informasi Real Count Pemilu Hasinya Beda - Beda ?
Halo agan dan sista sekalian, hari pencoblosan udah beberapa hari yang lalu. Sekarang saatnya kita kawal bersama - sama hasil real count pemilu. Nah, banyak nih situs - situs yang memberikan informasi seputar real count pemilu. Salah satunya pasti situs resmi KPU dong. Cakupan data yang berbeda - beda tentu juga menghasilkan hasil sementara yang berbeda - beda. Dari pada bingung yuk simak tips dari ane.



1. Jangan Bingung, Situs Tersebut Cuma Kasih Informasi. Termasuk Situs Resmi KPU!

Spoiler for Mulus:



Menurut timeline, pengumuman hasil pemilu akan ditentukan maksimal tanggal 22 mei 2019. Situs yang ada sekarang menampilkan informasi progress nya. Situs non-official di luar situs resmi KPU bertujuan untuk melakukan kontrol jika suatu hari terjadi perbedaan. Penentuan hasil pemilu sendiri menggunakan metode penghitungan manual di atas kertas. Jika ada yang merasa dicurangi, mereka bisa membandingkan data mentah yang sudah dipegang masing - masing kontestan. Inget ya, masing - masing udah pegang data yang harusnya siap dicrosscheck.

2. Pastikan Situs Tersebut Berani Buka Data Primer (Form C1)

Spoiler for Mulus:



Form C1 adalah data primer yang bisa membuktikan keabsahan hasil penghitungan suara. Dari situlah hasil penghitungan didapatkan dan bisa dipertanggungjawabkan. Kalau ada situs yang gak berani nampilin data primer, maka akan jadi pertanyaan besar. Ane gak berani berspekulasi kenapa mereka memutuskan tidak mengeluarkan data primer tersebut. Tapi selama masih ada situs yang berani mengeluarkan data primer, kenapa harus melihat situs yang gak berani keluarin data primer ?

3. Perhatikan Sebaran Hasil Yang Sudah Terinput

Spoiler for Mulus:



Setiap kontestan punya kantong suaranya masing - masing. Misal di daerah A peserta A1 menang, di daerah B peserta A1 menang dan di daerah C peserta B1 menang. Kemudian juga jumlah populasi pemilih di daerah tersebut. Misal saja populasi daerah A dan B dijumlah tidak lebih besar dari C. Jika data yang diinput masih lebih banyak daerah A dan B, maka perolehan suara pesertaA1 mungkin terlihat memimpin dibandingkan dengan peserta B1. Jika data yang diinput kebanyakan dari daerah C, maka perolehan suara peserta B1 mungkin terlihat memimpin.

4. Kawal Perolehan TPS Sekitar Anda, Kembali Kerja, Tunggu Pengumuman KPU

Spoiler for Mulus:



Pada akhirnya, metode manual dari KPU yang akan menentukan hasil dan mengikat. Kawal pemilu sesuai kemampuan anda, kembalilah bekerja dan tunggu pengumuman resmi hasil dari KPU. Jikalau ada yang merasa dicurangi, silahkan menempuh proses hukum yang sudah tersedia.

***
Yuk jaga perdamaian di Indonesia dan terutama perdamaian isi dompet emoticon-Stick Out Tongue. Bagi waktu sewajarnya dan jangan terlalu larut sampai melupakan kewajiban. Demikian thread dari ane, semoga bisa membantu. Kalau ada salah kata dan ucap tolong dikoreksi dan dimaafkan. Ane dengan senang hati menerima emoticon-Toast dan emoticon-Rate 5 Star. Kalau agan dan sista berkenan, silahkan dishare kepada teman - teman kalian. Ingat, share itu gratis lho emoticon-Stick Out Tongue .


16
11.8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.