otak.100ccAvatar border
TS
otak.100cc
Fahri Hamzah: Kalau Pakai Sistem Amerika, Prabowo - Sandiaga Menang Mutlak


Suara.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menang mutlak jika mengacu pada pemilihan umum di Amerika Serikat. Sebab Prabowo menang di banyak daerah menurut quick count.

Sementara Jokowi - Maruf Amin hanya mendominasi kemenangan di Pulau Jawa. Khususnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Kalau pakai sistem Amerika, @prabowo dan @sandiuno menang mutlak. Sementara di sini kemenangan hanya menimbang pulau Jawa, khususnya jatim dan Jateng," kata Fahri Hamzahdalam akun Twitternya, @Fahrihamzah, Kamis (18/4/2019).

Sistem perhitungan suara Pilpres di Indonesia dan Amerika Serikat berbeda. Seperti dilansir BBC, Pilpres di Amerika Serikat menggunakan sistem yang biasa disebut electoral college. Intinya adalah sekelompok orang yang memilih pemenang. Jumlahnya 538 dan untuk menjadi presiden seorang calon harus mendapatkan setidaknya 270.

Setiap negara bagian punya jumlah elector yang didasarkan pada populasi. Ketika seseorang mencoblos, sebenarnya yang mereka pilih adalah elector ini. Elector ini sudah diketahui posisinya, apakah akan memilih calon presiden A atau B.

Untuk mendapatkan 270, hasil di negara-negara bagian yang berpotensi dimenangkan baik oleh Demokrat atau Republik, biasa disebut swing state, sering kali menjadi penentu hasil pilpres.

Sebelumnya, Lembaga konsultan politik Charta Politika mencatat Calon Presiden dan Wakil Presiden Jokowi - Maruf Amin unggul di 16 provinsi. Sementara Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul di 18 Provinsi.

Hasil hitung cepat Charta Politica menunjukkan pasangan Jokowi - Maruf Amin berhasil meraih 54,35 persen suara. Sedangkan pasangan pesaing, Prabowo - Sandiaga Uno mendapatkan 45,65 persen suara.

https://suara.com/news/2019/04/18/10...-menang-mutlak

maksa bingiit .. emoticon-Traveller
Diubah oleh otak.100cc 19-04-2019 15:11
5
5.5K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.