arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Indonesia Tidak Seburuk yang Diperkirakan, Ini Buktinya!
Selama ini banyak pandangan sinis terhadap negara Indonesia. Lebih miris lagi pandangan sinis tersebut justru berasal dari warga negara Indonesia sendiri. Sering kali kita jumpai orang-orang Indonesia yang mengidentikan Indonesia dengan hal-hal negatif seperti korupsi, kemiskinan, intoleransi dan lain-lain.

Memang Indonesia bukanlah negara yang jauh dari hal-hal negatif yang disebutkan di Indonesia. Namun tidak juga seburuk yang selama ini diperkirakan. Untuk lebih jelasnya, berikut kita ulas satu per satu.

Korupsi


Sumber : Tribunnews.com


Banyak kita jumpai ocehan-ocehan yang mengatakan kalau Indonesia merupakan salah satu negara paling korup di dunia. Padahal kenyataannya sangat jauh untuk dicap demikian. Untuk di Asia Tenggara saja masih banyak negara lain yang lebih korup daripada Indonesia. Cuma Negara Singapura, Brunei dan Malaysia yang tingkat korupsi lebih kecil daripada Indonesia. 

Kemiskinan


Sumber : Bisnis.com


Tentunya tidak mudah mengelola negara dengan jumlah penduduk sebesar Indonesia. Akibatnya jumlah penduduk miskin di Indonesia tetap tinggi walau dari segi persentase tidak terlalu besar. Jumlah penduduk miskin di Indonesia mencapai 25,67 juta jiwa. Namun dari segi persentase jumlah tersebut hanya 9,66 persen dari total penduduk Indonesia. Tingkat kemiskinan di Indonesia saat ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah negara ini. 

Intoleransi


Sumber : Mediaindonesia.com


Kasus intoleransi memang cenderung meningkat di Indonesia. Namun masih jauh untuk menjadikan Indonesia disebut sebagai negara yang intoleransi. Bahkan tingkat toleransi Indonesia masih lebih baik daripada Malaysia berdasarkan survei yang dilakukan Pusat Merdeka dan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Namun masih berada dibawah Thailand. 

Pemerataan pembangunan


Sumber : Tempo.co


Selama ini sering terjadi kecemburuan sosial dari orang-orang luar Pulau Jawa. Pasalnya pembangunan Indonesia selama berpuluh-puluh tahun selalu terpusat di Pulau Jawa. Namun saat ini mulai ada itikad baik dari pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan. Contohnya pembangunan tol dan rel kereta api yang mulai gencar dibangun di luar Pulau Jawa. Bahkan LRT (Light Rail Transit) pertama di Indonesia dibangun di Kota Palembang, kota yang berada di Pulau Sumatera. 


Referensi :
https://www.jawapos.com/nasional/17/...dari-malaysia/
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...adi-966-persen
https://nasional.kompas.com/read/201...a-naik-jadi-38
https://www.merdeka.com/peristiwa/pe...da-rakyat.html

13
8.2K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.