Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK

papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK
Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya adalah JK

Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK

Halo agan-agan yang budiman, kembali lagi bertemu dengan saya papaganteng212, penikmat otomotif Indonesia.

Mungkin thread kali ini sudah pernah ada yang membahas, tapi gak papa, sekedar me-refresh kembali, syukur-syukur bisa meningkatkan rasa nasionalisme kita.. cie cie.. jelang Pemilu ceritanya.

Mobil nasional adalah isu yang seksi diusung saat masa kampanye pilpres. Maklum, nama serang Joko Widodo pernah begitu mencuat berkat kendaraan politik bernama Esemka. Meskipun sampai sekarang tidak diketahui bagaimana kelanjutan nasib Esemka.

Bicara industri otomotif, tidak bisa dipungkiri bahwa negara kita adalah "jajahan" Jepang sejak lama. Coba hitung berapa merek otomotif Jepang yang ada di Indonesia, dibandingkan dengan negara lain.

Pabrikan asal Jepang amat sangat menancapkan kukunya di aspal Indonesia, dan ini dimulai sejak lama. Salah satu raksasanya adalah Toyota. Caranya sederhana, yakni mengenalkan produk mobil yang diklaim punya cita-rasa Indonesia.

Produk yang pertama meledak adalah Kijang. Jangan salah, Kijang, memang merujuk nama hewan rusa, yang bernama lain kijang di negara kita. Tapi, Kijang adalah kependekan dari Kerja Sama Indonesia-Jepang. Pencetus nama ini adalah Jusuf Kalla, yang ketika itu masih menjadi pengusaha dan bermain di sektor otomotif melalui Haji Kalla.

Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK

Berawal pada tahun 1977, lahir kendaraan niaga (mobil bak) bernama Kijang Buaya, dan berakhir di tahun 1981.

Lalu dilanjutkan dengan Kijang Doyok pada tahun 1981 sampai dengan 1986. berkode 4K dengan kapasitas 1.300 cc dengan transmisi manual 4-percepatan.

Lahirlah generasi Kijang Super pada medio 1986 sampai 1996. Ini adalah salah satu produk tersukses Toyota. Digaungkan dengan teknologi full pressed body, yang diklaim lebih ringan karena menekan penggunaan dempul pada bodi.

Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK

Pada generasi ini Toyota mulai mengaplikasi sistem transmisi 5-percepatan dan juga penggunaan rem cakram pada roda depan. Kijang juga mendapat varian mesin baru yaitu unit 7K berkapasitas 1.800 cc.

Kijang Kapsul sebagai generasi keempat yang lahir pada tahun 1997 sampai 2004. Di generasi ini lahir mesin diesel 2.400 cc (tipe 2L). Toyota juga mulai memproduksi Kijang dengan sistem injeksi.

Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK

Generasi bnerikutnya adalah Kijang Innova, yang menjelma menjadi MPV medium bahkan bukan lagi untuk semua lapisan masyarakat, melainkan menyasar segmen menengah ke atas. Innova sudah mempunyai dua generasi yakni 2004 sampai 2015 dan model all new yang lahir pada 2015, sampai sekarang.


Kijang (Kerja Sama Indonesia-Jepang) Pencetusnya Adalah JK
12
12.8K
71
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.