Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

YenieSue0101Avatar border
TS
YenieSue0101
Lansia Aja Nyoblos, Masa yang Muda Golput?
Lansia Aja Nyoblos, Masa yang Muda Golput?


Halo, Agan dan Sista penerus bangsa, udah nyoblos belum, nih? Yang belum, buruan gih, sebelum terlambat. Awas, jangan golput ya! Ane aja belain jauh-jauh pulang ke kampung halaman yang perjalanan 4 jam buat nyoblos, masa kalian yang rumahnya dekat TPS gak nyoblos sih?

Awalnya ane nggak tahu kalau ternyata anak rantau pun bisa nyoblos di daerah domisili dengan bermodal KTP doang, dan dikasih waktu di atas jam 12 siang. Eh, begitu udah sampai ke kampung halaman, baru denger kabar itu dari temen. Aish! Kalau tahu gitu, ane nggak perlu repot jauh-jauh pulang. 😣😣. Eh, tapi gak apa-apalah, kan sekalian ketemu sama keluarga di rumah. Ya nggak? 😉
Contoh tuh, perjuangan ane. 😅😅

Pagi-pagi ane udah mempersiapkan diri buat datang ke TPS. Kebetulan TPS-nya lumayan deket, sih, sekitar 200 meter aja. Lumayan cepet juga, karena masih belum terlalu antri. Ane datang sama tetangga ane yang sekaligus adalah teman kecil ane. Lumayan, kan, nyoblos sambil sekalian reunian. Xixixi ….

Daerah tempat tinggal ane cukup pelosok, gan. Hehe, ketahuan deh kalau ane anak kampung. Asal kalian tahu aja, meski di kampung semangat mereka untuk datang ke TPS patut diacungi jempol, gan. Bahkan para lanjut usia aja pada dateng ikutan nyoblos.

Lansia Aja Nyoblos, Masa yang Muda Golput?


Sumber foto : dokumentasi pribadi

Foto di atas adalah penampakan seorang nenek-nenek yang dibantuin petugas buat masukin kertas suara ke kotak suara. Ada juga beberapa orang tua yang kesulitan melipat kembali kertas suara seusai mencoblos. Jangankan mereka, ane aja agak bingung juga ngelipetnya. 😅😅. Baru kali ini juga kan pemilihan capres dan caleg diadakan bebarengan. Alhasil, proses pemungutan suara pun berjalan lambat.

Memang sih, ini menjadi kendala tersendiri buat mereka. Gimana enggak? Mereka harus dituntun dari mulai pencoblosan, melipat kertas, terus selanjutnya memasukan kertas ke kotak suara masing-masing. Banyaknya kertas dan kotak suara ini yang bikin agak ribet. Meskipun sudah diarahkan, tetep aja mereka kebingungan. Namanya juga orang tua.

Melihat suasana ini, ane jadi merasa miris. Kenapa? Kalian bisa bayangin nggak perjuangan mereka buat datang ke TPS, terus nyoblos, melakukan hal-hal ribet yang bikin mereka kebingungan. Bukti bahwa mereka para orang tua pun tetap peduli pada bangsa ini.

Dengan melihat itu, masa kalian kalah sama mereka? Masa kalian mau golput? Nggak malu? Ayo, tunjukkan kalau kamu pun peduli dengan ikut nyoblos hari ini. Ingat! Satu suara sangat berarti dan nasib bangsa ini ada di tanganmu.
anasabila
anasabila memberi reputasi
12
2.2K
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.