Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Psikiater.BPLNAvatar border
TS
Psikiater.BPLN
Cegah Anak Berperilaku Kasar, Ini Saran Psikolog
Maraknya berita mengenai kekerasan yang dilakukan anak, membuat orangtua bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya terjadi.
Menurut psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., maraknya kasus kerarasan anak, bisa jadi dikarenakan minimnya ide kegiatan positif dari orangtua kepada anak.

"Kenapa anak melakukan kekerasan? Karena anak tidak memiliki ide untuk melakukan hal positif," kata Anna ketika ditemui Suara.com beberapa waktu lalu.
Ia melanjutkan, kegiatan positif paling mudah adalah membaca buku atau mengajak mereka mengobrol. "Banyak kasih (anak) kegiatan. Banyak kasih buku bacaan. Ajak mereka mengobrol, anak jangan dibiarkan asyik sendiri," tambahnya.
Ia pun selalu menekankan pentingnya buku bacaan bagi anak. Terlebih, buku dapat membuka wawasan dan membentuk karakter anak.
Untuk itu Anna juga mengimbau agar orangtua tak hanya memberikan akses buku bacaan kepada anak, tetapi juga memahami buku yang dibaca oleh anak-anak mereka.
"Tapi orangtua juga perlu memastikan isi buku yang pas dengan anak. Tidak ada kalimat yang terlalu vulgar, agresif kasar dan lain sebagainya yang justru memicu anak melakukan hal seperti itu."

Hal penting terakhir, kata Anna, buku juga harus memiliki nilai baik yang dapat membentuk karakter anak menjadi pribadi unggul di masa depan.

https://www.suara.com/health/2019/04...saran-psikolog
1
943
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.