Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Akhirnya Lulus Uji Tipe dan Emisi Euro4, Kapan Mobil Esemka Diproduksi Massal?
Jakarta - Delapan tipe mobil Esemka diklaim sudah menjalani Uji Tipe dan Emisi dan dinyatakan lulus. Sesuai pernyataan Kepala Balai Sertifikasi Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub, Caroline Noorida Aryani, setelah lulus Uji Tipe di Kementerian Perhubungan, mobil Esemka akan mendapat SUT (Sertifikat Uji Tipe).

"Kendala saat uji tipe (mobil Esemka) tidak ada," ujar Caroline, melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (10/4/2019). Ditambahkan Caroline, 8 tipe mobil Esemka diklaim sudah lulus Uji Tipe dan Uji Emisi Standar Euro4.

Menurut Caroline, terdapat 10 bagian yang diuji pada ke-11 mobil Esemka tersebut. Dari mulai kontruksi mobil hingga pengecekan ban diuji oleh Kemenhub.

"Ada 10 item, dimensi, kontruksi, uji radius putar, uji klaskson, rem, lampu, kemudian ada uji emisi, fitur keselamatan, hingga pengecekan ban," tuturnya.

"Prinsipnya, setelah dapat Surat Perintah Uji dari Direktorat Sarana, semua kendaraan diuji sesuai ketentuan. Dan sejak 1 April 2016 sudah dilakukan secara online melalui VTA (Vehicle Type Approval) on line," lanjut Caroline.

Baca juga: 8 Mobil Esemka Lolos Uji Tipe, di Antaranya Garuda dan Digdaya

Caroline mengatakan, apabila mobil Esemka sudah mengantongi SUT, maka mobil tersebut baru bisa diproduksi secara masal. Selama belum diterbitkan, maka belum bisa diproduksi masal.

"Coba di cek SUT-nya di direktorat sarana, karena mereka yang menangani," jelasnya.

Saat ditanya, kapan kemungkinan mobil Esemka bisa diproduksi massal, Caroline mengatakan itu bukan ranahnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pada dasarnya SUT sudah bisa diterbitkan secara bersamaan ketika uji tipe rampung.

"Begitu selesai uji coba, langsung keluar SUT. Karena SUT untuk satu tipe. Jadi tinggal produksi. Perkiraan saya sudah ada," kata Budi.

Sebelumnya Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika pada Oktober 2018 lalu mengatakan Esemka masih perlu diuji lagi dengan aturan emisi yang baru.

Permasalahannya, saat pengujian emisi, Esemka masih menggunakan standar yang lama yakni Euro2. Padahal per Oktober 2018, di Indonesia sudah mulai berlaku standar emisi Euro4.

"Penerbitan TPT untuk 6 tipe kendaraan bermotor PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) tersebut dilakukan di kisaran Juli-Agustus 2017. Dimana saat itu pengujian emisi masih menggunakan standar Euro 2. Dengan diberlakukannya standar Euro 4 per-Oktober 2018, maka kendaraan terkait harus diuji ulang di Kemenhub. Adapun terkait uji emisi adalah merupakan kewenangan dari Kemenhub," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika pada Oktober 2018 lalu.

Sebagai informasi mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia, sejak Oktober 2018 harus memenuhi Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro4.

Sementara model Esemka yang dinyatakan lulus uji adalah BIMA 1.0 (4 × 2) MT, BIMA 1.3 L (4 × 2) MT untuk mobil barang. Dan tipe penumpangnya yaitu GARUDA I 2.0 (4 × 4) MT.

Dan masih ada beberapa model lain yang sudah selesai seperti BIMA 1.3 (4 × 2) M / T, BIMA 1.8D (4 × 2) M / T, NIAGA 1.0 (4 × 2) M / T, DIGDAYA 2.0 (4 × 2) M / T, dan BORNEO 2.7D (4 × 2) M / T.

Adapun, mobil Esemka diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi yang mengambil lokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Selain Garuda, yang termasuk model kendaraan penumpang Esemka ialah Borneo yang merupakan minibus dan Niaga. Lainnya, merupakan model pikap hingga kabin ganda dengan bahan bakar bensin dan solar.

https://m.detik.com/oto/mobil/d-4504...roduksi-massal
Diubah oleh joko.win 15-04-2019 04:01
0
1.2K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.