fancewAvatar border
TS
fancew
Pasar Ikan Modern Muara Baru, Tsukiji Market-nya Indonesia Nih!

Pernah tau Pasar Ikan Tsukiji di Jepang gansist? Pasar ikan ini terkenal banget dengan lelang ikan tuna segede-gede gaban, gede banget deh harganya sampai miliaran rupiah!
Selain terkenal dengan lelang tuna, Pasar Tsukiji juga terkenal dengan beragam varian ikan yang masih segar dan baru ditangkap dari laut. Nggak ketinggalan, banyaknya kedai makanan berbahan dasar ikan laut yang masih segar seperti sushi, ada di sini. Pasar Tsukiji ini terkenal dengan pasar yang modern, bersih, dan kualitasnya terjaga. Meski sekarang tempat lelang tuna dan juga bagian dalam Pasar Tsukiji udah dipindah ke Toyosu Market, tapi kita masih bisa mencoba beberapa makanan dari daging ikan yang masih segar. Tapi ya itu, kita harus ke Jepang dulu.
Nggak mau jauh-jauh? Ke Pasar Ikan Modern Muara Baru aja!

Foto: Kumparan

Pasar ini baru aja diresmikan Presiden Joko Widodo pada 13 Maret 2019, jadi emang masih bau cat baru banget nih. Usut punya usut, ternyata ide pasar ini emang berangkat dari Pasar Ikan Tsukiji di Jepang! Alamatnya ada di Jalan Muara Baru Raya 2, Penjaringan, Kota Jakarta Utara.


Emang ada apa sih Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru ini?

Ada IKAN. *krik krik garing*

Jadi ada banyak varian ikan mulai dari ikan air laut dan juga ikan air tawar di pasar ini. Sebut aja  ikan kuwe, kerang simping, kepiting, udang, cumi, balakutak, kerang bulu, kerang darah, dan bahkan ada moonfish alias opah! Banyak banget pilihannya di sini, layaknya pasar ikan. Pengen makan ikannya langsung dari pasar? Ada food courtdi lantai atas di mana kita bisa minta tolong abang-abangnya untuk mengolah ikan yang kita beli;dibakar, digoreng, kita bisa request.


Foto: Instagram/misshotrodqueen



Foto: Instagram/misshotrodqueen



Foto: Instagram/misshotrodqueen

Bukan hanya foodcourt, dengan mengusung konsep pasar modern yang nyaman, bersih, memenuhi standar sanitasi serta higienis, pasar berlantai tiga ini ditempati oleh 894 kios basah dan 155 kios kering. Dari ratusan kios itu, kita bisa memilih ikan apa yang akan kita beli, pastinya dengan kualitas yang terbaik.

Nggak sembarangan, meski pedagang pasar ikan di sini adalah pindahan dari pasar tradisional, tapi mereka akan diberikan pelatihan untuk memenuhi standar mutu dan kualitas yang terbaik.
Ohya gansist, buat yang mau ke pasarnya, tipsnya adalah pake sepatu boots yang plastik itu ya karena emang namanya juga ikan hidupnya di air ya, jadi emang lantai di pasarnya juga basah jadi daripada kita kepleset kan, lebih baik mencegah dengan cara pakai boots plastik.


Sumber Sumber


Diubah oleh fancew 10-04-2019 08:07
tien212700
tien212700 memberi reputasi
17
11.2K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23.1KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.