thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Warna Danau Ini Udah Kayak Milkshake Strawberry Gan!
Siapa yang udah pernah ke pantai pink?


Danau Retba, Senegal. Foto: huffingtonpost.co.uk

Pantai Pink ini jadi salah satu keajaiban di Pulau Komodo, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Komodo, NTT. Pasirnya yang berwarna pink ini dan air lautnya yang jernih jadi faktor yang membuat pantai ini semakin terkenal di kalangan wisatawan.



Kalau biasanya yang pink itu pasir pantai, di Senegal, Afrika Barat yang pink itu justru air danaunya. Namanya Danau Retba atau Lac Rose yang berlokasi di Semenanjung Cap Vert, sekitar 35 km dari ibu kota Senegal, Dakar yang bisa ditempuh dengan 1 jam perjalanan darat. Warna airnya yang pink ini ternyata berasal dari alga Dunaliella salina yang memproduksi pigmen merah untuk menyerap sinar matahari. Tapi warna pink ngejreng ini bisa Agan temuin di musim panas aja, yakni dari bulan November-Juni karena sinar matahari yang melimpah, kalau musim hujan warnanya nggak terlalu ngejreng.


Danau Retba. Foto: And Earth

Kenapa mikroalga Dunaliella salina betah tinggal di Danau Retba?


Alga Dunaliella salina. Foto: Giving Mirth
Quote:


Foto: Nas Daily

Kalau selama ini ane taunya danau paling asin itu Laut Mati, ternyata Danau Retba di Senegal ini lebih asin! Dengan kandungan garam yang mencapai 40%di beberapa areanya, tentunya lebih tinggi daripada Laut Mati. Saking tingginya kadar garam di danau ini, alga Dunaliella salina pun betah tinggal di sini. Ohya, sama kayak Laut Mati juga, di danau ini kita bisa mengapung loh.



Selain bisa mengapung, penduduk sekitar juga memanfaatkan danau ini untuk menambang garam karena kadar garamnya yang tinggi. Sebenarnya kita bisa berenang di danau ini tapi nggak boleh terlalu lama karena bisa berbahaya untuk jaringan kulit kita. Sedangkan para penambang garam ini menggunakan shea butter yang berasal dari kacang Shea untuk melindungi kulit mereka.


Foto: Nas Daily

Kalau di Laut Mati nggak ada kehidupan, di Danau Retba ini justru masih ada ikan-ikan yang hidup yakni ikan tilapia kecil yang udah berevolusi jadi berukuran kerdil, yakni 4 kali lebih kecil dari ikan normal.


Foto: Nas Daily

Mungkin banyak dari kita yang belum ngeh akan keindahan di Benua Afrika ya Gan, salah satunya di negara Senegal ini. Ohya, di sekeliling Danau Retba ini ternyata juga ada hutan, laut, padang pasir loh. Indah banget kan? Semoga suatu saat Agan bisa datang ke sana ya!

Ref: 1 - 2 - 3
0
2.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.