Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kebiasaan yang Ane Terapin Biar Mesin Motor Matic Nggak Gampang Rewel!

abbecedeAvatar border
TS
abbecede
Kebiasaan yang Ane Terapin Biar Mesin Motor Matic Nggak Gampang Rewel!

Emang sih, motor aing kumaha aing. Tapi percaya nggak sih Gan, kalo motor itu bisa nunjukkin kepribadian si pemiliknya?


Naik motor matic emang asik. Apalagi di jalanan ibu kota yang kemacetannya semakin pelik. Kita nggak perlu repot-repot ganti gigi ataupun kopling. Tinggal ngegas ngerem ngegas ngerem nyampe deh tempat tujuan. Tetapi dibalik keasikannya itu, punya motor matic nggak lepas dari masalah yang menggelitik.

Dari pertama punya motor matic di tahun 2007, ane udah 5x gonta ganti motor. Dan kesemuanya matic dari 3 pabrikan motor besar di Indonesia. Masalahnya ada aja, mulai dari cvt sampe sistem injeksi. Tapi ya begitulah resikonya punya motor. Dinikmati aja. Dari situlah ane belajar supaya kesalahan-kesalahan terdahulu nggak terulang lagi. Ane dapet masukan dari temen dan montir profesional.

Nah ini beberapa kebiasaan yang udah ane lakuin supaya mesin motor matic ane tetep awet dan nggak gampang rusak. Cekidot!

Panasin Tiap Pagi


Ane dulu pernah denger kalo motor jaman sekarang nggak perlu dipanasin tiap pagi karena udah canggih-canggih. Makanya ane suka ogah-ogahan tiap si ibu nyuruh manasin motor sebelum mau berangkat kerja. Tapi ternyata, pikiran ane itu dibantah oleh beberapa temen ane yang anak motor.

Selain dipanasin beberapa menit, ada rahasia lain nih Gan yang baru ane tau dari temen ane itu. Rahasianya adalah kita juga kudu nyalain tuh motor matic dengan starter kaki. Ini supaya oli bisa naik dengan baik setelah semaleman motor nggak dipake.

Nge-gas dengan stabil


Nge-gas di sini bukan marah-marah ya Gan. Literally nge-gas alias penggunaan gas. Jeleknya kita, kadang suka seenaknya naik turunin gas mentang-mentang motor kita matic. Padahal ini sangat berpengaruh ke awet atau nggak mesin, fanbelt dan juga irit atau nggaknya bahan bakar.

Jangan Sampe Dehidrasi


Ini pengalaman di motor matic ane sebelumnya. Dulu, karena merasa kalo motor matic ane ini irit, ane suka menganggap enteng isi bensin. Ane bakal isi bensin kalo udah bener-bener tiris. Alhasil motor ane kena injeksinya. Ane sampe harus bolak-balik bengkel buat service tuh motor. Emang sih nggak seberapa, tapi capeknya itu loh Gan dan makan waktu.

Hal yang ane inget dari nasehat si montir waktu itu adalah “Mas, ini kan motor masnya injeksi. Jangan sampe bensinnya kosong banget ya Mas!” Semenjak saat itu, tiap berangkat kerja liat indikator bensin sisa 2-3 bar, ane sempet-sempetin ke Shell deket rumah buat isi bensin.

Kasih asupan “minuman” yang baik


Kualitas bensin juga berpengaruh buat performa mesin motor matic kita, Gan. Kalo ane biasanya “minumin” motor matic ane pake Shell V-Power. Soalnya Shell V-Power punya teknologi dynaflex dengan 3x molekul pembersih yang bisa bersihin endapan sampe 80%. Karena kalo kinerja bahan bakarnya maksimal, performa motor matic kita jadi semakin optimal.

Yang ane rasain sih pas pake Shell V-Power, tarikan motor matic ane semakin enteng dan mesin motor ane nggak cepet rewel minta di service. Jadi waktu ane lebih efisien buat hal-hal lain. Jadi, menurut ane, kita perlu juga make bensin yang tepat buat motor matic kita. 

Itu dia sih Gan kebiasaan yang ane lakukan biar motor matic ane terawat dengan baik dan nggak gampang ngambek. Susah-susah gampang sih sebenernya, asalkan kita konsisten ngelakuinnya pasti bisa kok Gan. Awal-awalnya emang agak berat, tapi setelah dijalanin beberapa minggu, akhirnya terasa ringan. Dan cara ini sangat efisien buat kita-kita pengguna motor matic.

Terima kasih buat Agan dan Sista yang udah baca thread ini. Kalo Agan punya kebiasaan lain yang biasa Agan lakuin buat motor matic Agan, silahkan share di komentar ya Gan! Berbagi itu asik!


1
2K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.