powerpunk
TS
powerpunk
Kenapa Sih Camilan Nonton Itu Popcorn? Ini Alasannya Menurut Ane


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Minggu malam, saya bersama kawan - kawan Kaskuser Regional Surabaya dan sekitarnya berkesempatan menyaksikan film MantanManten, sebuah film yang bercerita tentang keikhlasan seorang wanita yang merelakan mantannya menjadi pasangan orang lain. Meski ceritanya sederhana, tapi film ini sarat akan makna dan banyak pesan yang bisa kita ambil.

Nah, pada saat acara nobar yang diadakan sama Kaskus tersebut, selain mendapat tiket nonton gratis, kami juga mendapatkan pasangan nonton. Eits, jangan dipikir yang cowok bakal dapat pasangan cewek atau sebaliknya ya. Pasangan yang dimaksud disini adalah pasangan yang selalu ada saat nonton, baik itu saat kita nonton sendirian, maupun saat kita nonton bareng sama pasangan. Tidak lain dan tidak bukan yaitu camilan jagung berondong alias popcorn. Iya, camilan yang satu ini bak pasangan yang selalu menemani kita saat nonton di bioskop. Atau dengan kata lain, nonton tanpa popcornitu ibarat sayur tanpa garam, hambar.


Pertanyaannya sekarang adalah, kenapa sih musti popcorn dan bukan camilan yang lain? Menurut sebuah artikel yang ane baca, awalnya popcorn adalah makanan yang lekat dengan hiburan rakyat kelas bawah. Karenanya makanan ini dilarang untuk dibawa ke bioskop atau teater yang notabene lekat dengan kesan hiburan untuk kelas atas. Namun, karena banyak orang yang "menyelundupkan" camilan ini ke bioskop, maka pengelola bioskop pun akhirnya mengijinkan lobby-nya untuk digunakan sebagai tempat jualan popcorn. Lama kelamaan, tidak hanya menjual, bahkan mereka membuat sendiri popcorn untuk meningkatkan pemasukan. Sejak saat itu, popcorn akhirnya menjadi camilan "wajib" dan saat nonton di bioskop.

Nah, sekarang kita sudah tahu kan sejarah bagaimana popcorn akhirnya menjadi camilan khas saat nonton di bioskop. Meski, jujur ane sendiri masih kurang puas dengan penjelasan tersebut. Karena kalau alasannya hanya karena sudah menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi makanan wajib, kenapa diera modern seperti sekarang ini, camilan yang satu ini tetap tak tergantikan. Kalau menurut ane sih, ada beberapa penyebab yang melatarbelakangi kenapa berondong jagung tetap jadi pasangan nonton di bioskop.



Pertama.


Meski renyah, tapi popcorn tidak menimbulkan suara yang berisik. Bayangkan saja kalau camilan nonton diganti sama tempe keripik. Meski sama - sama renyah tapi tempe keripik akan menimbulkan suara - suara yang tidak nyaman di telinga. Malahan bisa - bisa suara dolby- nya bioskop kalah sama riuh rendah kunyahan tempe keripik.



Kedua.


Selain tidak berisik, popcorn juga tidak menimbulkan bau yang menyengat. Karena ruangan bioskop yang tertutup rapat sehingga akan sensitif terhadap bau - bau yang menyengat. Coba bayangkan saja, kalau camilan dibioskop diganti sama risoles. Bisa - bisa satu ruangan bau pesing semua.



Ketiga.


Satu hal lagi yang mendasari kenapa popcorn jadi makanan yang biasa ada di bioskop adalah karena makanan ini tidak membuat kotor, kalaupun tumpah tapi tetap mudah dibersihkan. Seperti yang kita ketahui, jeda waktu penayangan antara satu film dengan film berikutnya biasanya cukup pendek, sehingga tidak banyak waktu bagi petugas kebersihan untuk membersihkan ruang jika makanan yang dibawa bisa mengotori ruang bisokop.

Itulah beberapa alasan kenapa popcorn hingga saat ini masih menjadi pasangan saat menonton film di bioskop. Meski banyak pula camilan lain yang saat ini juga dijual, seperti kentang goreng, roti, dan sebagainya. Tapi tetap saja camilan tersebut belum bisa menggantikan dominasi popcorn sebagai makanan wajib saat menonton film di bioskop.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Dok. Pribadi






Diubah oleh powerpunk 12-04-2019 00:44
9
8.3K
146
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.