Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikardusAvatar border
TS
ikardus
Surat Suara Tercoblos di Selangor, NasDem: Ingin Sudutkan Partai & Caleg Muda Kami
Jakarta - Partai NasDem mencurigai adanya niat buruk dari kejadian tercoblosnya surat suara caleg partai yang diketuai Surya Paloh itu di Selangor, Malaysia. NasDem meminta Bawaslu menyelidiki pelakunya.

"Kami sangat kaget mendengar berita tersebut dan mencurigai niat buruk dari pelaku kejahatan pemilu dimaksud. Kami minta kepada Bawaslu RI agar segera mengambil langkah untuk menyelidiki dan menemukan siapa yang menjadi pelaku tindakan kriminal pemilu tersebut dan menghukum seberat-beratnya," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

Baca juga: Heboh di Malaysia, NasDem Ingat Hoax '7 Kontainer Surat Suara Tercoblos'

Johnny yakin ada pihak luar yang sengaja berusaha menyudutkan partainya dan caleg-caleg mereka. Selain itu, pihak luar tersebut juga disebut ingin menyudutkan paslon yang diusung NasDem, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kami meyakini ada pihak dari luar atau pihak bukan kami yang dengan sengaja melakukan usaha pelanggaran tersebut untuk menyudutkan paslon 01, Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin dan sekaligus menyudutkan kader muda potensial NasDem yang saat ini menjadi caleg DPR RI Dapil DKI II," ungkapnya.

Untuk diketahui, coblosan di TPS yang ada di kota-kota di Malaysia baru akan dilakukan pada Minggu (14/4). Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara, yang telah langsung mengecek ke lokasi, mengkonfirmasi bahwa memang ada surat suara tercoblos.

Baca juga: TKN Curiga Surat Tercoblos: Mereka Gerebek-Videoin-Viralkan Sendiri

Menurut Yaza, surat suara itu telah tercoblos untuk pasangan calon 01. Tak hanya itu, surat suara juga sudah dicoblos di kertas legislatif, yakni untuk partai NasDem.

Terkait hal itu, Johnny mengatakan peristiwa tersebut adalah fitnah kepada partainya. Dia menuding ada skenario untuk merusak citra partainya dengan mengarahkan surat suara itu tercoblos pada Partai NasDem, yang salah satu calegnya adalah putra Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana, Davin Kirana.

"Kami sudah pastikan kami tidak lakukan hal tersebut. Kami merasa ini adalah skenario. Dari mana kami tahu ada skenario? Karena sebelumnya sudah dibikin prakondisi, menyatakan akan ada kecurangan di Malaysia, dan kemudian di Malaysia itu adalah duta besarnya adalah Rusdi Kirana, dan anaknya adalah caleg NasDem, maka segera diarahkan pendapat publik, pendapat masyarakat seakan-akan itu dilakukan NasDem," jelasnya.

Dia meminta Bawaslu segera mengungkap pelaku kejadian ini. Dia pun meminta Bawaslu tak memberi komentar yang menyudutkan salah satu pihak.

"Karena itu, kami minta Bawaslu menangkap orang ini, dan kemudian memproses orang ini. Sebelum hal itu ditangani dan didapatkan fakta yang benar, jangan bikin pernyataan-pernyataan Bawaslu itu yang menyudutkan salah satu pihak," ujarnya.

Partai NasDem dalam pemilu legislatif kali ini mempunyai 7 caleg dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II, yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri. Caleg-caleg tersebut adalah Okky Asokawati, Davin Kirana, Achmad, Shanti Ramchand, Yulisa Baramuli, Tengku Adnan, dan Millie Lukito.

https://m.detik.com/news/berita/4506...aleg-muda-kami
0
1.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.