Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sinophobiaAvatar border
TS
sinophobia
Heboh Surat Suara Tercoblos Di Malaysia Banwaslu Singgung Peranan Anak Dubes
Jakarta - Anggota Bawaslu, Rahmat Bagja, berbicara soal laporan-laporan yang diterima Bawaslu terkait Pemilu serentak 2019 di Malaysia sebelum munculnya temuan surat suara tercoblos. Salah satu laporannya terkait anak Dubes RI di Malaysia yang maju sebagai caleg dari dapil luar negeri.

"Ada laporan lagi kita bahas karena temuan Panwas bahwa anaknya Pak Dubes ini ikut dalam satu acara, di Duta Besar nah itu lagi kita cek semua, tiba-tiba ada kejadian seperti ini," kata Rahmat Bagja saat dihubungi, Kamis (11/4/2019). 

Rahmat Bagja tak memaparkan rinci soal laporan terkait dengan anak Rusdi Kirana. Tapi Bawaslu ditegaskan Rahmat juga menyurati KPU terkait Wakil Dubes Malaysia yang menjadi anggota panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Kuala Lumpur.


Baca juga: Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Bawaslu Soroti PPLN




"Nah itu salah satunya wakil duta besar, kami sudah mengirimkan surat kepada KPU RI untuk mengganti yang bersangkutan. Agar tidak terjadi konflik kepentingan karena Pak Duta Besar punya anak yang sedang running (pencalegan). Kami dengar ada temuan sedang dibahas memang ditindaklanjuti," sambungnya. 

Terkait surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia, NasDem mencurigai adanya niat buruk dari kejadian itu. NasDem meminta Bawaslu menyelidiki pelakunya. 

"Kami meyakini ada pihak dari luar atau pihak bukan kami yang dengan sengjaja melakukan usaha pelanggaran tersebut untuk menyudutkan paslon 01, Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin dan sekaligus menyudutkan kader muda potensial Nasdem yang saat ini menjadi caleg DPR dapil DKI 2," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate dihubungi terpisah.


Baca juga: Surat Suara Tercoblos di Selangor, NasDem: Ada Ingin Sudutkan Caleg Muda Kami



Temuan surat suara tercoblos sebelumnya dibenarkan Ketua Panwaslu Kuala Lumpur, Yazza Azzahra. Yazza mengatakan sudah melaporkan temuan surat suara tercoblos di Selangor ke Bawaslu pusat. 

Surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam yang diletakkan di ruko di Bangi, Selangor. Dari pengecekan awal, ditemukan juga ada surat suara Pileg yang sudah tercoblos.

"Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01 dan juga ada di Pileg untuk NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu," kata Yazza dihubungi terpisah.

Terkait temuan surat suara tercoblos, Bawaslu dan KPU sama-sama melakukan pengecekan dan pengumpulan data untuk menentukan tindaklanjut.

https://news.detik.com/berita/d-4506...ung-anak-dubes

0
2K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.