alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5774ba7698e31b68788b4567/sidang-kasus-over-kredit-mobil-fidusia
Lapor Hansip
30-06-2016 13:21
sidang kasus over kredit mobil (fidusia)
Mohon bantuannya dan masukan nya bagi agan2 kaskuser yang ngerti tentang hukum, terutama hukum fidusia.

Ini masalah sepupi ane gan, dia curhat k ane tapi ane juga bingung jawab nya, mau tanya ke pengacara mahal bookk.. .
Hahah

Gini, sepupu ane kredit mobil di leasing ac* , tapi baru jalan 4 bulan mobil ini di over kreditkan ke orang lain, anggap namanya rama. Over kredit ini memang tanpa sepengetahuan pihak leasing. Ternyata si rama dia adalah mafia leasing mobil sepupu ane dia jual lagi ke orang lain. Dan sampai sekarang mobil itu belum ditemukan.
Pihak leasing nuntut sepupu ane lewat jalur hukum dengan azas fidusia. Semua berkas udah lengkap,status nya udah tersangka. Mungkin setelah lebaran ini sidang nya. Menurut penyidik itU tuntutan nya maksimal 2 tahun penjara.
Tapi, sepupu ane mau membayar cicilan mobil itu sampai lunas, namun pihak ac* tetap mau mobil ini di bayar secara pelunasan total nya sekitar 180 jutaan. Itu bukan jumlah yang kecil bagi sepupu ane. Dan dia tidak siap. Dia hanya bisa mencicil nya saja sampai hutang nya d acc lunas.
Pertanyaan nya adalah bagaimana cara sepupu ane ini bebas dari tuntutan penjara? ?
Bukannya fidusia itu adalah hukum hutang piutang yang termasuk perdata.

Mohon ppencerahan nya suhu suhu dimari. Mohon maaf atas penulisan yang tidak begitu bagus. Terima kasih
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 9
Lapor Hansip
12-02-2019 23:28
Balasan post raihanumi
Bisa minta cp'nya gan?
0
18-02-2019 11:25
Mau tanya min jadi kasusnya ini berakhir cmana?soalnya saya mempunyai kasus yg sama .mohon dibales🙏
0
Lihat 1 balasan
22-02-2019 21:30
Mohon info kelanjutannya ga yg ngalami kasus begini. Soalnya saat ini, ane lg ngalamin kasus begini, dan sudah di somasi 1 oleh leasing.
Mohon petunjuk atau arahan dari agan2 kiranya langkah apa yg harus ane lakuin
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
28-02-2019 03:58
Balasan post gradag182
Yaaaaa
Diubah oleh N13607
0
27-03-2019 00:48
saya juga tengah menghadapi masalah yang sama gan,.. cerita nya gini
ane bantuin adik ane yang pengen usaha gra* ane atas namain mobil yang di kredit dari oleh pihak leasing adir*, setelah berjalan 4 bulan adik ane nyerah dan take over di bawah tangan (sebut saja basor), awal adik ane bilang nya aman. jadi ane percaya aja dengan 1 syarat ane mau ketemuan nanti di kantor pihak leasing tapi kaga pernah terwujud karena basor susah untuk di hubungi.. berjalan tunggakan 3 bulan ane cari tau itu mobil dan ternyta basor ini take over lagi ke orang yang udah beda kota (sebut aja yudir). dan yudir take over lagi mobil itu di tangan orang eksternal nya adir* (sebut aja dedu) gitu ngaku nya via telpon.. dan mobil ini di kasi keluarga nya (sebut aja nama nya ( kaisal) yang pemakai unit.. ane laporin ke adir* minta tarik aja itu mobil dari pada bermasalah, ane juga udah ke BI checkin tp kendala nya adira gak sanggup narik itu mobil alasan nya si basor ini termasuk kolektor berpengaruh di kota nya.. ane udah upaya tempuh jalan damai sama si dedu dan gak ada hasil.. via telpon ane libatkan staf administrasi untuk berkomunikasi sama si dedu ini dan hasil nya nihil.. dan ane nyusun rencana.. disini gan rumit nya ini urusan
ane tunjukan ke pihak adir* kalo ane koorperatif, ane suruh adik ane lacak tuh mobil di kota nya si dedu, dan adik ane ketemuan sama si dedu dan kaisal dan hasil nya mobil itu bener di kuasai oleh si dedu dan kaisal. ane laporin ke adir* suruh orang nya datengin si dedu dan kaisal ini tp gak mempan gan, sebab debt kolektor ini kenalan semua.
ane inisiatif langsung ke lokasi narik itu mobil tapi ane minta di dampingi oleh eksternal dari adir* dari kota ane, nah mulai lah kami melakukan perjalanan ke kota dedu yg jarak tempuh nya 4 jam dari kota ane.. ane buat sandiwara agar si dedu dan kaisal ini keluarin itu mobil yg udah di sembunyikan mereka terpancing, ane tabrakin sm adir* dari pihak ane dan ternyata ada perlawanan argumen (si dedu cs minta uang 20 juta klo mau mobil itu di ambil, ane kaga mau dan memang kaga ada dan masih sulit unit itu di tarik dan akhir nya ane minta bantuan polres setempat yang kebetulan kenalan teman adik ane banyak disitu, sesampai di polres, pihak adir* yg bersama ane tunjukin surat sertifikat fidusia nya dan anggota polres yang narik mobil nya gan. dan ane disuruh pulang oleh pihak polres.. dan skrng adik ane terancam pidana karna take over di bawah tangan. dan nama ane tetap BI checkin, jadi pengalaman gan, klo bisa hindari nama nya leasing, konsumen leasing kaga ada enak nya, telat bayar di denda, di balikin kena pinalti. di lunasin bayar bunga. klo pengen kendaraan mending duit nya di tabung atau ke bank syariah yang akad nya syariat. itu gan pengalaman ane, semoga bermanfaat, dan doain agar urusan nya cepat kelar.
0
Lapor Hansip
29-03-2019 20:25
Balasan post Gembos13
Minta kontak nya om?
0
04-04-2019 23:08
Quote:Original Posted By gradag182
Ketipu lsm

Gw baru aja seminggu kena nih kasus,gw over kredit dengan perjanjian hitam di atas putih.
Dari awal udah ada perjanjian bakal diurus resmi,mobil gw kasih ke dia karena gw percaya sangat,ternyata sampe sekarang ga ada progres,rumahnya jauh di bogor pula...
Setiap di telp bilangnya lagi proses,gw tanya2 temen gw malah dibegoin,mudah2an tuh orang bener jujur karena baru seminggu..mw bilang leasing kata temen gw malah ntar gw kena pidana,karena gw ga ngerti hukum gw sama bini gw jadi ketakutan gimana nanti kalo tuh orang ternyata mafia..please help me


Namanya siapa gan?rivan/irfan kusnadi bukan ? Kalo agan take over ke ini org..kelar sudah
0
05-04-2019 11:43
k
kalo ane tak lunasin, ambil bpkbnya setelah itu yang mbawa lari dipidanakan
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
05-04-2019 17:04
Balasan post Ahmad7023
kalo mampu lunasin dan ambil bpkb mah kagak bakal diover kredit bawa tangan

emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila
0
10-04-2019 14:24
misi gan, nyokap ane ada mslh soal over kredit kek gini juga cuma ke ormas

mungkin ada yang bisa kasih advice tolong hubungi nomor saya WA di : 087741522877

thanks
0
11-04-2019 16:33
Kasusnya sama kaya ane gan baru ketahuan sekarang yang ternyata dia adalah ormas dari cipete tangerang, leasing yang lagi ane hadapin ini Mega Finance dan itu leasing memang dari awal ribet banget. Sekarang ini diminta untuk ambil unit dan ane mohon info gimana cara tanganin itu ormas sama leasing Mega finance ini bagi yang udah tau masalah take over mobil. Mohon bantuannya agan sista semua🙏🙏🙏
0
Lihat 3 balasan
22-04-2019 04:31
kalo boleh tau kelanjutannya gimana ya gan? saya juga lagi ngalamin nih.
dan kasus ini akan di tutup jika leasing bertindak bagaimana?
0
Lapor Hansip
22-04-2019 04:32
Balasan post Uwipuspita
gimana gan kelanjutan masalahnya?
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Lapor Hansip
24-04-2019 13:03
Balasan post nandafeb
Terakhir dapet surat kepolisian jadi tersangka dan tetep disruh bayar sama pihak leasing tapi dari saya minta pertanggungjawaban ormas yang saya take over dan setiap ada kejadian dari pihak leasing saya langsung lapor pihak ormas itu. Sekarang masih gantung gitu statusnya gan...
0
Lapor Hansip
26-04-2019 09:46
Balasan post Uwipuspita
masih gantung berarti belum ada keputusan dari leasing nya ya?
0
04-06-2019 00:08
Rencana mau kembaliin atau nyari yg mau take over secara legal.
Mau nanya gan, sy jg udah ga kuat mau bayar angsuran. Skrg rencana mau balikin atau nyari yg mau take over secara legal. Klo balikin itu ada biayanya ga? Gimana prosesnya?
Kalo oper kredit biayanya brapa ya biasanya? Leasing ane dari andalan finance
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
09-06-2019 22:12
Balasan post arjuna150376
Gmn kelanjutannya gan?
0
Lapor Hansip
13-06-2019 02:46
Balasan post 3016axel
Quote:Original Posted By 3016axel
Selamat sore gan, saya bantu jawab ya (saya pengacara lulusan UI - supaya jawaban saya bisa dipertanggungjawabkan)

Leasing menurut kep. Menkeu no. 1169/KMK.01/1999 tentang Kegiatan Sewa Guna Usaha (Leasing) adalah: “kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (Finance Lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh Lessee selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.”


Akad leasing ini adalah akad sewa yang berarti Agan sebagai debitur hanya berhak menggunakan manfaat dari barang tersebut hingga seluruh kredit Anda lunasi (kenikmatan sepenuhnya adalah termasuk kepemilikan Surat-surat Kendaraan Bermotor /BPKB). Sehingga selama Anda belum melunasinya, barang tersebut (mobil / kendaraan leasing lainnya) adalah milik pihak leasing (AC*) yang tidak boleh Anda pindah tangankan walaupun banyak dipraktikkan oleh masyarakat luas dan jika dipindah tangankan tanpa sepengetahuan dan seizin pihak leasing, maka Anda bisa dituntut karena telah menggelapkan barang milik pihak leasing jika pihak leasing mengadukannya ke pihak kepolisian dengan dugaan telah melakukan Penggelapan. Pertanyaan berikutnya, apakah harus termuat dulu di dalam perjanjian leasing tersebut? atau perjanjian turunannya yg satu kesatuan dan tak terpisahkan?

Tidak harus ada ancaman tuntutan tersebut di dalam perjanjian/kontrak, sehingga tidak ada hubungan antara tuntutan dalam kontrak dengan dugaan penggelapan dalam laporan ke polisi oleh pihak leasing, karena penggelapan adalah delik aduan jadi pihak leasing dapat mengadukan permasalahan over kredit jika ada pihak dalam perjanjian yang melakukan tindakan perbuatan melawan hukum.

Dalam hal rumor mengenai laporan ke polisi oleh pihak leasing hanya untuk klaim asuransi, itu adalah perkara lain, namun dapat dibenarkan di lain sisi, sebagai syarat klaim asuransi. Namun, bagaimana dengan melepaskan tuntutan tersebut sedangkan pihak leasing tidak memberikan jaminan apapun kepada debitur untuk mencabut tuntutan ke polisi tersebut?

Pihak kepolisian akan meneruskan laporan polisi tersebut agar mobil tersebut ditemukan, dengan syarat:
a. Jika debitur setuju membayar cash/lunas atas tanggungan ganti rugi diminta pihak leasing, berarti hak milik kendaraan ada di debitur.
b. Jika debitur tidak bersedia atau ada gagal bayar tuntutan tsb, maka hak milik kendaraan dapat ditahan atau menjadi hak milik leasing (AC*) tsb.

Fidusia gugatan perdata, tp kenapa laporan pidana? itu hanya strategi leasing, seperti yang saya jabarkan di atas agar (bisa saja) klaim diberikan atau memang rekan agan rama itu ada penggelapan, NAMUN tidak menutup kemungkinan akan ada gugatan perdata untuk wanprestasi dan perbuatan melawan hukum atas over kredit tanpa seizin leasing (pahami konsep leasing / sewa di atas). Perlu diperhatikan, Gugatan Perdata dan Tuntutan Pidana dapat berjalan bersamaan dan 2 hal yang berbeda. Jadi, tidak ada masalah jika pihak AC* mau menempuh jalan keduanya.

emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow emoticon-Wow


0
24-06-2019 12:37
Gan ane ngalamin kasus yg sama nih, boleh minta kontaknya ga untuk kelanjutan nya gimana kasus agan
profile-picture
Hrykeck86 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.