bananacookieAvatar border
TS
bananacookie
Keren Gan, Sedotan Alami dari Rumput Liat Ini Bisa Gantikan Plastik Sekali Pakai!

Sampah plastik kian lama kian menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Saat ini pun hal tersebut semakin menjadi sorotan bagi masyarakat. Sehingga saat ini nggak sedikit yang mulai sadar akan bahayanya penggunaan bahan-bahan berbahan plastik untuk lingkungan, misalnya saja sedotan plastik.



Jika dilihat mungkin ukuran sedotan plastik emang ukurannya nggak seberapa ya Gan Sis. Tapi ternyata sedotan plastik merupakan salah satu penyumbang sampah terbanyak di seluruh dunia lho. Sebagai alternatif pengganti sedotan plastik, saat ini pun sedikit demi sedikit masyarakat mulai terbiasa menggunakan sedotan yang terbuat dari batang logam. Penggunaannya juga cukup praktis dan tidak memakan sampah Gan karena sedotan ini bisa dicuci ulang untuk bisa dipergunakan kembali.


Nah, selain sedotan yang terbuat dari logam, baru-baru ini ada inovasi lagi lho Gan Sis! Tenang aja sih karena penemuan terbaru yang dilakukan oleh pria asal Vietnam ini sangat ramah lingkungan. Tran Ming menciptakan sedotan yang terbuat dari rumput liar. Wow!

Dilansir dari laman mothership.sg, sedotan yang diproduksi oleh Tran Ming ini nggak terbuat dari sembarang rumput liar. Rumput yang digunakan sebagai bahan baku utama sedotan ini adalah jenis Lepironia articulata (purun danau) yang ia temukan di ladang Delta Mekong, Vietnam. Jenis rumput panjang dengan batang berlubang ini sangat mudah ditemukan karena merupakan tumbuhan liar di lahan basah Vietnam.


Cara membuatnya pun cukup mudah. Rumput yang memiliki batang berongga tersebut dikumpulkan terlebih dahulu, selanjutnya dicuci, dibersihkan dan dipotong dengan ukuran 20 cm. Tak lupa pada bagian yang berongga kemudian dibersihkan dengan menggunakan batang logam. Setelah proses ini selesai, sedotan rumput kemudian dicuci lagi dengan hati-hati untuk kedua kalinya. Kemudian sedotan ini siap dikemas dalam bentuk bundel menggunakan daun pisang.

Meskipun dengan bahan alami, sedotan ini bisa memiliki waktu daya tahan yang cukup lama lho. Sedotan yang masih segar dipotong ini jika belum dipakai bisa disimpan dalam lemari es sampai dua minggu dan satu minggu pada suhu ruangan. Selain sedotan segar, pria asal Vietnam ini juga menciptakan sedotan kering. Proses pembuatannya pun hampir sama, namun sedotan yang masih segar kemudian dijemur hingga kering lalu dipanaskan dalam oven.


Sedotan rumput yang kering ini umurnya bisa tahan lebih lama Gan Sis karena sudah tidak menyimpan kandungan air dan benar-benar kering. Kalian bisa menyimpannya dalam lemari es hingga enam bulan lamanya. Kedua jenis sedotan ini merupakan sekali pakai pada restoran F&B. Meski begitu, penemunya mendorong orang-orang untuk menggunakannya secara pribadi di rumah agar tetap bisa dipakai secara berulang.

Sedotan yang terbuat dari rumput ini 100% alami lho Gan Sis dan nggak ada campuran bahan kimia atau pengawet dalam proses pembuatannya. Selain itu, kabarnya sedotan ini pun memiliki aroma yang juga sangat alami, ringan, dan memiliki sensasi yang menyenangkan saat dipergunakan untuk minum. Selain itu, sedotan ini pun bisa terurai secara alami meskipun hanya sekali pakai. 

Wah mantul banget Gan Sis!

emoticon-Wowemoticon-2 Jempol





23
11.6K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.